Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil Agar Lebih Nyaman dan Produktif

penekanan bayi pada ibu hamil dapat mengakibatkan nyeri punggung dan menjepit saraf pinggul





Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil

Sobat secangkir terapi, pada ibu hamil selama proses kehamilan ibu hamil biasa akan mengalami masalah psikologi dan fisiologis, sehingga membuat dia tidak nyaman.

Pada artikel ini, kami akan membantu mengurangi nyeri punggung saat sakit perut untuk membantu ibu hamil agar lebih produktif dan menjadi nyaman.

Mengapa wanita hamil rentan terhadap sakit punggung

Selama kehamilan, pusat gravitasi tubuh berubah, dalam ilmu kedokteran garis alignment tubuh berubah jarak dimana pusat alignment yang normal pada manusia terletak pada S1 atau disebut dengan Sakrum ke satu.

Penyebab garis alignment tersebut menyebabkan ibu hamil kehilangan keseimbangan dan kekuatan tubuh sewaktu berjalan, menyebabkan otot-otot di tubuh bekerja berbeda dari sebelumnya. 

Pada ibu hamil anatomi fisiologi dari bentuk tubuh wanita akan mengalami perubahan, saat janin mulai tumbuh, perut ibu hamil yang mulai membesar memberi tekanan pada punggung bagian bawah dan mempengaruhi pola jalan sewaktu ibu hamil berjalan.

Beberapa keluhan pada ibu hamil lebih cenderung mengalami beberapa rasa sakit yang berhubungan dengan kaki, punggung dan perut, atau rasa kram di kaki dan betis. Selain itu, masalah lain seperti wasir, nyeri anggota badan dan nyeri saat Anda mencoba memperbaiki diri dengan perubahan tubuh,.

Perubahan tubuh tersebut antara lain merubah psikologis pada ibu hamil dan menyebabkan stres pada kelompok otot baru, seperti otot - otot quadratus lumbrarum, otot trapezius, otot gluteus maksimus, gluteus minimus dan kelompok kecil otot disekitar punggung dan pelvic wanita.

Sakit punggung yang sering terjadi selama kehamilan

Terjadi Kram Perut dan Konstipasi

Rasa sakit yang sangat menyakitkan pada kehamilan paling awal adalah perasaan kram, yang berlangsung berhari-hari saat embrio memasuki rahim, disamping itu ada beberapa keluhan antara lain terjadinya konstipasi dimana ibu hamil akan mengeluh dengan gejala seperti wasir dan kondisi sulit buang air besar selama kehamilan.

Pada akhir trimester pertama, berat janin di rahim menekan saraf di antara tulang rusuk, yang dapat menyebabkan nyeri atau nyeri tekan, disertai dengan mati rasa atau hiparesthesia di tulang rusuk atau di sekitar tulang rusuk.

Trauma ligamen di dekat rahim membesar karena kenaikan berat badan Anda, menimbulkan efek meremas atau menekan dan menjepit saraf di daerah tersebut yang menyebabkan Anda sakit di daerah perut atau panggul.

Nyeri neuropatik

Nyeri syaraf juga sering terjadi, ketika hormon tubuh mengalami masa santai atau disebut juga rileks hormon (disekresikan oleh plasenta saat akhir kehamilan), aktivitas tersebut mulai melonggarkan ikatan antara sendi pelvis dan sendi punggung. 

Kenaikan berat badan menyebabkan otot meregang dan menekan persarafan di kaki. Anda bisa meringankan masalah nyeri saraf dengan latihan, perubahan postur tubuh atau posisi duduk dan tidur biasa.

Konsultasikan Chiropractor atau Fisioterapis Anda untuk solusi yang tepat. Dan ingat, rasa sakit yang tiba-tiba dan jelas adalah sesuatu yang tidak boleh Anda abaikan atau anggap ringan.

Nyeri perut dan sakit perut

Perut membuat Anda tidak nyaman. gejala kantuk, sakit perut sering menyertai perubahan seluruh tubuh wanita hamil. Solusi sederhana namun efektif adalah konsumsi daun mint. Cobalah mengambil mint atau setetes peppermint ke dalam segelas air sebelum Anda menambah dan meningkatkan berat badan.

Pepermint bisa Anda dapatkan di apotik atau supermarket terdekat di tempat Anda dengan harga yang murah dan terjangkau dengan kantong Anda.


Sakit punggung saat hamil

Nyeri punggung merupakan salah satu masalah yang paling umum terjadi selama kehamilan. Pada ibu hamil secara etiologi diperkirakan sekitar 50% wanita hamil menderita sakit punggung ringan dan berat.

Kebanyakan wanita yang mengalami nyeri punggung bagian bawah dan latihan dan pemrograman exercise oleh ahli fisioterapi dan ahli bidan sangat tepat dan dapat mencegah serta membantu Anda dalam mengurangi rasa sakit.

Kenakan alas kaki yang sesuai dengan kaki Anda untuk mencegah sakit punggung, disamping itu Anda memerlukan aksesori pendukung, dan sol sepatu dimana aksesori itu bisa membantu melindungi kaki Anda.

Seiring dengan perawatan kaki, Anda juga perlu memperhatikan barang-barang yang Anda gunakan seperti kursi dan bantal. Usahakan agar punggung tetap tegak dan tertekan, jangan lupa tidur dengan lutut sedikit ditekuk dimana lutut membentuk sudut siku 75 derajat dan hindari tidur telentang.

Exercise ini membantu Anda mengurangi rasa sakit saat hamil

Latihan juga bisa membantu mencegah sakit punggung, karena menjaga otot agar lentur membantu mengurangi ketegangan otot atau kehilangan keseimbangan karena berat badan Anda cenderung condong ke depan. 

Oleh karena itu, Anda harus mengikuti sesi pelatihan untuk wanita hamil, berjalan, berenang atau menari agar tetap sehat, namun perhatikan juga tubuh Anda yang berubah. 

Saat Anda hamil, hati-hati saat mengangkat atau jongkok, jika tidak, Anda dapat dengan mudah melukai diri sendiri karena persendian yang lemah dan otot Anda bekerja terlalu keras. Sehingga diperlukan, dilarang melakukan hal tersebut dengan keras.

Cara mengatasi sakit punggung dengan cara alternative

Terkadang hanya mengangkat kaki ke atas bisa mengurangi masalah ketegangan otot dan rasa sakit yang terkait.

Dengan menggunakan perpaduan kompres panas atau dingin, akan sangat membantu karena panas membantu menghangatkan otot dan meningkatkan sirkulasi darah Anda, sementara terapi dingin membantu Anda mengurangi pembengkakan akibat kompresi saraf. Jangan takut untuk mencoba kedua jenis kompres dan memutuskan solusi mana yang paling sesuai untuk Anda.

Terkadang, semua yang Anda butuhkan untuk bersantai dan menghilangkan stres dengan mandi air hangat juga sangat membantu Anda merileksasikan anggota tubuh yang mengalami ketegangan otot maupun saraf, sehingga hal tersebut dapat kembali pulih dalam keadaan normal.

Pijat juga merupakan solusi untuk relaksasi dan perawatan, jadi terkadang ingatlah untuk melakukan pijatan lembut yaitu softly dan gentely dalam mengurangi ketegangan dan kekauan persendian diantara pelvic, punggung dan paha Anda. Semoga informasi ini membantu Anda.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel