Hot Pack Pada Kasus Menstruasi (dysmenorrhea) -->

Hot Pack Pada Kasus Menstruasi (dysmenorrhea)

perawatan nyeri haid saat menstruasi datang





Perawatan Nyeri Haid Dengan Hot Pack


Siklus Menstruasi

Sobat secangkir terapi. Menstruasi adalah siklus alami pada tubuh wanita. Siklus menstruasi pertama umumnya terjadi pada gadis remaja saat mereka memasuki masa pubertas, yaitu antara usia 8-16 tahun. Siklus ini kebanyakan dimulai pada usia 12 tahun atau sekitar 2-3 tahun setelah payudara mulai tumbuh.

Menstruasi merupakan gejala yang dikeluhkan oleh kaum perempuan, tidak jarang menimbulkan nyeri dan merepotkan di saat aktivitas padat.

Pada wanita normal siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. 

Darah Menstruasi

Biasanya, menstruasi rata - rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari paling lama 15 hari. Jika darah keluar lebih dari 15 hari maka itu termasuk darah penyakit.

Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80 mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35 mL per harinya.


Gejala PMS

Sebelum jatuh H - Menstruasi akan terjadinya serangkaian Pre Menstrual Syndrome atau PMS. Penyebab PMS diduga karena adanya faktor hormonal yaitu terjadi karena tidak sempurnanya proses ovulasi yang diakibatkan tidak seimbangnya hormon. Bisa saja penyebab ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron atau dapat juga disebabkan karena estrogen dominan yang berlebih yang berasal dari luar tubuh.

Studi terbaru ditemukan, PMS disebabkan estrogen dan hormon menstruasi yang berinteraksi dengan serotin.

PMS juga dihubungkan dengan adanya asupan vitamin B, kalsium dan juga magnesium. Gejala PMS akan muncul satu atau dua minggu sebelum Anda mengalami menstruasi.

Gejala-gejala yang mungkin terjadi pada Anda akan mengalami menstruasi, yaitu:
  1. Payudara nyeri dan mengalami bengkak
  2. Mengalami pusing
  3. Pinggang terasa sakit
  4. Kembung
  5. Depresi
  6.  Kelelahan
  7. Uring - uringan atau mudah marah
  8. Nafsu makan meningkat atau suka ngemil
  9. Rasa tidak enak dan nyaman di perut dan pinggul
  10. Darah menstruasi keluar dengan deras di sela paha

menstruasi kronis menyebabkan darah haid keluar deras
Nyeri Saat Datang Bulan / Haid



Dismenore


Dismenore adalah menstruasi yang menimbulkan rasa nyeri (William F. Rayburn, M.D., 2001). Keadaan ini mengenai 60-70% dari wanita yang mengalami menstruasi.

Dysmenorrhea timbul menjelang dan selama menstruasi, ditandai dengan gejala kram pada abdomen bagian bawah.

Dismenore (dysmenorrhea) berasal dari bahasa Yunani. Kata dys : yang berarti sulit, nyeri, abnormal; meno : yang berarti bulan; dan rrhea : yang berarti aliran.

Dismenore adalah kondisi medis yang terjadi sewaktu haid / menstruasi yang dapat mengganggu aktivitas dan memerlukan pengobatan yang ditandai dengan nyeri atau rasa sakit di daerah perut maupun panggul.


Efektivitas hot pack pada kasus dismenorhoe

Ketika terjadi nyeri saat haid datang maka sobat cukup menggunakan hot pack atau kompres hangat yang diletakkan pada kuadran perut tertentu.

Efektivitas hot pack sudah teruji untuk mengurangi nyeri haid yang sobat keluhkan d isaat aktivitas padat harus ditangani segera.

Disini saya akan membagikan tutorial mengenai cara menyembuhkan nyeri saat gejala menstruasi mendera Anda.

Cara melakukan terapi hot pack seperti berikut.

1. Ambil hot pack atau kompres panas

tempatkan hot pack pada perut
Letakkan Hot Pack Pada Perut


Isi hotpack dengan air hangat 2/3 bagian, jika tidak mempunyai hot pack sobat bisa menggunakan botol aqua kosong diisi dengan air hangat temperature 45 derajat celcius sampai 2/3 isi botol.

Jika kepanasan sobat bisa balut permukaan luar botol dengan handuk kecil.

Posisi terbaik bisa posisi duduk ataupun berbaring terlentang. Tempelkan hot pack pada perut.

2. Tempatkan hotpack pada kuadran perut 7 - 9

kuadran 9 perut tempat hot pack diletakkan
Peta Kuadran Perut 

Peletakkan hot pack pada kuadran perut 7 - 9 dapat meningkatkan vasodilatasi perut bagian bawah sehingga terjadi pelepasan zat endorfin yang menyebabkan nyeri pada perut akibat dismenorhoe berkurang

3. Pertahankan posisi minimal 5 menit sampai 15 menit

Wakru berperan dalam menghantarkan pengurangan nyeri dan tambahkan air hangat lagi jika kompres pakai botol berkurang hangatnya.

4. Ganti posisi di kuadran 4 - 6

Penempatan hot pack pada kuadran 4 - 6 mengurangi kram pada perut. Penggunaan tersebut dapat merileksasikan otot dari konstipasi.

5. Lakukan senam ringan dan stretching otot pinggul

Setelah dilakukan modalitas fisioterapi, maka sobat perlu melakukan senam ringan, dimana senam tersebut dapat mengurangi ketegangan otot panggul dan kram perut.

Caranya seperti berikut.

Latihan posisi berbaring miring
Gambar 1

Gambar 1. Lakukan side lying dengan posisi diatas pertahankan minimal 30 detik sampai sekuatnya. Bola boleh diganti dengan kain yang dilipat atau guling.

penguluran otot pinggul dalam mengatasi nyeri dismenorhoe
Gambar 2

Gambar 2. Lakukan stretching otot pinggul dan regangkan pinggang Anda. Tahan posisi diatas minimal 8 x hitungan ulangi dengan kaki sebelahnya 2x bergantian.

pelemasan otot betis dan paha saat dismenorhoe datang
Gambar 3


Gambar 3. Lakukan stretching otot hamstring dan otot pelvis, posisikan seperti push up namun bukan untuk latihan push up. Tahan minimal 8x hirungan ulangi dengan kaki sebelahnya 2x bergantian.

6. Bila nyeri tidak tertahankan

Segera minum obat pereda nyeri seperti : asam penamat, mefenamat atau sejenisnya.

Bila nyeri sampai 12 jam tidak kunjung reda (sembuh) segera kunjungi dokter kandungan terdekat untuk masalah gangguan rahim. Sebagian besar kasus nyeri menstruasi reda menggunakan hot pack. Namun ada kasus yang tidak bisa reda disebabkan oleh kanker cervix ( CA Cervix ) atau kanker pada leher rahim.

Demikian tutorial yang saya berikan untuk nyeri dismenorhoe disaat menstruasi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk gadis dan ibu - ibu dalam mengatasi nyeri menstruasi.

Sumber :
  1. Wikipedia - Menstruasi.
  2. Asuhan keperawatan - Dysmenorrhea.
  3. Alodokter.com - Siklus menstruasi.
  4. Modalitas Fisioterapi - Penggunaan hot pack.
  5. Buku tugas akhir Fisioterapi - Efektivitas hot pack pada kasus Dysmenorrhea.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.