Olahraga Duduk Berdiri Pasien Di Kursi Roda

Olahraga Duduk Berdiri Pasien Di Kursi Roda

cara melatih penderita lumpuh di kursi roda dengan cara yang benar


Sobat secangkir terapi, pasien yang mengalami kelemahan di  kursi roda seharusnya dilatih dengan cara latihan duduk dan berdiri seperti contoh di gambar.

Latihan duduk berdiri dapat melatih penguatan otot punggung dan otot panggul sehingga memudahkan pasien kedepan untuk mobilisasi berdiri.

Cara olahraga duduk berdiri pasine perlu dilakukan agar pasien terbiasa melakukan latihan diatas dan mudah untuk dilatih ke tahap berjalan.

Kelemahan pada punggung dan pada tungkai berpengaruh pada pola geraknya sehingga terkadang pasien malas untuk menggerakkan betisnya dan punggungnya.

Cara Melatih Pasien Duduk Berdiri di Kursi Roda Yang Benar 

  1. Tempatkan bantal di atas dudukan kursi roda dan kunci ban kursi roda supaya ban tidak tergelincir.
  2. Latihlah pasien dengan mengangkat bokongnya 3x dulu jika kuat 8x dengan kaki lurus dan tangan kanan pasien memegang pegangan kursi roda (lihat gambar).
  3. Latihan ini paling baik dilakukan sehari 2x atau pagi sore supaya pasien dapat diberdayakan akan kesehatannya.
  4. Sebelumnya lihat kekuatan ototnya jika pasien lemah di ekstremitas tangan jika lemah memang harus dihentikan latihan ini mengingat pasien belum mampu mengangkat.
  5. Jika pasien kuat dengan pegangan di kursi roda maka tahap selanjutnya pasien haruis dilatih di bawah atau di lantai namun pegangan masih erat di kursi roda menggunakan bantal sebagai alas dudukan (lihat gambar).
  6. Latihan mengangkat bokong berdiri ke duduk diatas lantai dilakukan sehari 2x minimal 3x jika kuat 8x naik turun (lihat gambar)

Demikian latihan duduk berdiri ini supaya pasien dapat di berdayakan kesehatanya dan olahraga ini berguna untuk menguatkan otot punggung dan otot paha pada penderita.

Manfaat latihan ini untuk menunjang pasien supaya kedepannya dapat dilatih mobilisasi berjalan.


Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel