Manajemen Puasa Agar Produktifitas Kerja Optimal.

Sobat secangkir terapi, datangnya puasa Ramadhan merupakan berkah bagi umat muslim di dunia. Puasa menjaga perilaku syahwat dan pola makan kita sehari - hari. Nikmatnya puasa, kita dapat melakukan ibadah yang mulia tanpa meninggalkan pekerjaan dan aktifitas sehari - hari dalam mencari nafkah dan menyalurkan hobi sesuai keinginan masing - masing.

Dikala puasa, sobat tentu akan mengalami perubahan dimana kebiasaan makan dan minum di tahan selama wakru 14 jam untuk tidak melakukan hal tersebut. Pastinya bagi sebagian orang, awal puasa akan menjadikan hal berat dan memaksa kita beradaptasi dengan perut kosong dan tidak terisi.

Alangkah nikmatnya saat melakukan ibadah mulia ini kita tetap dapat menjalani aktifitas sehari-hari dengan kondisi yang segar bugar dan pekerjaan kita optimal. Bagi sebagian orang yang dalam keseharian puasa hanya bermalas - malasan dirumah atau tidur mungkin tidak terasa berat, namun bagaimana dengan orang yang rutin bekerja seharian pada saat menahan haus dahaga ! 

Manajemen Puasa Agar Produktifitas Kerja Optimal

Ketika Sahur
  1. Sebaiknya hindari makanan yang manis atau terlalu banyak gula, karena asupan makanan/minuman yang manis akan menyebakan tubuh yang lemas pada siang hari saat Anda berpuasa.
  2. Minuman paling baik ketika sahur adalah meminum susu, karena susu akan mencegah anemia yang menyebabkan badan lemas pada siang harinya.
  3. Menu yang disajikan sebaiknya yang mengandung air yang banyak atau buah - buahan yang tinggi kandungan airnya, sehingga tubuh tidak dehidrasi disaat puasa. 
  4. Kurma juga dapat membuat tubuh bugar seharian.
  5. Bila tidak menyukai buah saat sahur, meminum jus buah cukup baik untuk kelancaran BAB.
  6. Sebaiknya hindari fast food / makanan siap saji, seperti gorengan atau makanan pedas saat sahur karena akan mengganggu pencernaan pada siang harinya.
Saat Berpuasa
  1. Kerjakan tugas-tugas Anda dengan slowly but surely. Yaitu perlahan dan pasti.
  2. Jangan menumpuk pekerjaan yang dapat membuat Anda stres, karena stres akan menyebabkan otak lelah dan akhirnya perut terasa lebih lapar.
  3. Istirahatlah sejenak, bila pada saat jam istirahat lebih baik Anda pakai untuk tidur sejenak, 
  4. Setelah sholat zuhur adalah waktu terbaik untuk tidur sejenak. Tidur selama 30 menit di siang hari dapat membangkitkan kembali semangat dan performa Anda.
  5. Isi kegiatan yang positif di waktu Ashar dengan membaca Al-Quran atau lainnya.
  6. Melakukan olahraga ringan seperti peregangan atau berjalan kaki saat berpuasa sangat disarankan.
  7. Olahraga juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan menjaga kebugaran tubuh Anda, Selain itu membantu menjaga berat badan.
Waktu Berbuka
  1. Segerakan berbuka, dengan minuman yang manis dan buah, jangan memakan sampai perut penuh.
  2. Berbuka puasa yang terbaik adalah mengisi perut dengan 1/3 makanan ringan dan minuman segar. Setelah sholat Magrib isi 2/3 makanan yang padat dan bergizi. Seperti karbohidrat, lauk - pauk dan sayuran.
  3. Dahulukan sholat Magrib agar perut tidak kaget dan baru Anda makan makanan kesukaan Anda.
  4. Dilarang minum disaat berbuka puasa dengan minuman yang banyak mengandung karbonasi seperti soda dan kafein, karena menyebabkan perut kembung dan mual. 
  5. Setelah sholat Isya dan sholat Tarawih sebaiknya Anda gunakan untuk kegiatan positif seperti Tadarus atau membaca Al-Quran. selesaikan pekerjaan di rumah.
  6. Hindari terlalu banyak begadang malam untuk kegiatan yang tidak produktif untuk bangun sahur di pagi hari tepat pada waktunya.
Semoga manajemen puasa ini membantu Anda dalam menjalankan puasa dan pekerjaan Anda agar tetap optimal dan bergairah.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel