Menghindari Cedera Pergelangan Kaki Saat Senam dan Olahraga

Menghindari Cedera Pergelangan Kaki Saat Senam dan Olahraga

cedera saat senam dan olahraga

Sobat secangkir terapi, saat melakukan senam dan olahraga terkadang kita tidak sadar melakukan gerakan yang bisa menimbulkan nyeri di pergelangan kaki dan menimbulkan nyeri.

Cedera Pergelangan Kaki Saat Olahraga

Pada beberapa kasus cedera olahraga pada awal latihan kebanyakan pemula banyak yang tidak mempersiapkan pemanasan dan melakukan stretching otot sehingga kemungkinan cedera otot, persendian menjadi semakin nyata.

Hal tersebut tidak juga menutup kemungkinan pada atlet yang senior terkadang warming up dan stretching yang kurang dalam sesi latihan senam dan olahraga juga bisa berpotensi menimbulkan cedera pada ekstremitas tubuh.

Bagian tubuh yang sering mengalami cedera seperti:
  • Pergelangan kaki
  • Persendian lutut
  • Pinggang
  • Leher
  • Bahu
  • Siku


Gerakan Senam Yang Berpotensi Cedera Pergelangan Kaki

Sehingga menjaga kemungkinan cedera saat melakukan aktifitas dengan melakukan aktivitas warming up dapat diminimalisir agar sesi latihan dan olahraga dapat dikerjakan dengan benar dan tubuh menjadi lebih Fit.

Gerakan senam yang harus dihindari

Penggunaan ekstremitas tubuh yang over stretch saat melakukan senam cenderung kita mengabaikan gerakan yang memicu timbulnya sakit seperti gerakan:
  1. Meloncat-loncat pada senam aerobik
  2. Gerakan senam mengecilkan paha dan betis dengan posisi menukik
  3. Senam gymnastik yang menggunakan ankle sebagai tumpuan
  4. Gerakan ankle memutar pada senam zumba
  5. Senam ritmik dengan cepat pada ankle

Gerakan tersebut akan menimbulkan nyeri di pergelangan ankle jika stabilisasi pada ankle tidak kuat menahan gerakan tersebut.

Sebisa mungkin menggunakan gerakan yang terarah dan step pada lutut dan pergelangan kaki menapak dengan sempurna dan hindari gerakan memutar dan mengejut seperti saat pergantian fase dari posisi back stretch ke posisi loncat-loncat seperti pada senam aerobik.

Posisi senam yang bagus dalam menjaga pergelangan kaki Anda dari cedera

Pada saat melakukan senam usahakan gerakan step langkah dan tubuh telah siap untuk melakukan gerakan menahan pada ankle Anda.

Gerakan Senam pada awal tentu harus dilakukan dengan melakukan pemanasan dan stretching ringan pada semua ekstremitas tubuh supaya tubuh beradaptasi dari pengaruh gaya dan tekanan yang kuat saat melakukan senam dengan ritme yang kuat dan cepat.

Menjaga senam dari cedera pergelangan kaki dan lutut Anda

Melakukan gerakan pada awal senam harus dipersiapkan dahulu dalam menjaga tubuh kita dari kemungkinan cedera dimana kontrol gerakan yang terarah dan terukur dengan kemampuan fungsional tubuh kita diperlukan dalam menjaga upaya kita dari cedera.

Penggunaan persendian dari lutut dan pergelangan kaki pada ekstremitas bawah harus dijaga kelenturan terlebih dahulu dengan melakukan stretching pada awal dan pemanasan ringan dengan berlari-lari kecil mengelilingi tempat latihan senam supaya tubuh lebih beradaptasi dengan gerakan spontan yang menyebabkan cedera otot dan persendian.

Seseorang yang melakukan senam dengan peralatan fitness yang berat misal menggunakan beban 5 kg keatas seringkali akan mengalami kram otot dan spastik pada persendian kita.

Terkadang tidak menyadari akan terjadi cedera dimana beban yang berat itu harus disesuaikan dengan frekuensi dan intensitas gerakan dalam menjaga kemungkinan cedera saat melakukan senam tersebut.

Contoh:

Pada saat kita melakukan senam dengan menggunakan barbel 5 kg dan kita berulang kali melakukan gerakan tersebut dan sebelumnya tidak ada pemanasan dan stretching ringan, maka bagi pemula yang sedang melakukan fitness hal tersebut bisa memicu kram pada otot dan persendian.



Gerakan Olahraga Yang Berpotensi Cedera Pergelangan Kaki

Olahraga sepak bola bisa berpotensi cedera ankle

Pada saat kita melakukan olahraga seperti bermain sepak bola pastikan menggunakan deker pada lutut dan memakai sepatu khusus untuk bermain bola kaki dimana terdapat pin-pin khusus pada permukaan bawah sepatu sehingga menapak pada tanah saat menggunakan pergelangan kaki menjadi sempurna dan stabil.

Menggunakan sepatu yang tidak cocok dengan olahraga khusus akan menimbulkan cedera sewaktu kita melakukan gerakan kejut dalam permainan bola dimana lawan pasti akan melakukan tackling dan sliding dalam menutup posisi kita saat melakukan aktivitas menggiring bola dengan berlari kencang.

Posisi ankle yang rawan terkena cedera pasti akan melawan gaya dan daya force yang kuat dari tekanan sliding dan tackling sehingga sewaktu kita bermain bola kaki pastikan menggunakan safety seperti sepatu khusus, decker, dan tali sepatu yang terikat kuat dan tidak menimbulkan jatuh saat kita berlari kencang.

Pada umumnya bermain sepak bola tanpa pemanasan di awal permainan dapat berpotensi lebih besar dalam menyumbang kasus cedera pada pergelangan kaki Anda.

Hal diatas disebabkan karena menggunakan pergelangan kaki, persendian tubuh dan ekstremitas tubuh yang lain tentu harus dipersiapkan terlebih dulu dengan pemanasan yaitu bisa lari-lari kecil mengelilingi lapangan bola dan melakukan stretching awal agar tubuh Anda beradaptasi dengan kondisi yang memerlukan tenaga ekstra dalam permainan bola kaki.

Olahraga tenis berpotensi cedera pergelangan kaki

Pada olahraga tenis disaat kita mengejar bola yang jauh dari jangkauan kita tentu dengan segala upaya akan mengejar bola tenis itu untuk di servis ke arah lapangan lawan.

Terkadang kita terlalu menekuk lutut dan menginjak kaki depan kita tidak tepat pada posisi saat menekuk kearah pantulan bola dan menjaga keseimbangan.

Hal tersebut jika gerakan tubuh tidak mampu menopang keseimbangan dan pergelangan kaki akan kehilangan gaya keseimbangan dalam membantu mempertahankan keseimbangan tubuh sehingga daya force yang kuat tentu akan membebani sendi pergelangan kaki Anda dan pasti lambat laun akan menimbulkan nyeri.

Pemilihan sepatu khusus untuk tenis juga diperlukan agar Anda lebih fleksibel dalam mengontrol gerakan tubuh dan keseimbangan sewaktu kita bermain bola tenis.

Lakukan pemanasan pada awal olahraga agar tubuh tidak kaku dan sedikit rileks dalam menjaga posisi yang sulit saat menjangkau bola yang jauh dari jangkauan kita.

Pemanasan dengan lari-lari kecil mengelilingi lapangan bola bagus untuk mempersiapkan otot dan tulang kita dalam menghadapi gaya yang kuat saat bermain tenis.

Olahraga lain yang dapat menimbulkan cedera pergelangan kaki

Untuk jenis olahraga lain tentu Anda harus juga melakukan pemanasan dan stretching terlebih dahulu agar tubuh Anda tidak kaget dalam melakukan aktivitas seperti diatas, sehingga dengan melakukan pemanasan dan stretching ringan, maka tubuh lebih siap dalam menerima daya dan tahanan yang kuat dalam melakukan pertahanan gaya pada saat melakukan olahraga.

Intensitas dan frekuensi pada olahraga juga perlu diperhatikan dalam menjaga kemungkinan cedera pada persendian terutama pada persendian di pergelangan kaki Anda agar tubuh Anda lebih siap menerima tahanan gaya dari beban yang akan Anda hadapi

Semoga informasi ini bisa membantu Anda, terimakasih.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.