Tahukah BPJS Ketenagakerjaan E Klaim Bisa Cair Dengan Cepat dan Mudah

e claim bpjs memudahkan Anda dalam mencairkan dana ketenagakerjaan Anda


Sobat secangkir terapi, asuransi kesehatan atau disebut dengan BPJS Ketenagakerjaan e klaim merupakan program khusus para tenaga kerja mengenai jaminan kematian dan juga jaminan hari tua.

Tentunya untuk BPJS ketenagakerjaan ini hanya dilakukan oleh para tenaga kerja saja yang telah didaftarkan BPJS ketenagakerjaan. Seperti yang kita ketahui mengenai e klaim ini dapat dicairkan secara online.

Tentunya banyak yang belum mengetahui bila para tenaga kerja dapat mencairkan jaminannya dengan menggunakan e klaim secara online. 

Lalu, bagaimana sih cara melakukan e klaim agar jaminan cepat cair secara online? Jika Anda penasaran akan BPJS ketenagakerjaan e klaim terbaru mungkin bisa menyimak artikel berikut ini.

BPJS Ketenagakerjaan E Klaim Online


Di bawah ini kami akan mengulas informasi seputar BPJS ketenagakerjaan e klaim via internet yang bisa Anda ketahui. Adapun beberapa informasinya sebagai berikut ini.

Cara Melakukan E Klaim Online

Untuk melakukan e klaim online tentunya Anda harus berhubungan dengan koneksi internet dan juga mempunyai komputer atau laptop, sebagai persyaratan dalam memudahkan akses Anda masuk kedalam entri BPJS secara online dan melanjutkannya dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Langkah pertama

Anda bisa membuka laman BPJS di situs resmi di internet, seperti laman dibawah, salin laman ke penelusuran website Anda.

bpjsketenagakerjaan.go.id

2. Langkah kedua

Setelah itu Anda bisa mendaftar secara online yang belum memiliki akun. Sementara bagi Anda yang sudah memiliki akun bpjs langsung login saja dengan akun yang pernah Anda gunakan sebelumnya.

3. Langkah ketiga

Setelah itu di layar laptop atau komputer Anda akan muncul halaman utama berupa layanan BPJSTKU.

Di halaman tersebut terdapat berbagai menu pilihan yang bisa Anda ketahui. Dari mulai profil, cek saldo, jht tahunan, simulasi, dan e klaim. Nah, karena di sini Anda ingin melakukan e klaim jht maka Anda bisa memilih menu klaim jht.

4. Langkah keempat

Selanjutnya Anda bisa melakukan proses klaim jht secara online dengan menggunakan menu klaim jht. Setelah itu Anda bisa memilih opsi jenis klaim yang ada dari mulai risen (resign) atau mengundurkan diri dan sebagainya. 

Namun pastikan jika Anda ingin mencairkan BPJS ketenagakerjaan minimal tiga bulan Anda sudah keluar dari perusahaan. Bila kurang dari waktu 3 bulan, maka Anda tidak akan bisa melakukan klaim jaminan yang satu ini.

5. Kangkah kelima

Setelah itu pilihlah cabang kantor BPJS yang bisa Anda datangi untuk melakukan verifikasi dokumen dan lainnya.

6. Langkah keenam

Setelah Anda berada di halaman berikutnya akan terdapat formulir yang harus diisi. Pastikan Anda menyiapkan beberapa dokumen untuk diupload di dalamnya. untuk dokumen tersebut biasanya menggunakan kartu KPJ, BPJS TK, KTP. KK ,surat keterangan pengunduran diri dan buku tabungan.

Catat dokumen diatas untuk memudahkan Anda dalam proses validasi pencairan bpjs ketanaga kerjaan, sehingga proses entri data lebih cepat dilakukan.

7. Langkah ketujuh

Pastikan semua formulir yang Anda isi telah benar kemudian Anda bisa mengupload beberapa dokumen yang dibutuhkan. Setelah itu tunggulah beberapa menit, sambil cek email Anda, terdapat konfirmasi email bahwa pengajuan klaim sudah diterima. 

Namun untuk beberapa kasus pencairan bisa menunggu maksimal dalam kurun waktu 3 hari, disebabkan banyaknya antrian dan proses yang masuk dan harus dicairkan oleh petugas BPJS.

8. Langkah kedelapan

Selanjutnya ketika sudah memiliki konfirmasi Anda bisa datang ke kantor BPJS yang telah dipilih. Pastikan terlebih dahulu Anda mendapat email untuk segera datang ke kantor BPJS yang Anda pilih.

9. Langkah kesembilan

Bila Anda telah melakukan bpjs ketenagakerjaan e klaim yang cepat nantinya akan diberikan nomor antrian online juga. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga petugas memanggil Anda untuk melakukan konfirmasi, foto dan pencarian transfer rekening bank diamana Anda punyai. 

Tunggu hingga 7 hari dan biarkan petugas melakukan validasi jaminan ketenaga kerjaan Anda, maka jaminan Anda akan cair di tabungan pribadi sobat.

Nah, itulah informasi penting bagi sobat secangkir terapi, semoga yang dapat kami sampaikan seputar BPJS ketenagakerjaan e klaim via pc yang bisa Anda ketahui. Terimakasih.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel