Tips menurunkan kolesterol tinggi lewat makanan

Tips menurunkan kolesterol tinggi lewat makanan

Kolesterol tinggi mengahantui anak-anak dan orang dewasa, batas sehat kolesterol dewasa adalah 200mg/hari

Sobat secangkir terapi, seperti uraian artikel sebelumnya tentang kolesterol dibedakan menjadi HDL, LDL, VLDL, Trigilserida yang terbentuk menjadi lemak dan dibawa oleh protein melalui darah menyebar kedalam pembuluh darah sobat.

Makanan yang mengandung kaya kolesterol, seperti telur, udang, dan lobster sudah tidak lagi terlarang untuk di konsumsi. Penelitian diet di Amerika menunjukkan bahwa kolesterol yang kita makan hanya memiliki efek kecil pada kadar kolesterol darah bagi kebanyakan orang.

Ada beberapa orang yang meningkat tekanan darahnya setelah mengkonsumsi telur, namun untuk sebagian besar hal tersebut tidak menjadi masalah. Penyebab naiknya tekanan darah karena tingginya kolesterol yang terkandung dalam lemak jenuh dan lemak trans sehingga menjadi kekhawatiran yang lebih besar bagi penderita tekanan darah dan jantung.

Batas kolesterol harian untuk orang sehat adalah:
  • 300 mg untuk orang sehat 
  • 200 mg untuk mereka yang berisiko tinggi.  Satu telur mengandung 186 mg kolesterol. 

Apa sumber kolesterol itu ?
Kolesterol berasal dari dua sumber utama  yaitu:
  1. Tubuh
  2. Makanan 
Menurut dr.  David T. Derer, MD penyebab tingginya kolesterol bukanlah dari makanan yang dia konsumsi, melainkan dari dalam tubuhnya sendiri, sebab beberapa orang mewarisi gen yang memicu terlalu banyak produksi kolesterol. 

Bagi orang lain, diet adalah penyebab utamanya. Lemak jenuh dan kolesterol terjadi pada makanan berbasis hewani, termasuk daging, telur, dan produk susu yang dibuat dari susu. Dalam banyak kasus, kolesterol tinggi berasal dari kombinasi diet dan genetika.

Ada bukti bahwa kolesterol bisa mulai menyumbat arteri selama masa kanak-kanak, menyebabkan aterosklerosis dan penyakit jantung di kemudian hari. Menurut  journal kesehatan American Heart Association  merekomendasikan anak-anak dan remaja dengan kolesterol tinggi harus mengambil tindakan secepatnya untuk menurunkannya.

Idealnya, kolesterol total harus di bawah 170 pada orang berusia 2 sampai 19 tahun. Kolesterol tinggi adalah salah satu faktor risiko utama penyakit arteri koroner, serangan jantung, dan stroke. Hal ini juga nampak meningkatkan risiko penyakit Alzheimer.

Seperti yang kita lihat sebelumnya, kolesterol tinggi menyebabkan penumpukan plak yang menyempit arteri. Ini berbahaya karena bisa membatasi aliran darah. Jika suplai darah ke bagian jantung atau otak benar-benar terputus, hasilnya adalah serangan jantung atau stroke akan menimpa anak - anak dan remaja usia 2-19 tahun.

Tips buat sobat secangkir terapi yang mempunyai tinggi kolesterol

Perubahan pola makan Anda memberikan solusi yang ampuh untuk melawan kolesterol tinggi. Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa beberapa sereal memberikan solusi tentang kesehatan jantung Anda, itu dikarenakan terdapat serat dalam sereal tersebut. 

Serat seperti sereal ditemukan dalam banyak makanan yang membantu sobat secangkir terapi mengurangi LDL, kolesterol jahat. 

Sumber serat yang baik terdapat dalam roti gandum dan sereal, oatmeal, buah-buahan, buah kering, sayuran, dan kacang polong seperti kacang merah dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi lebih dari 35% kalori harian Anda berasal dari lemak. 

Tapi tidak semua lemak sama. Lemak jenuh yang berasal dari produk hewani dan minyak goreng dari produk sawit meningkatkan kolesterol LDL. Lemak trans membawa efek ganda yang meningkatkan kolesterol jahat, sekaligus menurunkan kadar HDL yaitu kolesterol baik. 

Dua lemak buruk ini banyak ditemukan pada makanan panggang, makanan yang digoreng (donat, kentang goreng, keripik), margarin dan margarine. Lemak tak jenuh bisa menurunkan LDL bila dikombinasikan dengan perubahan diet sehat lainnya. Mereka ditemukan di dalam alpukat, minyak zaitun, dan minyak kacang.

Daging dan susu yang berlemak menawarkan banyak protein, tapi juga merupakan sumber utama dari kolesterol. Anda mungkin bisa mengurangi kolesterol LDL dengan beralih ke protein kedelai, seperti tahu dan tempe, pada beberapa makanan.

Ikan adalah pilihan lain. Beberapa varietas, seperti salmon, kaya akan asam lemak omega-3, yang bisa meningkatkan kadar kolesterol. American Heart Association merekomendasikan makan ikan setidaknya dua kali seminggu.

Ada bukti bahwa diet rendah karbohidrat mungkin lebih baik daripada diet rendah lemak untuk meningkatkan kadar kolesterol. Dalam studi dua tahun yang didanai oleh National Institutes of Health, orang-orang yang mengikuti rencana rendah karbohidrat memiliki tingkat HDL (kolesterol baik) yang jauh lebih baik daripada mereka yang mengikuti rencana rendah lemak.

Jenis makanan tertentu dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Makanan tersebut termasuk sterol, jelai dan serat gandum (quicker oat) dan teh hijau.

Sumber:

WebMD
Buku : Sehat dan terbebas dari resiko jantung

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.