Olahraga dan Latihan dapat menurunkan Kolesterol Jahat -->

Olahraga dan Latihan dapat menurunkan Kolesterol Jahat

latihan dan olahraga dapat  menurunkan kolesterol



Latihan dan Olahraga


Sobat secangkir terapi, seperti ulasan sebelumnya mengenai makanan yang harus dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL), maka dalam ulasan kali ini saya akan berbagi tips untuk menurunkan kolesterol dengan cara latihan dan olahraga.

Menurut dr. David T. Derrer MD Jenis Latihan dan Olahraga untuk menurunkan kolesterol.

Latihan dan olahraga membantu tubuh Anda dalam mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) yang tertimbun setiap harinya di dalam tubuh, jika tidak dikontrol maka akan berpotensi mengakibatkan datangnya penyakit jantung dan timbulnya penyakit kardiovaskular lainnya.

Jika Anda sehat tapi tidak terlalu aktif dalam bergerak maka pilihan yang tepat untuk Anda dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yaitu lewat olahraga dan latihan.

Pemilihan Latihan dan Olahraga

Pemilihan latihan juga tidak boleh sembarangan lho sobat secangkir terapi, latihan aerobik dan senam zumba dipercaya dapat meningkatkan kolesterol baik Anda (HDL) sebesar 5% dalam dua bulan pertama.

Olahraga teratur juga menurunkan kolesterol jahat (LDL). Pemilihan aktivitas yang meningkatkan detak jantung Anda, seperti berlari, berenang, atau berjalan cepat dan tinju setidaknya 30 menit pada hampir setiap hari dalam seminggu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Olahraga mampu menurunkan kolesterol jahat lewat proses metabolisme tubuh yaitu pembakaran lemak jahat yang tertimbun didalam jaringan pipa pembuluh darah Anda (kardiovaskuler) dan dikeluarkan lewat keringat.

Pastikan Anda  mampu mengalokasikan waktu dan tenaga untuk latihan dan olahraga diatas. Tidak harus 30 menit kontinu (teratur) namun jika tidak sempat (tiadanya waktu), sobat boleh latihan jalan selama 15 menit dan diusahakan agar jalan cepat untuk meningkatkan denyut adrenalin Anda dalam proses metabolisme untuk pembakaran lemak jahat (kolesterol LDL).

Gaya hidup dan diabetes penyebab tingginya kolesterol

Orang dengan tingginya kolesterol disebabkan oleh gaya hidup pasif yaitu sering pasif dan jarang untuk melakukan olahraga dan senam.

Tingkat pekerjaan yang menuntut mereka untuk pasif dalam kegiatannya ataupun juga karena kita dimanjakan oleh fasilitas kehidupan yang membuat kita menjadi pasif kegiatan dalam kesehariannya.

Banyak orang mampu menurunkan kadar kolesterol melalui kombinasi pengobatan dan perubahan gaya hidup. Tapi seberapa rendahnya cukup rendah?

Bagi penderita diabetes dan berisiko tinggi terkena penyakit jantung, skor LDL kurang dari 100 sangat dibutuhkan. Jika Anda sudah memiliki penyakit jantung atau penyakit arteri koroner, beberapa dokter menyarankan untuk menurunkan LDL menjadi 70 atau bahkan bisa lebih rendah.

Penyakit diabetes kronis dan obesitas juga menjadikan penderitanya untuk pasif dalam kegiatan olahraga dan latihan karena mereka lebih suka untuk berdiam ditempat dan malas untuk melakukan kegiatannya.

Tips buat sobat secangkir terapi dalam menurunkan kolesterol lewat olahraga dan latihan


Jika Anda sudah menemukan olahraga yang cocok untuk Anda maka jadwalkan waktu dalam seminggu untuk melakukan olahraga ataupun senam. Seminimal 30 menit dalam 2x seminggu.

Jika tidak ada waktu karena menumpuknya aktivitas maka usahakan untuk jalan cepat minimal 15 menit dalam sehari untuk mengolahragakan adrenalin Anda, jadi bukan jalan santai ataupun lari. Namun jalan dengan langkah cepat seperti setengah lari.

Hal tersebut menurut anjuran dr. David T. Derrer MD dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan mendorong tubuh untuk aktif bergerak dalam melakukan metabolisme tubuh.

Sumber:

WebMD
Ebook: Olahraga Untuk Penderita Jantung Koroner.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.