Tips Membangunkan dan Mendudukkan Pasien Dari Kursi Roda Ke Bed

membangunkan pasien dari kursi roda (wheel chair) yang benar

Sobat secangkir terapi, membangunkan pasien dari kursi roda sangat penting untuk menjaga pasien dari nyeri dan sakit saat pengangkatan tubuh pasien.

Pengangkatan tubuh yang salah berakibat pada nyeri dan sakit sewaktu mengangkat (lifting pasien) dari kursi roda ke berdiri.

Cara terbaik yang bisa dikerjakan yaitu pasien harus kooperatif dengan keluarga/perawat/terapis agar dengan mudah berdiri tanpa keluhan sakit dan nyeri.


Cara membangunkan pasien yang benar dari kursi roda (wheel chair)

  1. Tempatkan kedua tangan kita di bokong atau tulang sacrum posterior pasien (lihat gambar).
  2. Posisi terapis harus membungkuk sedikit atau pasang kuda-kuda yang kuat jika pasien gemuk boleh kaki kanan yang didepan dan kaki kiri menjadi tumpuan atau kaki kanan yang menjadi tumpuan kuda-kuda.
  3. Angkat perlahan pasien dari posisi duduk ke berdiri dan tangan kita tetap memgang erat di bokong (tulang sacrum posterior).
  4. Jika sudah berdiri pastikan pasien tidak merasa pusing, mual dan muntah.
  5. Cara agar pasien berjalan adalah kita pindah pegangan dari bokong ke tulang sacrum lateral atas (di pinggang kanan dan kiri) posisi kita tetap dibelakang pasien dan jalankan pasien kedepan atau kebelakang.
  6. Cara mendudukkan pasien dari posisi berdiri adalah tangan kita harus dipindah dari pinggang ke punggung belakang pasien dengan posisi kita sedikit membungkuk dan jika pasien gemuk pasang kuda-kuda agar kekuatan kaki kita tidak goyang (lihat gambar).
  7. Setelah pasien duduk di kursi atau bed maka tugas lifting pasien dari kursi roda selesai.

Catatan Posisi

  • Mengangkat atau memindah pasien dari kursi roda ke bed terkadang membuat pasien menjadi sakit dan nyeri jika penanganan lifting (pengangkatan) tidak benar.
  • Pasien yang gemuk memerlukan force yang kuat saat mobilisasi pasien, maka memasang kuda-kuda yang kokoh membuat pasien mudah untuk di pindah.
  • Saat terjadi pusing, mual dan muntah adalah pertanda tekanan darah pasien naik sehingga harus segera di istirahatkan dengan cara berbaring karena pengaruh gerakan ortolastik yang menyebabkan tensi menjadi naik.

Demikian cara membangunkan dan mendudukkan pasien dari kursi roda ke bed yang benar sehingga pasien tidak terjadi salah gerakkan yang mengakibatkan sakit / nyeri karena salah dalam lifting mobilisasi.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel