Senam Wajah Yang Benar Untuk Pasien Bell's Palsy Menggunakan Metode IRR dan Facial Skin Face Exercise

senam wajah untuk penderita bell's palsy

Sobat secangkir terapi, pasien yang mengalami bell's palsy akan mengalami sesuatu gangguan pada wajah berupa asimetris pada permukaan wajah seperti: wajah perot, bibir miring/perot dan mata tidak bisa merem, dahi ketarik ke salah satu sisi tubuh yang sakit.

Nah penderita wajah miring disebut juga dengan kasus penyakit Bell's Palsy Synd. dimana terjadi penekanan pada persyarafan di wajah dan memerlukan terapi modalitas dan terapi latihan dengan cara senam wajah.

Latihan Senam Wajah Untuk Penderita Wajah Miring


Hal ini jika dibiarkan dalam waktu yang lama membuat seseorang kehilangan daya elastis dan estetika di wajah dan mengganggu kecantikan Anda.

Pertama kali harus menggunakan modalitas terapi supaya terjadi pelebaran pembuluh darah dan kapiler jaringan disekitar wajah sehingga efek terepeutik akan melancarkan sirkulasi darah dan saraf di daerah wajah Anda.

Modalitas Fisioterapi Untuk Bell's Palsy

Dalam penanganan fisioterapi pada kasus bell's palsy, pada umumnya untuk pasien dengan gejala kemiringan di wajah digunakan beberapa modalitas fisioterapi meliputi:
  • Infra Red Ray (IRR).
  • Elektrikal Stimulation (ES).
  • Micro Wave Diathermie (MWD).
  • Short Wave Diathermie (SWD).
  • Massage Wajah.
  • Stretch Otot Wajah.
  • Senam Wajah.

Dalam ulasan ini, kami akan memberikan cara mengobati pasien yang mengalami kemiringan wajah (asimetris) karena kasus bell's palsy dengan menggunakan modalitas IRR dan Senam Wajah.

Penggunaan Infra Merah Untuk Penderita Bell's Palsy


Penggunaan modalitas IRR (Infra Red Ray) membantu otot dan jaringan di sekitar wajah menerima reseptor panas dari gelombang cahaya lampu IRR.

Penggunaan alat tersebut meningkatkan vasodilatasi jaringan dan merelaksasikan wajah.

Cara penyinaran IRR di wajah


lampu IRR untuk penderita bell's palsy
Penyinaran Lampu IRR ke Wajah


Penyinaran lampu IR efektifnya selama 10 - 15 menit untuk wajah dengan jarak 25 cm, setelah itu wajah harus dilakukan senam wajah dengan metode exercise skin face seperti berikut:


jenis latihan wajah untuk wajah perot atau miring
Latihan Senam di Wajah

Latihan senam wajah untuk bell's palsy

Ikuti metode dengan urut supaya terjadi penyelarasan dari senam wajah ini dimulai dari membuka wajah seperti instruksi berikut ini.
  1. Membuka wajah lebar.
  2. Menekan kedua bibir kedepan.
  3. Dinding mulut ditekan kuat seperti bersiul.
  4. Otot hidung ditekan keatas.
  5. Mata berkedip dan merem.
  6. Otot leher ditarik ke dagu.
  7. Membelokkan bibir bawah ke kanan dan ke kiri.
  8. Mengernyitkan dahi kebawah.
  9. Mengernyitkan dahi keatas.


Metode dan Teknik Tambahan Untuk Bell's Palsy


Latihan diatas dilakukan berulang kali selama 10 kali hitungan dan dilepas dengan metode kontrak rileks passive movements (CPM) dimana daya elastis skin face wajah Anda dapat kembali ke posisi semula (reposisi) dengan menggunakan teknik CPM dan metode IRR.

Cara latihan yang lain bisa digunakan dengan kombinasi 9 latihan diatas dan dipadukan dengan menggunakan penyinaran Short Wave Diathermy (SWD) atau boleh juga dengan penyinaran menggunakan Short Wave Diathermy (SWD) dimana jarak penyinaran dan intensitas waktu juga harus diperhatikan.

Konsultasikan dengan fisioterapis Anda mengenai penggunaan alat yang dipadukan antara penyinaran lampu IRR dan modalitas SWD atau MWD.


Latihan senam wajah diatas harus dibuatkan jadwal kontrol selama 3 minggu dan dalam seminggu harus disinar 2x, namun untuk latihan senam wajah dilakukan atau dilatih sehari - hari.

Demikian latihan senam wajah ini, sebelumnya konsultasikan dengan ahli fisioterapi Anda perihal latihan senam wajah dan penggunaan modalitas yang dipadukan.

Semoga informasi kesehatan diatas dapat membantu sobat secangkir terapi dalam menyembuhkan keluhan bell's palsy.
DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel