Terapi Gatal di Selakangan, Paha dan Kulit Kelamin Lengkap Dengan Cara Mengobati

gatal di selakangan dan kelamin



Gatal di Selakangan Paha dan Kelamin

Sobat secangkir terapi, beberapa waktu yang lalu saya terkena gatal - gatal di area selakangan dan menjalar sampai pangkal paha, rasa gatal tersebut mengusik saya untuk menggaruknya, namun setelah itu timbul lecet dan bersisik di sekitar selakangan dan paha.

Sebelumnya udara lingkungan yang panas dan lembab membuat saya berkeringat basah dengan aktivitas yang padat pada hari itu, saya mengusap handuk yang ada di kamar mandi dan saya ingat menggunakan kamar mandi yang gelap dan kondisi sanitasi kamar mandi yang jelek disertai air yang tidak mengalir, akibatnya gatal - gatal menghampiri tepat di selakangan paha saya.

Kondisi tersebut saya hiraukan, kemudian saya memakai celana pendek yang ketat dan tidur seharian dengan panas udara di siang hari, saya berkeringat dan terbangun dari mimpi dengan rasa gatal yang hebat dan menggaruknya berkali - kali. Setiap kali saya menggaruk di kulit kemaluan, terasa sakit dan perih disertai ruam merah dan akhirnya berubah menjadi inflamasi.

Selanjutnya saya mencari informasi di ahli dermatitis dunia, dan menemukan informasi mengenai gatal di kulit kelamin dan selakangan, menurut dokter spesialis kulit (dermatitis) Joshua Zicher, di klinik Mount Sinai Amerika Serikat. 

Penyebab gatal di selakangan

Infeksi Jamur

Penyebab jamur kulit kelamin pada umumnya disebabkan oleh salah satu jamur Tinea Cruris. Namun jamur di kulit kelamin juga banyak jenisnya, ada puluhan spesies jamur kulit yang harus memerlukan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui jenis jamur itu.

Jamur Tinea Cruris merupakan tipe jamur yang sering dan banyak ditemui dengan ciri khas jamur itu membuat infeksi di kulit saat udara hangat dan berkeringat dimana membuat rasa gatal yang hebat dan suka berkembang biak di area paling lembab tubuh yaitu selakangan dan kulit kelamin.

Disamping itu tipe jamur diatas suka hidup di tempat yang jarang terkena sinar matahari dan tempat yang lembab, seperti kamar mandi, kamar tidur, dll

Iritasi Kulit

Iritasi kulit merupakan peradangan di area kulit selakangan dimana kulit berubah menjadi bersisik dan selanjutnya akan menjadi ruam kemerah - merahan disertai gatal - gatal disekitar pangkal paha dan kulit kelamin.

Pada pria pada umumnya gatal - gatal pada mulanya di daerah skortum ( biji penis / buah zakar) dan menimbulkan efek gatal - gatal yang hebat disertai nyeri dan perih.

Pada wanita pada umumnya gatal di sekitar labia mayor (sekeliling bibir vagina) dan selakangan paha dengan indikasi rasa perih dan sakit hebat sewaktu menggaruk area tersebut dan menimbulkan ruam kemerah - merahan.

Ciri khas iritasi kulit

  • Terjadi ruam atau bintik - bintik kecil melepuh dan cembung
  • Ruam menyebar dari kulit kelamin sampai pangkal paha dengan lesi terbatas tipis, tepi ruam meninggi berbentuk bintik - bintik dan kemerah - merahan.
  • Terdapat nanah diujung ruam
  • Bagian tengah jika diraba terdapat sisik kasar pada kulit dan berwarna putih
  • Terdapat perubahan warna kulit yaitu coklat, kehitaman dan terkadang krem
  • Jika digaruk akan melepuh dan membesar peradangan tersebut
  • Sifat iritasi menyebar di sekitar area kulit
  • Rasa gatal yang hebat jika berkeringat


Dermatitis Kontak

Terjadi jika ada kontak dari kulit ke media yang membuat gatal dikulit, contoh seperti menggunakan detergent dan pengharum / pelembut pakaian ke kulit.

Kontak kulit tersebut akan menjadi media penghantar kulit ke media yang membuat gatal jika ada indikasi pakaian Anda ditumbuhi jamur, sehingga menggunakan pakaian yang kontak langsung dengan jamur dapat menjadikan kulit kita gatal.

Apalagi jika daerah selakangan kita yang kontak langsung dengan pakaian atau bekas detergen yang sudah terindikasi ada jamur, sehingga penularan jamur tersebut cepat bereaksi dan membuat koloni jamur di selakangan dan kulit kelamin Anda.

Kutu Kemaluan

Kutu kemaluan atau pthirus pubis ini bentuknya kecil dan hanya dapat dilihat dengan kaca pembesar 160x -200x atau kaca pembesar yang lebih tinggi lagi, bentuk kutu tersebut seperti bentuk kepiting dengan capit di tangannya dan menempel di kulit kelamin seperti parasit.

Parasit kutu kelamin ini dapat bertelur banyak dan menghiasi kulit kelamin Anda dengan gejala gatal - gatal, telur kutu tersebut berbentuk kecil - kecil berwarna kuning keputih - putihan dan bersarang dekat rambut kemaluan Anda.

Penyebab kutu secara etiologi tidak diketahui secara pasti, namun penyebab tertularnya biasanya dibawa oleh kucing atau anjing hewan peliharaan Anda yang menggaruk - garuk badannya tepat diatas celana dalam atau celana pendek Anda, sehingga kutu tersebut jatuh dan bersarang sementara di media celana dalam Anda.

Kemudian tanpa sengaja Anda memakai celana dalam itu dan kutu berpindah media ke kulit kelamin Anda, sehingga membuat Anda menjadi gatal - gatal yang hebat.

Herpes

Para pekerja seks komersial (PSK) dan pelakunya juga terindikasi oleh penyakit PMS (penyakit seks menular), seperti membuat pelaku menjadi gatal - gatal dikulit kelamin disertai ruam, dengan indikasi melepuh di kulit kelamin.

Secara patofisiologi penyebab herpes pada kulit kelamin disebabkan oleh virus herpes zoster yang menyebabkan rasa gatal yang hebat walaupun tidak berkeringat, dengan gejala gatal - gatal, mulanya lecet di area kepala penis untuk laki - laki dan skortum menjadi berkerut dan sakit yang hebat.

Untuk perempuan, awalnya gatal - gatal dan terjadi lecet dan ruam di area labia mayor atau bibir vagina luar sampai kulit kelamin dan sakit yang hebat.

HPV

HPV disebut juga dengan virus bunga kol, dimana bentuk virus ini menyerupai bunga kol dan terekenal dengan nama Human Papilloma Virus.

Perbedaan Herpes dan HPV adalah teletak pada bentuk gejalanya, jika pada HPV akan menimbulkan kutil di seluruh tubuh manusia dimana 60 % menginfeksi tangan dan kaki dan 40 % bertempat di kulit kelamin. Sedangkan Herpes tidak demikian.

Gejala HPV pada awalnya ditandai dengan rasa gatal di seluruh tubuh terutama pada kulit kelamin dan selakangan Anda, sehingga berlanjut kepada bentuk kutil yang banyak menghiasi tubuh Anda.


Terapi Gatal di Selakangan, Paha dan Kulit Kelamin

Dengan mengetahui gejala gatal - gatal di selakangan dan kulit kelamin Anda di atas, maka sobat akan mengetahui gejala nomer berapa yang wajib dilakukan terapi.

Sebelumnya jika masalah gatal tersebut selama seminggu tidak menunjukkan hasil yang memuaskan, alangkah baiknya sobat melakukan pemeriksaan sedini mungkin gejala tersebut ke dokter spesialis kulit kelamin atau dokter dermatologi terdekat dalam mengobati gejala yang Anda alami.

Apabila cara terapi saya ini menunjukkan hasil yang memuaskan, maka informasi yang kami berikan bermanfaat bagi Anda dan feedback yang positif dalam terapi keluhan Anda.



Anjuran dan Larangan Dalam Pencegahan Gatal di Selakangan dan Kulit Kelamin

Anjuran

1. Lepaslah celana dalam Anda sewaktu terjadi peningkatan keringat tubuh
2. Gunakan kipas untuk mengeringkan area selakangan yang lembab oleh keringat
3. Gunakan tisu basah untuk membersihkan area selakangan Anda
4. Taburi bedak herocin jika belum ada luka lecet di kulit kelamin.
5. Gunakan salep atau krim anti jamur yang direkomendasikan dokter dermatologi / kulit kelamin yang terbaik
6. Minum antibiotik yang tepat jika ada indikasi infeksi kulit kelamin
7. Menggunakan celana yang longgar dan bersih
8. Gunakan handuk pribadi atau handuk sendiri
9. Usahakan pakaian dan celana dalam dicuci bersih dan dikeringkan dengan benar
10. Usahakan mandi secara bersih 3x sehari

Larangan

1. Menggaruk daerah yang gatal dengan kuku Anda karena dapat mengakibatkan infeksi
2. Dilarang menggunakan handuk bergantian dengan orang lain
3. Hindari aktivitas yang memicu Anda menjadi berkeringat berlebihan sehingga menimbulkan gatal yang tidak tertahankan
4. Dilarang makan yang meningkatkan alergi dan keringat, seperti telur ayam ras, daging, pedas, dll
5. Dilarang minum antibiotik sembarangan yang tersebar di internet atau warung obat, karena jika tidak mengetahui jenis infeksi kuman, maka akan mengakibatkan kekebalan kuman atau bakteri.
6. Dilarang menggunakan celana pendek atau celana panjang yang ketat
7. Dilarang memakai celana dalam yang jarang diganti atau celana dalam bolak -balik
8. Hindari gesekan pakaian yang kasar dimana dapat menggesek kulit dan kelamin Anda sehingga menimbulkan luka lecet
9. Dilarang menggunakan krim jamur sembarangan karena untuk jenis jamur tertentu hal tersebut dapat menyuburkan pertumbuhan jamur
10. Hindari udara lembab dan panas disekitar Anda, karena memicu gatal



Terapi Obat Yang Benar Untuk Gatal di Selakangan dan Kulit Kelamin


Gejala Gatal Karena Jamur

Obat minum

  • Griseafulvin 
  • Klotrimazol
  • Tolnafitate
  • Undecylenite
  • Ekanazol
  • Oxiconazole
  • Flukonazol
  • Itrakonazole

* Catatan:
Untuk jenis jamur tertentu harus di lakukan pemeriksaan fisik yang dulu sehingga obat yang digunakan juga lebih ampuh untuk membunuh jamur di selakangan Anda, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit kelamin Anda mengenai keluhan Anda tersebut.


Salep atau krim jamur

  • Klotrimazol krim
  • Griseafulvin salep
  • Solinfec cream
* Catatan: 
Penggunaan krim atau salep memang harus dilakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui jenis jamur tertentu dan konsultasikan dengan dokter spesialis kulit kelamin Anda adalah pilihan terbaik.


Gejala Gatal Karena Virus

Pengobatan khusus Herpes menggunakan anti virus herpes zoster yaitu obat voltrex.
Pengobatan khusus HPV seperti dibawah:

Obat minum

  • Parasetamol dan sejenisnya untuk mengurangi nyeri dan sakit
  • Gabapentin dan pregabalin untuk obat antikonvulsan
  • Acyclovir atau Valaclovir diminum selama seminggu setelah terjadi ruam

Obat Salep atau Krim

  • Asam salisilat dan trikorosetat
  • Podofilox

Terapi Kutil

  • Terapi Laser
  • Chyrotherapy

* Catatan:
Konsultasikan dengan dokter spesialis kulit kelamin terdekat untuk pengobatan dan pemeriksaan fisik yang akurat.



Gejala Gatal Karena Bakteri

Obat minum

  • Ampicilin
  • Amoxcilin

Terapi lain

  • Mandi bersih 3x sehari dengan sabun antiseptik
  • Memotong kuku
  • Cuci tangan dengan sabun antiseptik adalah pilihan terbaik dalam menghentikan bakteri


Gejala Gatal Karena Kutu Kelamin

Obat Minum

  • Xanthone bisa di dapatkan lewat serat manggis dan daun sirsak


Terapi lain

  • Gunakan shampo anti parasit atau shampo lindan yang dijual di apotik atau toko swalayan atau di toko online.
  • Losion malation dengan merek ovid yang mengandung piretrin dan piperonil butoksida
  • Gunakan losion kalamina untuk mengurangi gatal dikemaluan Anda
  • Cuci daerah kemaluan Anda dengan bersih dengan sabun antiseptik
  • Dilarang gonta - ganti handuk
  • Potong bulu kelamin Anda 


Nah, dengan mengetahui gejala dan penyebab gatal di selakangan dan kulit kelamin Anda, maka sobat secangkir terapi dapat mengatasi dan mengobati keluhan gatal yang Anda derita. Semoga informasi yang kami berikan bisa membantu keluhan Anda dan terimakasih.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel