50 Tips dan Trik Terbaik Untuk Membantu Kesehatan Ibu Hamil

tips ibu hamil sebelum masa persalinan datang


Sobat secangkir terapi, ibu hamil memerlukan kesehatan yang prima agar dapat melakukan aktivitas dengan normal dan tanpa kendala, dimana beban berat di perut tidak menjadikan dia lemah dalam melakukan aktivitas sehari - hari.

Panduan Ibu Hamil Lengkap

Ibu hamil juga harus dapat mengendalikan emosi selama masa kehamilannya, menjaga pola makannya, menjaga dari trauma fisik dan menjaga bayi dalam kandungan ibunya tetap sehat dan tetap nyaman selama masa persalinan yang akan datang.

Tips untuk membantu ibu hamil menjadi sehat telah dirangkum pada artikel di bawah ini, yang pasti akan berguna bagi ibu hamil. 

Wanita hamil tentu ingin memiliki kehamilan yang sehat, mengurangi gejala kelelahan dan ketidaknyamanan saat hamil serta menginginkan bayi lahir dengan sehat. Karena itu, tips ini akan menjadi kunci untuk mencapai keinginan para ibu. Silakan simak tipsnya berikut ini:

Tips Terbaik untuk Membantu Kesehatan Ibu Hamil

1. Mencari pelatihan ibu hamil.
2. Mulailah mengubah kebiasaan makan Anda, memikirkan makanan yang lebih bergizi.
3. Olahraga. Ini akan membantu Anda untuk memiliki tubuh yang sehat dan kuat dan membantu meminimalkan keguguran di kemudian hari.
4. Belajar tentang hamil.
5. Makan sayuran yang belum pernah Anda makan dalam hidup Anda.
6. Baca buku tentang ibu hamil.
7. Pahami efek pil KB.
8. Berhenti merokok jika Anda seorang perokok. Ada banyak program dan metode untuk membantu Anda berhenti merokok, cobalah menggunakannya.
9. Suplemen vitamin 0.4mg asam folat di setiap tablet untuk dikonsumsi setiap hari.
10. Minta pasangan Anda untuk berpartisipasi dalam pengembangan rutin perawatan kesehatan kehamilan.
11. Perhatikan siklus menstruasi Anda dengan seksama. Ini akan membantu menghitung waktu ovulasi dan waktu yang paling tepat untuk kehamilan.
12. Jika Anda perlu mencari pelatihan kehamilan, cari dan bertemu sebelum Anda hamil.
13. Minta saran teman dan keluarga Anda tentang bagaimana menjadi hamil dan menjadi orang tua.
14. Hindari semua obat yang dapat mempengaruhi bayi. Identifikasi dan hindari zat berbahaya ini di rumah, di kantor atau di lingkungan yang sensitif.
15. Lakukan pemeriksaan gigi sebelum Anda hamil dan sikat gigi secara teratur setiap hari untuk mencegah sakit gigi selama kehamilan atau menyusui.
16. Saat memeriksa kesehatan Anda, beritahu dokter Anda bahwa Anda sedang ingin hamil untuk menghindari pengobatan atau pemeriksaan kehamilan berbahaya lainnya.
17. Hentikan kucing yang membesar di dalam rumah karena kontak dengan bulu, kotoran yang membuat Anda terinfeksi parasit dapat menyebabkan keguguran di kemudian hari.
18.Ingatlah bahwa sejak awal kehamilan hingga kelahiran bayi Anda, akan memakan waktu hampir satu tahun penuh, jika Anda berada di usia 35 tahun. Jangan lupa tanyakan kepada dokter Anda tentang persiapan kehamilan.
19. Usahakan tidak sama sekali minum alkohol, merokok, makan lebih banyak sayuran, pertahankan gaya hidup sehat .
20. Perhatikan kehamilan saat Anda siap.
21. Bicarakan dengan orang tua Anda, diskusikan apa yang ingin Anda pelajari dari orang tua tentang kehamilan.
22. Istirahatlah yang cukup. Tidur siang lah saat Anda merasa mengantuk.
23. Mulai membuat catatan harian tentang kehamilan.
24. Jangan gunakan obat untuk gejala umum seperti mual, sakit maag, konstipasi. Sebagai gantinya, kerjakan terapi lain.
25. Minum lebih banyak air setiap hari.
26. Membaca buku.
27. Yoga atau kelas kebugaran lainnya.
28. Selalu periksa kesehatan secara teratur. Ini akan membantu Anda mengetahui bahwa Anda hamil sesegera mungkin dan juga mendeteksi adanya kelainan pada kesehatan Anda.
29. Pelajari antenatal sesegera mungkin.
30. Ingatlah untuk menambahkan 300-500 kalori per hari saat Anda hamil.
31. Kunjungi rumah sakit atau tempat kelahiran untuk memilih tempat terbaik.
32. Identifikasi dengan cepat tanda-tanda persalinan prematur atau kelainan lainnya pada kehamilan untuk segera memberi tahu dokter atau dokter Anda.
33. Berbicara dengan bidan atau seseorang yang memiliki pengalaman melahirkan. Orang ini akan berada di sisi Anda dan membantu Anda melahirkan anak dengan lebih mudah dan aman.
34. Catat buku harian diet Anda untuk memastikan bahwa Anda memiliki makanan yang tepat dan memuaskan.
35. Hindari kerja keras. Jika Anda perlu menjadwal ulang atau mendekorasi rumah Anda, mintalah bantuan kerabat atau teman Anda.
36. Pastikan pengasuh anak untuk merawat bayi baru.
37. Pelajari lebih lanjut tentang kelas persalinan. Cara terbaik adalah belajarlah mulai dari awal kehamilan, mengingat semua teknik yang membantu mengurangi rasa sakit saat lahir.
38. Berenang akan baik untuk kesehatan selama kehamilan. Ini membantu Anda rileks dan meringankan rasa sakit, merasakan tubuh lebih lembut.
39. Pelajari lebih lanjut tentang menyusui. Pastikan Anda tahu semua teknik memegang dan menyusui.
40. Peregangan tungkai sebelum tidur untuk menghindari kram.
41. Tetap berolahraga, bahkan saat Anda lebih berat dan lebih lambat. Ini membantu Anda pulih lebih baik setelah lahir.
42. Tulislah rencana kelahiran. Tuliskan apa yang perlu Anda klarifikasi, persiapkan, atau bantu. Mintalah pelatih Anda melihat rencana ini untuk mendapatkan lebih banyak saran dan bagikan rencana ini dengan teman-teman yang berencana mengunjungi anak Anda.
43. Siapkan kamera Anda, camcorder untuk menangkap momen besar dalam hidup Anda.
44. Lakukan pernapasan secara merata, rileks kapan pun Anda bisa. Cobalah setidaknya sekali sehari.
45. Miringkan, gerakan pelvis mengurangi nyeri punggung pada akhir kehamilan. Ini akan membantu Anda mengurangi rasa sakit sekaligus melahirkan di tempat yang tepat.
46. ​​Siapkan dokomen jika Anda lahir di rumah sakit atau pusat kesehatan. Jangan lupa membawa kartu asuransi, akte kelahiran, kamera, rencana kelahiran.
47. Kaji ulang tanda-tanda melahirkan.
48. Potret diri Anda sebelum bayi Anda lahir.
49. Baca cerita tentang persalinan.
50. Berbahagialah ketika Anak lahir.


Tip untuk ibu hamil menjadi sehat yang diperkenalkan di atas mencakup persiapan kehamilan, periode janin dan prenatal awal.

Karena itu, agar siap memiliki buah hati, para wanita dan terutama ibu hamil disarankan untuk memperhatikan tips pada artikel diatas, agar ibu dan bayi menjadi sehat.

Semoga artikel kami membantu Anda sebelum proses persalinan, terimakasih.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel