Tips Melatih Pasien Jalan Dari Kursi Roda Ke Paralel Bars -->

Tips Melatih Pasien Jalan Dari Kursi Roda Ke Paralel Bars

cara melatih berdiri pasien dari kursi roda ke paralel bar




Sobat secangkir terapi, pasien dengan kelumpuhan ekstremitas bawah dan duduk pada kursi roda perlu kita berdayakan kesehatannya dengan cara melatih jalan di paralel bars.

Paralel bar adalah sebuah alat untuk latihan simulasi berjalan pasien dimana sisi  kanan dan kiri alat tersebut membentang horisontal 2 buah pipa/kayu panjang yang berfungsi untuk pegangan pasien supaya pasien tidak jatuh ke sisi kanan atau kiri.

Penggunaan paralel bar berfungsi untuk mengontrol jalan pasien serta melatih cara jalan yang benar agar pasien dapat mengatur langkah dan irama sewaktu berjalan.

Penderita yang sudah kuat ekstremitas punggung dan pinggulnya perlu dilatih untuk berdiri dan kemudian dilatih berjalan, mengenai bahasan disini kita melatih pasien dari kursi roda ke posisi berdiri dan berjalan.

Namun banyak dari rekan-rekan sejawat atau keluarga pasien tidak mengetahui cara yang benar dalam melatih pasien dari kursi roda ke berdiri dan berjalan. Maka disini saya akan memberikan tips untuk melatih pasien agar mereka dapat diberdayakan dalam latihan berjalan.

Cara Melatih Pasien Jalan Dari Kursi Roda Ke Paralel Bars

  1. Kita harus menempatkan kedua tangan di area pantat/bokong pasien dengan posisi membungkuk (lihat gambar).
  2. Pasien yang duduk di kursi roda memeluk kita dengan erat menggunakan kedua tangan pada posisi melingkari punggung belakang kita atau tepat melingkar di bawah leher (lihat gambar).
  3. Pastikan bahwa kaki pasien harus lurus dan pengunci kursi roda sudah di locked sehingga tidak bergerak.
  4. Perlahan kita angkat pasien dari kursi roda dan pasien mengikuti gerakan ayunan mengangkat dengan posisi tangan pasien masih memeluk erat melingkari punggung atas kita (lihat gambar).
  5. Jika pasien gemuk maka pasang kuda-kuda kaki kita boleh kaki kanan / kiri jadi tumpuan kebelakang supaya berat badan pasien bisa kita angkat dengan kuat.
  6. Giring pasien ke paralel bars dengan cara merubah posisi kita yang tadinya didepan pasien pindah kebelakang punggung pasien dan posisi tangan kita memegang erat pada pinggang pasien, dilanjutkan langkah maju kita menuju pasien sehingga gerakkan reflek langkah kita menyentak pasien untuk melangkahkan kaki menuju paralel bars. (lihat gambar d).
  7. Instruksikan kedua tangan pasien memegang erat sisi kanan dan kiri pegangan paralel bars.
  8. Disinilah kita bisa mereview postur pasien apakah dia ada skoliosis, lordosis atau posisi postur yang salah sewaktu berdiri yang berakibat pada bad postur.
  9. Ajari jalan pasien di paralel bars supaya dia mudah mengontrol keseimbangan dan langkah jalan sehingga pasien mudah dalam mengontrol tubuh dan keseimbangan gerak sewaktu melangkahkan kaki.
  10. Review langkah jalan yang salah dan perbaiki pola jalannya sehingga pasien dapat mengontrol keseimbangan dan pola jalannya.

Demikian tips singkat melatih pasien dari kursi roda ke paralel bars, sehingga memudahkan pasien dalam melatih anggota gerak bawahnya.


DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.