Mengenal Kolesterol dan Penyumbatan Oleh Arteriosclerosis

Mengenal Kolesterol dan Penyumbatan Oleh Arteriosclerosis

kolesterol terdiri dari HDL, LDL dan Trigilserida
Source Pic: WebMd
Sobat secangkir terapi, seperti uraian artikel sebelumnya tentang kolesterol, timbulnya plak kolesterol di dalam arteri darah menyebabkan terjadinya arteriosclerosis yang memicu terjadinya penyakit jantung.

Mengenal Jenis Kolesterol

Menurut dr. David T. Derer, MD. Sebagian besar kolesterol dalam darah dibawa oleh protein.

1. Kolesterol Jahat

LDL disebut juga sebagai kolesterol jahat karena dikombinasikan dengan zat lain untuk menyumbat arteri. Diet tinggi lemak jenuh dan lemak trans cenderung meningkatkan kadar kolesterol LDL. Bagi kebanyakan orang, skor LDL di bawah 100 adalah sehat, namun untuk penderita penyakit jantung mungkin harus melakukan diet untuk menurunkan kadar kolesterol LDL di bawah nilai 100.

Kolesterol jahat dibawa oleh darah sebanyak 2/3 bagian yang membentuk low density lipoprotein (LDL), sehingga sebagian besar kolesterol dibawa oleh darah dalam bentuk kolesterol jahat.

Mengenai kadar LDL dibawah 100 maka orang menjadi sehat. Untuk batas kadar LDL tiap orang ukuran :

  • 101-129 dalam batas kadar kolesterol mendekati normal
  • 130-159 dalam batas kadar kolesterol sedang
  • 160-189 dalam batas kadar kolesterol tinggi
  • 190 >     dalam batas kadar kolesterol sangat tinggi dan berbahaya

2. Kolesterol Baik

HDL disebut juga kolesterol baik karena dapat menghilangkan kolesterol jahat dan mencegah terjadinya plak yang tertinggal di dalam arteri darah. Semakin tinggi kadar kolesterol HDL maka semakin sehat orang tersebut untuk terjangkitnya penyakit jantung.

Mengkonsumsi lemak nabati yang sehat seperti minyak zaitun bisa meningkatkan kadar HDL dalam darah dan memerangi terjadinya plak yang melekat dalam arteri darah yang disebabkan oleh kolesterol jahat.

Kolesterol baik dibawa oleh darah sebanyak 1/3 yang membentuk high density lipoprotein (HDL), sehingga sebagian kecil kolesterol dibawa oleh darah dalam bentuk kolesterol baik.

Mengenai kadar HDL diatas nilai ( > 60 ) maka orang akan semakin sehat dan bugar. Untuk ukuran tiap orang.

  • Pria batas kadar kolesterol terendah HDL = 40 
  • Wanita batas kadar kolesterol terendah HDL = 50
Jika dibawah itu maka resiko terjadinya arteriosclerosis akan semakin besar.

3. Trigilserida

Tubuh mengubah kelebihan kalori, gula, dan alkohol menjadi trigliserida, sejenis lemak yang dibawa dalam darah dan disimpan di sel lemak di seluruh tubuh. Orang yang kelebihan berat badan, tidak aktif, perokok, atau peminum berat cenderung memiliki trigliserida tinggi,

Orang yang mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang tinggi juga akan diubah oleh tubuh menjadi lemak berupa trigilserida.

Skor trigliserida 150 atau lebih tinggi membuat Anda berisiko terkena sindrom metabolik, yang terkait dengan penyakit jantung dan diabetes.


Pengukuran kolesterol total

Total kolesterol yaitu pengukuran kadar LDL, HDL, dan VLDL (low density lipoprotein) dalam aliran darah Anda. 

VLDL adalah pendahulu LDL, kolesterol jahat. VLDL dan LDL itu di ibaratkan seperti adik dan kakak yaitu duluan masuk aliran darah VLDL (very low density lipoprotein) daripada LDL yang keduanya adalah kolesterol jahat.

Untuk jumlah total kolesterol diatas 200 dinilai orang berpotensi terkena penyakit jantung. Apabila Anda mempunyai skor total kolesterol dibawah 200 maka Anda berpotensi sehat dan bugar.

Pengukuran kolesterol total:
  • Dibawah 200 = normal
  • Antara 200 - 239 = dalam batas tinggi
  • Diuatas 200 = tinggi dan berbahaya

Mengetahui ratio kadar kolesterol Anda

Untuk menghitung rasio kolesterol Anda, bagilah kolesterol total Anda dengan kolesterol HDL. Contoh: skor total kolesterol Anda bernilai 200 dibagi dengan skor HDL sebesar 50 sama dengan rasio kolesterol 4 sampai 1. Dokter menyarankan untuk mempertahankan rasio 4 banding 1 atau lebih rendah.

Semakin kecil rasionya, semakin baik dan sehat Anda. Sementara angka ini bermanfaat dalam memperkirakan risiko penyakit jantung, namun hal itu tidak begitu penting dalam melaksanakan pengobatan.

Biasanya dalam pengobatan dokter melihat:
  • Kolesterol total, 
  • Kolesterol HDL
  • Kolesterol LDL untuk menentukan pengobatan.

Proses terbentuknya arteriosclerosis

Butuh bertahun-tahun agar kolesterol tinggi menyumbat arteri dengan plak. Namun ada bukti bahwa aterosklerosis merupakan biangnya dibalik itu, setidaknya sampai tingkat tertentu. 

Dalam penelitian terbaru oleh dr. Dean Ornish, MD, telah melakukan beberapa percobaan dan pengkajian yang mendalam didapatkan sesuatu yang mengejutkan bahwa dengan melakukan tips dibawah ini sobat secangkir terapi dapat mengurangi penumpukan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam arteri koroner. 
  • Diet vegetarian rendah lemak, 
  • Manajemen stres, dan 
  • Olahraga ringan 
Penelitian lain mendukung gagasan bahwa tetes kolesterol dalam jumlah yang banyak dapat membantu membuka arteri yang tersumbat.

Sumber:

WebMD
Buku: Sehat dan terbebas dari resiko jantung

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel