Cara Mengatasi Nyeri di Pinggang Saat Bekerja di Kantor Dengan Metode Yang Benar

penyakit pinggang pada pekerja kantoran


Sakit punggung adalah suatu kondisi yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan hambatan terhadap gaya pada manusia saat manusia melakukan gerak biomekanika tubuh yang salah sehingga menimbulkan nyeri di punggung dan ekstremitas atas.

Sobat secangkir terapi, sebagian besar orang yang bekerja di kantor dan banyak melakukan pekerjaan dengan duduk, maka keluhan terbesar mereka adalah nyeri pinggang.

Banyak juga pekerja yang tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga sehingga mereka akan mengalami sakit punggung.

Dalam dunia Fisioterapi hal tersebut masuk kedalam ranah penyakit muskuloskeletal dimana bisa disebabkan oleh penyakit akut atau kronis.

Sehingga pekerja kantoran yang duduk terlalu lama menurut studi bahwa sekitar 80 persen orang yang pekerjaan duduk lama di kantor akan mengalami gejala di pinggang dan pada leher mereka.

Kasus ini merupakan kondisi yang paling umum terjadi dimana gejala muskuloskeletal masuk kedalam urutan kedua dalam kunjungan ke dokter dalam penanganan kasus primer.

Kondisi ini mungkin berdampak negatif terhadap produksi dan kinerja seseorang yang bekerja di kantor.


Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Bekerja Di Kantor



Karyawan yang sering mengalami sakit punggung karena pekerjaan di kantor pada umumnya disebabkan oleh pekerjaan yang rutin dalam waktu yang lama.

Selain menjaga postur duduk yang benar, melakukan perubahan dalam rutinitas kantor seseorang mungkin dapat membantu dalam mencegah dan mengurangi gejala nyeri punggung.

Maka lakukan tips berikut ini:

Istirahat sejenak


Istirahat singkat dan teratur dari pekerjaan bisa mengurangi perkembangan nyeri punggung akut dan kronis.

Dimana seseorang yang terbiasa melakukan pekerjaan duduk dalam waktu yang lama memang diwajibkan untuk melakukan istirahat sejenak.

Tindakan ini bisa memberi waktu otot punggung untuk rileks dan melakukan refreshing pada postur Anda.

Termasuk peregangan sederhana dan berjalan-jalan saat istirahat juga bisa membantu Anda dalam mengatasi nyeri punggung tersebut.

Cara yang terbaik untuk istirahat sejenak adalah dengan duduk selama 30-45 menit, kemudian Anda melakukan berdiri sejenak dan menarik kedua tangan keatas sambil dirasakan otot punggung atas tertarik.

Hal tersebut merupakan latihan stretching ringan untuk otot latisimus dorsi dan otot trapezius Anda yang mulai mengalami spasme.

Kemudian Anda bisa melakukan jalan santai di sekitar ruangan sambil sekali waktu menundukkan tubuh Anda kebawah agar otot quadratus lumbrorum dan otot gluteus maksimus melakukan peregangan.

Jadi jika kita melakukan latihan stretching ringan tersebut dengan teratur dalam waktu duduk di meja kantor 30-45 menit dan melakukan stretching ringan selama 5 menit sambil jalan-jalan santai di sekitar ruangan kantor.

Maka Anda selangkah lebih maju dalam mengatasi nyeri pinggang dan punggung saat asyik bekerja lama di meja kantor.


Pertahankan berat badan Anda ideal dan sehat


Berat badan yang gendut atau dikenal dengan istilah obesitas pada kebanyakan orang yang bekerja di kantor dapat menyebabkan ketegangan pada tulang belakang.

Terutama bagi mereka yang memiliki berat badan yang berlebih sehingga gaya mekanik dari tubuh Anda mendorong Anda untuk duduk yang nyaman namun dalam posisi yang salah dimana tulang belakang Anda akan mengalami hiperlordosis.

Pengaruh berat badan yang berlebih dan gaya tarik mekanik dari biomekanika tubuh memaksa Anda untuk mempertahankan posisi duduk yang nyaman di kursi kantor.

Namun karena tulang belakang kita mudah berubah posisi atau dalam dunia medis dikenal dengan nama "spondilosis vertebra", maka tulang belakang yang sering terbebani atau disebut dengan nama kompresi tulang belakang.

Maka yang paling menderita dan merasa nyeri punggung akibat berat badan berlebih adalah bagian ekstremitas bawah dan atas dengan gaya mekanik tersebut adalah tulang lumbal dan tulang cervical.

Berolahraga untuk menurunkan berat badan juga akan membantu memperbaiki postur tubuh dan meregangkan otot belakang.

Melakukan diet sehat dan ideal memang wajib Anda lakukan mengingat duduk di kantor selama berjam-jam memicu tubuh Anda terutama pinggang mengalami ketegangan dalam waktu yang lama.


Rencanakan gerakan Anda


Tidak perlu melakukan gerakan dengan cara membungkuk, memutar dan menarik pinggang Anda saat terjadi ketegangan otot pinggang atau dalam dunia medis dikenal dengan nama spasme otot dan kasus tersebut masuk dalam symptome myalgia.

Hal demikian dapat berkontribusi pada perkembangan nyeri punggung Anda, karena kompresi dari tulang tersebut tidak ada efeknya dalam mengurangi ketegangan otot punggung dan nyeri akut dalam punggung dan pinggang atau dalam medis dikenal dengan nama penyakit low back pain.

Melakukan upaya sadar dan tahu bahwa sakit di pinggang menjadi hebat untuk menghilangkan tindakan yang tidak perlu ini dapat mengurangi frekuensi sakit punggung kecuali Anda dapat berkonsultasi dengan ahli Fisioterapi dalam mengurangi gejala tersebut.

Membatasi waktu yang dihabiskan untuk membawa koper, tas jinjing dan tas berat juga bisa membantu mengurangi gejala nyeri punggung Anda.


Posisi yang benar untuk nyeri punggung Anda


Saat Anda sedang menelepon klien di kantor dengan waktu 30 detik setiap 15 menit, posisi yang benar adalah berdiri sejenak saat menjawab telepon, dimana dapat meregangkan dan mengubah posisi yang memicu terjadinya nyeri di punggung.

Posisi duduk yang benar saat duduk di kursi gunakan kursi yang tidak terlalu empuk dan keras, dimana kursi yang empuk dan dengan desain yang berputar atau kursi putar sering menimbulkan pekerja kantor mengalami nyeri di pinggang.

Seseorang yang mengalami nyeri punggung didorong untuk menahan diri dari kegiatan yang memperberatnya, seperti duduk terlalu lama di meja kantor, usahakan posisi duduk yang nyaman dan punggung Anda tidak terlalu membungkuk atau terlalu meneganggkan pinggang.

Cari posisi duduk yang nyaman dan rileks dan jika terjadi ketegangan pinggang jangan Anda diam ditempat dan usahakan segera berdiri dan menarik kedua tangan keatas sambil di rileksasikan punggung Anda.

Bisa juga kedua tangan ditaruh di kedua pinggang dan goyangkan pinggul Anda memeutar agar otot-otot pelvis Anda dan otot punggung menjadi rileks.


Indikasi kearah Low back Pain


Jika Anda sudah terlanjur mengalami nyeri pinggang yang kronis atau dikenal dengan nama low back pain syndrome salah satu cara terbaik untuk mencegahnya yaitu Anda wajib datang ke poli Fisioterapi untuk melakukan pemrograman terapi pada pinggang Anda.

Dengan Anda memahami apa penyebabnya dan fokus pada pencegahan pada nyeri pinggang Anda, maka penyakit pinggang Anda dapat dicegah dan disembuhkan dengan benar.

Semoga informnasi ini membantu keluhan yang Anda derita, terimakasih.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel