Mengobati Hidung Tersumbat dan Pilek Saat Hamil

terapi hidung buntu dan pilek untuk ibu hamil


Sobat secangkir terapi, kebanyakan ibu hamil yang mengalami masalah salesma, pilek dan hidung buntu selalu mencari alternative terapi lain dalam mengobati hidung yang sering tersumbat.

Hidung Tersumbat dan Pilek

Mengenai mengobati hidung tersumbat untuk wanita hamil di bawah ini akan membawa pengetahuan besar yang dapat membantu ibu memahami mengapa mereka memiliki hidung tersumbat dan bagaimana cara mengobatinya. 

Menurut data statistik kesehatan, hingga 30% ibu hamil mengalami hidung tersumbat saat hamil, sehingga ibu yang baru pertama hamil harus memperhatikan artikel ini secara detail.

Penyebab hidung tersumbat

  1. Karena kadar estrogen yang lebih tinggi selama kehamilan bisa menyebabkan radang pada mukosa hidung dan bahkan lendir.
  2. Selain itu, peningkatan aliran darah di tubuh wanita hamil bisa menyebabkan pembuluh darah kecil di dalam mukosa hidung membengkak dan menghalangi jaringan sekitarnya.
  3. Selain itu, faktor hormon juga bisa menjadi penyebabnya.

Kenali hidung tersumbat saat hamil

Jika Anda tidak memiliki gejala lain selain hidung tersumbat, bisa jadi rinitis selama kehamilan. Tapi jika Anda mengalami demam, bersin, batuk, sakit tenggorokan, sakit ringan atau mungkin kelenjar ludah bengkak, kemungkinan besar Anda menderita flu atau infeksi lainnya.

Selain itu, sinusitis juga sering terjadi pada wanita hamil dengan gejala seperti demam, sakit kepala, hidung biru atau kuning, nyeri wajah, nyeri rahang, atau penurunan indera penciuman. Dokter jika ada ekspresi di atas.

Di sisi lain, jika Anda memiliki pilek, disertai dengan bersin dan mata gatal, hidung, tenggorokan, telinga, Anda mungkin alergi. 

Alergi selama kehamilan sering tidak dapat diprediksi, dan Anda mungkin tiba-tiba peka terhadap alergen atau stimulan tertentu yang sebelumnya tidak Anda hadapi.

Tentu saja, tidak selalu mungkin untuk menentukan alasan utama hidung tersumbat ini, tapi mungkin juga ketidaknyamanan ini disebabkan oleh resonansi banyak penyebab seperti Anda bisa mendapatkan alergi dan peradangan. hidung selama kehamilan.

Perawatan Hidung Buntu dan Pilek

Anda mungkin ingin mencoba hal berikut untuk mengurangi ketidaknyamanan kongesti hidung:
  1. Minumlah banyak cairan dan tidur dengan kepala setinggi lutut saat Anda tidur: Gunakan bantal tambahan untuk mengangkat kepala saat berbaring untuk istirahat atau tidur, yang juga membantu meredakan mulas.
  2. Uap air hangat: Uap untuk sementara meredam stuffiness dan membantu memudahkan pernapasan. Anda bisa mencoba mandi hangat dan merasakan uap panas di kamar mandi atau melembabkan handuk dengan air panas, oleskan pada wajah Anda, dan hirup.
  3. Semprotkan semprotan hidung: Semprotkan atau tetes beberapa tetes seperti yang diarahkan ke setiap sisi hidung dan dalam lima atau sepuluh menit Anda bisa meniup hidung Anda lebih mudah.
  4. Gunakan humidifier: Pelembab memberikan kelembaban ekstra untuk udara dan tetap dekat dengan kepala ranjang saat tidur di malam hari. Harus dibersihkan sesuai dengan petunjuknya, ganti air setiap hari agar tidak menciptakan lingkungan yang ideal agar bakteri tumbuh. Anda juga harus mengganti filter secara teratur.
  5. Latihan dan olahraga: Hindari berolahraga di luar rumah pada hari-hari ketika udara tercemar, yang bisa mengiritasi hidung dan memperburuk kondisi.
  6. Hindari stimulan: Stimulan seperti asap rokok, alkohol, cat, atau hal-hal yang memicu gejala Anda.


Obat hidung tersumbat yang bisa digunakan pada ibu hamil

Jika hidung tersumbat yang terus-menerus membuat Anda menderita, bicarakan dengan dokter Anda tentang gejala dan mintalah perawatan prenatal yang tepat dan aman.

Cara terbaik adalah menghindari minum obat selama trimester pertama kecuali jika benar-benar diperlukan, seperti untuk kontrol asma, dan diresepkan oleh dokter Anda.

Jika dokter Anda setuju, Anda bisa mencoba dekongestan. Namun, menghindari penggunaan semprotan hidung bisa menyebabkan reaksi balik dan kondisi Anda memburuk.

Dengan belajar tentang "Cara Mengobati Hidung Tersumbat dan Pilek Saat Hamil" pada artikel diatas, diharapkan ibu dapat menjaga kesehatan dan kehamilannya.

Semoga informasi kesehatan kami bermanfaat untuk kesembuhan Anda.

Info Terkait

Previous
Next Post »