Apa Sih Fisioterapi Itu ?

Apa Sih Fisioterapi Itu ?

arti fisioterapi dan profesinya




PROFESI FISIOTERAPI


Menurut WCPT (World Congress Physical Theraphy)

Fisioterapi adalah tenaga kesehatan profesional yang bekerja untuk manusia segala umur yang bertujuan untuk memelihara, meningkatkan kesehatan, mengembalikan fungsi fungsi dan ketergantungan individu yang mengalami kekurangan gangguan kemampuan atau masalah yang disebabkan karena kerusakan fisik, psikis dan lain sebagainya.

Menurut Departemen Kesehatan Indonesia Fisioterapi

Fisioterapi adalah suatu pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk individu dan atau kelompok dalam upaya mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak dan fungsi sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan modalitas fisik, agen fisik, mekanis, gerak dan komunikasi.

Menurut Profesi Rehabilitasi Medis

Fisioterapi adalah profesi yang mempunyai otonomi sendiri serta mandiri dalam melaksanakan praktek secara terbuka dan mempunyai hubungan sejajar atau sama dengan profesi medis dan tenaga kesehatan professional lainnya.

Menurut Ilmu Kedokteran Science

Fisioterapi adalah ilmu yang menitik beratkan untuk menstabilkan atau memperbaiki gangguan fungsi alat gerak/fungsi tubuh yang terganggu yang kemudian diikuti dengan proses atau metode terapi gerak.


Ilmu Yang Dipelajari Fisioterapi

Fisioterapi adalah ilmu yang mencakup seperti fisika, ilmu kemanusiaan, kesehatan serta teknik teknik latihan dan manipulasi serta modalitas elektro terapeutik.


Tempat Bekerja atau Pelayanan Fisioterapi

Seorang Fisioterapis dapat memberikan pelayanannya di rumah sakit baik swasta maupun negeri, di pusat rehabilitasi medik, di pusat kebugaran dan fitness center, Puskesmas, sekolah, klinik - klinik.

profesi fisioterapi





Fisioterapi bukan dukun pijat  atau tukang urut


Fisioterapi merupakan bagian integral dari bidang Kedokteran Rehabilitasi Fisik dimana di dalam rumah sakit mencakup 3 point kategori bidang kesehatan yaitu Kuratif, Preventif dan Rehabilitatif.

Kategori Karir atau Profesi Bidang Kesehatan


1. Rehabilitatif

Fisioterapi, Okupasi Terapi, Ortetik Prostetik, Terapi Wicara, Akupuntur, Pekerja Sosial Medis (PSM), Ahli Psikologi masuk kedalam kategori bidang Rehabilitatif (Rehabilitasi Medis).

2. Kuratif

Perawat umum, Perawat gigi, Perawat mata, Perawat anestesi, Bidan, Dokter umum, Dokter spesialis, Psikiater masuk kedalam kategori bidang Kuratif.

3. Preventif

SKM (Sarjana Kesehatan Masyarakat), ahli Gizi, Radiologi, Analis Kesehatan, Farmasi, Apoteker,  Kesehatan Lingkungan (Kesling),  masuk kedalam kategori bidang Preventif.



Kategori Pelayanan Kesehatan


1. Medis

Perawat umum, Perawat gigi, Perawat anestesi, Perawat mata, Bidan, Dokter umum, Dokter spesialis, Psikiater, masuk kedalam pelayanan medis.


2. Penunjang Medis

Fisioterapi, Okupasi Terapi, Ortetik Prostetik, Terapi Wicara, Psikologi, Akupuntur, Pekerja Sosial Medis (PSM), SKM (Sarjana Kesehatan Masyarakat), ahli Gizi, Radiologi, Analis Kesehatan, Farmasi, Apoteker, Kesehatan Lingkungan (Kesling), Instrumentasi Medis (IM) dan Rekam Medis (RM) masuk kedalam penunjang medis.

pelayanan fisioterapi


Kesimpulan

Jadi kesimpulan Fisioterapi bukanlah profesi tukang pijat atau tukang urut dimana banyak masyarakat yang masih awam belum mengetahui apa sih Fisioterapi itu? dan apa sih pekerjaannya?

Mengenai Informasi bidang Fisioterapi telah kami uraikan diatas, semoga informasi ini membantu Anda untuk mengetahui arti dan profesi Fisioterapi yang benar.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.