Metode Stabilisasi Psikologis Yang Efektif Untuk Mengurangi Stres Selama Kehamilan

Metode Stabilisasi Psikologis Yang Efektif Untuk Mengurangi Stres Selama Kehamilan

 ibu hamil sedang stres


Sobat secangkir terapi, selama kehamilan pada umumnya ibu hamil akan mengalami gangguan psikologis ringan atau disebut stres, dimana efek tersebut akan mengganggu ibu hamil dan keluarga terdekat jika mereka tidak memahaminya, sehingga ibu hamil yang menjadi labil dalam kejiwaan rentan dan mudah terkena sakit dan mengganggu pertumbuhan di dalam janin.

Maka disini kami akan memberikan tips psikologis untuk ibu hamil dimana mengurangi tingkat stres dan membuat dia nyaman selama proses kehamilan berlangsung.

Pengobatan Stres Selama Kehamilan


Di sini kami memberikan tips psikologis dengan metode stabilisasi psikologis yang efektif, yang dirangkum oleh kami di bawah ini sehingga dapat membantu ibu hamil merasa nyaman selama kehamilan. 

Selama kehamilan, gejala seperti morning sickness, sleeplessness, aktivitas berkurang membuat ibu hamil sangat stress. Stres akan berdampak negatif pada jiwa ibu dan mempengaruhi janin. Untuk membantu janin berkembang sehat, ibu memilih untuk belajar cara mengurangi stres.

Metode tersebut adalah sebagai berikut :

1. Melakukan sharing dengan suami selama 3 menit

Sering menemukan kesempatan untuk mengeluh kepada suami saya tentang kehamilan. Tapi nampaknya sering sharing suami menjadi lelah dan mengabaikan kesedihan, membuat ibu hamil merasa sedih dan kesal. Kemudian kami menerapkan "peraturan tiga menit" sebagai berikut: 

Sebelum tidur, saya punya waktu tiga menit untuk menceritakan kepadanya tentang segala hal yang menyakiti saya dan suami saya akan mendengarkannya. Biasanya satu menit setelah selesai berbicara perasaan akan terasa membaik. Lalu aku tidur nyenyak dan hari berikutnya jauh lebih menyenangkan.  Itulah bagian rahasia 3 menit sharing dengan suami!

2. Pijat wajah di rumah adalah perawatan kecantikan kulit

Anda tidak perlu pergi ke spa untuk pijat wajah, cukup gunakan sedikit bahan dari dapur Anda sendiri. Tracy M. Luchenbill, direktur di Journeys Spa, menawarkan beberapa tip untuk terapi pijat di rumah. 

"Di rumah, saya sarankan menggunakan yogurt dicampur dengan sedikit tepung dan air sebagai solusi untuk pengelupasan kulit. Mungkin juga menggunakan yogurt dicampur dengan tepung maizena dan juga penggunaan yang sama". 

Untuk kulit kering, Luchenbill merekomendasikan mencampur 1 buah alpukat dengan 2 sendok teh minyak zaitun murni sampai halus dan dioleskan ke wajah. Setelah 10 menit, cuci muka dengan air hangat. Formula sederhana yang bisa dilakukan ibu untuk pijat di rumah.

3. Pijatan kaki dan manicure membantu ibu meringankan stres

Anda mungkin tidak sadar dengan kaki Anda, tapi pijatan kaki yang bagus dan kuku yang indah adalah semua yang Anda butuhkan saat stres! Kami mengingatkan kepada Anda untuk merawat kaki Anda setelah tiga bulan pertama kehamilan dan memberi tahu teknisi kuku Anda tentang perut dan panggul Anda. 

Alasannya karena ada beberapa teknik pemijatan dalam dan minyak esensial yang tidak sesuai untuk kehamilan harus dilaporkan ke dokter untuk diketahui. Jika Anda memilih aroma minyak esensial, kami merekomendasikan penggunaan minyak aromatik ringan seperti minyak lavender, rose, atau chrysanthemum.

4. Aturan 3 napas dalam membantu ibu bermeditasi

Meditasi dapat membantu Anda memfokuskan pikiran Anda. Jika Anda belum pernah bermeditasi sebelumnya, Thomas Crum, penulis Three Deep Breaths: Menemukan Kekuatan dan Tujuan di Dunia yang Stres." Tujuan hidup untuk menghilangkan stres ", memberi Anda teknik sederhana yang bisa dilakukan di rumah. 

Berlatih bernafas dalam-dalam dengan menghirup jauh ke dalam dada sampai perut mengembung, lalu pelan-pelan bernafas perlahan dan dikeluarkan. Dengan napas pertama, seperti yang disebut dengan, "pernapasan seimbang" membantu Anda mendapatkan kembali energi Anda dengan napas dalam, lambat, dan tenang. 

Untuk nafas kedua atau "harmoni pernapasan", Anda harus bernafas dan memikirkan keinginan Anda, seperti menjadi ibu yang baik, lebih percaya diri, merawat keluarga. 

Terakhir nafas ketiga, juga dikenal sebagai "Discovering breath", bayangkan hal-hal yang baik terjadi di masa depan seperti: bagaimana bayi terlihat atau terlihat lucu. Pikiran seperti itu akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan nyaman.

Bandingkan efek kumulatif meditasi pendek seperti ini jauh lebih baik daripada latihan aerobik biasa untuk ibu. "Tentu saja Anda bisa menggunakan tiga sampai sepuluh menit latihan aerobik dalam satu hari untuk berolahraga, tapi dengan latihan pernapasan ini, ibu juga bisa mengatur istirahat. Pendek tanpa harus tidur seharian. "

5. Buang jauh jauh pikiran atau informasi yang tidak perlu saat hamil

Miriam Belov, pendiri The Wellness Agenda: Creative Concentration, yang berbasis di New York City, telah memberi tahu klien tentang bagaimana menjaga kesehatan dan kesejahteraan selama 30 tahun. Dia menyarankan wanita hamil untuk menjaga diri mereka dengan cara yang "bodoh".

"Kami selalu di sms setiap hari selama 24 jam selama seminggu, dengan segala macam informasi," kata Belov. "Tapi sayangnya, sebagian besar berita yang kami dengar bukan kabar baik." 

Belov menjelaskan bahwa wanita sangat sensitif selama kehamilan, jadi jika Anda mendengarkan cerita yang tidak menyenangkan dari radio atau televisi sepanjang waktu, suasana hati Anda akan memburuk. Sebagai gantinya, ibu hamil harus beralih ke program lain atau hiburan yang lebih santai selama masa kehamilan.

6. Katakan tidak pada masalah yang tidak perlu dipikirkan saat hamil

Salah satu tantangan terbesar bagi para ibu saat ini adalah membedakan prioritas yang lebih penting daripada yang lain. Itulah pernyataan Bria Sumpson, dan penulis buku "The Balanced Mom: Raising Your Kids Without Losing Your Self" Bagaimana menjaga keseimbangan bagi ibu muda saat membesarkan anak ".

"Kapan pun seseorang meminta Anda melakukan sesuatu, sebaiknya Anda berpikir dan memberi saran, itu sudah cukup!" Simpson juga mengatakan, "Dalam waktu 24 jam setelah menerima tawaran bantuan semacam itu, tanyakan pada diri Anda apakah ini merupakan prioritas untuk melakukannya. 

Apakah itu mempengaruhi kesehatan Anda dan bayi Anda? " Dan jika jawabannya tidak, maka Anda harus segera menolak tawaran itu. Anda harus ingat saat ini, semua prioritas Anda adalah untuk kesehatan dan bayi Anda sendiri juga.

7. Rancang ruang hidup dengan barang lucu dan imut

Cobalah untuk membuat lingkungan hidup Anda memiliki banyak hal baik. Mengelilingi Anda dengan gambar yang indah, di ruangan yang indah akan membuat Anda merasa nyaman, seperti pakaian indah, lukisan indah, parfum dan minyak esensial. Sehingga akan memiliki perasaan menikmati hidup, optimisme dan cinta yang sangat baik bagi kesehatan ibu dan anak.

8. Bergabunglah dengan teman-teman agar tidak terkurung di rumah

Saat hamil, ibu sering merasa gemuk atau jelek, tapi sebaiknya agar ibu hamil terhindar dari perasaan bosan, buatlah janji dengan teman. "Luangkan waktu bersama teman dan keluarga terbaik Anda, yang membuat Anda merasa percaya diri dan tidak hanya terkurung di rumah selama kehamilan"

9. Luangkan waktu untuk merawat diri sendiri

Semua profesional, termasuk Belov dan Crum, menganggap kehamilan adalah waktu yang tepat untuk menikmati hidup untuk diri sendiri. Catatlah momen harian Anda dan ubahlah menjadi buku harian. Buatlah hidup Anda rileks dan nikmati liburan Anda bersama teman Anda, pergi ke bioskop atau berjalan-jalan di taman.

10. Membuat latihan relaksasi untuk Anda sendiri

Perlakukan diri Anda dengan cara Anda sendiri, seperti membuat gaya rambut favorit Anda, membaca buku, atau memikirkan relaksasi pribadi. 

Cobalah pengalaman memanjakan diri dengan hobi Anda sendiri di minggu pertama, dan jika Anda merasa masih belum ada perubahan, lakukanlah cara ini lebih sering. Kegiatan ini tidak hanya membantu Anda menemukan cara untuk bersantai sendiri tapi juga membantu mengurangi kejenuhan pikiran.

Kurangi stres saat hamil dengan metode stabilisasi psikologis yang efektif diatas akan menjadikan perasaan ibu lebih nyaman. Dengan cara diatas ibu akan memiliki kesehatan yang baik dan bayi akan tumbuh dengan sehat,tanpa risiko penyakit dari rahim. 

Semoga informasi psikologi ini membantu ibu hamil selama proses kehamilan dan menunggu masa persalinan sampai bayi Anda keluar dengan sehat dan selamat. Terimakasih.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.