Hilangkan Bad Mood ( Galau ) dengan Latihan Stretching

Hilangkan Bad Mood ( Galau ) dengan Latihan Stretching

bad mood menyebabkan emosi dan marah besar





Perawatan Bad Mood Atau Galau


Sobat secangkir terapi, perasaan bad mood atau perasaan buruk, hanpir dirasakan oleh setiap orang. Perasaan tersebut timbul jika diri Anda mengalami benturan rasa dari dalam diri dan dari luar tubuh Anda.

Perasaan memainkan peranan penting dalam menjaga kestabilan tubuh dan emosi serta kejiwaan. Tingkat tempramen dalam jiwa seseorang bisa naik turun setiap waktu, silih berganti dan kondisi tersebut merupakan bentuk suatu mood.

Bentuk suatu mood merupakan refleksi kejiwaan seseorang.

Pernahkah Anda mengalami suasana hati yang benar - benar buruk ?

Anda membanting suatu benda, semisal membanting piring ke lantai atau tembok, membanting pintu dengan keras, memukul tembok dengan tinju tangan sendiri, melempar buku dan menghamburkan buku atau pakaian yang ditata rapi, dll. Hal tersebut merupakan luapan emosi.

Benturan rasa terjadi jika diri seseorang mengalami kejadian yang diluar keinginan sehingga mempengaruhi emosi dan kestabilan kejiwaan.

Bentuk benturan kejiwaan
  1. Benturan rasa dari dalam diri seseorang, seperti contoh : Seorang gadis yang sedang menstruasi, moodnya lagi kacau dan bawaannya uring - uringan atau marah - marah terus.
  2. Benturan rasa dari luar diri seseorang, seperti contoh : Emosinya tidak stabil ketika dia ditinggal mati oleh orang yang dicintainya.
Pasang surut rasa dialami hampir semua orang. Rasa semangat yang menggebu terjadi sewaktu mood sedang tinggi dan rasa bosan atau jenuh pasti dialami seseorang jika moodnya sedang turun.

Nah, sobat secangkir terapi saya akan membagikan tips untuk mengatasi bad mood dan boring time dengan latihan fisioterapi. Seperti berikut latihannya.

1. Kendalikan emosi Anda

Disaat emosi Anda tinggi dan terjadi bad mood maka sobat perlu menenangkan diri sejenak dan mulai mengendalikan pikiran sadar dan bawah sadar Anda.

 "Kendalikan pikiranmu maka kamu akan kendalikan hidupmu".

Caranya pejamkan mata, tarik napas panjang hembus perlahan buang pikiran yang mengganggu mood Anda masukan dalam balon udara biarkan pikiran mood Anda terbang dibawa balon ke udara dan menghilang. Sehingga sewaktu Anda membuka mata fresh lagi.

2. Putar musik yang menghentak

memutar musik yang menghentak dapat menurunkan emosi

Musik berfungsi untuk terapi rekreasi dan kejiwaan. Musik juga sebagai alternative agar emosi terluap melalui lantunan musik dan irama.

Namun pilih musik yang sesuai kondisi kejiwaan, yaitu musik menghentak dan keras mampu membakar luapan jiwa yang sedang bad mood.

3. Buku mulut Anda lebar dan tersenyum

tersenyum dapat menyembuhkan galau datau bad mood

Bayangkan Anda berada ditempat yang menyenangkan bersama alunan musik yang berdetak. Anda buka mulut dan tersenyum lebar dapat mengurangi stres psikis oleh bad mood.

4. Mulailah dengan latihan stretching leher

olahraga leher dapat meringankan ketegangan emosi

Lemaskan persendian Anda dan leher untuk latihan penguluran otot dan persendian tubuh. Caranya tarik kepala Anda kesisi kanan dan kiri bahu, serta depan dan belakang. Tahan 8x hitungan dan mulailah untuk kesisi lainnya.

5. Stretching bahu dan tangan

melemaskan bahu dan tangan dapat mencegah bad mood atau galau

Lemaskan bahu dan tangan, regangkan bahu dengan tangan ke arah depan, samping dan belakang. Sehingga penguluran tersebut dapat membantu dari ketegangan emosi. 

6. Stretching otot pinggang dan perut serta pinggul

pelemasan pinggul dan perut dapat menghilangkan emosi

Penguluran otot perut dan pinggang mampu membuat tubuh menjadi rileks dari ketegangan di pinggang dan perut. Salah satu cara agar otot perut release.

7. Stretching otot tungkai

latihan pelemasan kaki dapat mencegah galau

Peregangan otot tungkai mampu merelease ketegangan di tungkai dan melepas ketegangan stres psikologi oleh bad mood.

Catatan kasus bad mood

  1. Mengendalikan pikiran adalah salah satu cara mengendalikan diri.
  2. Studi kasus di awal tahun 1970 tentang efek endorphin, bahwa olahraga dan stretching dapat membuat tubuh mengeluarkan zat endorphin yang berfungsi untuk kesenangan dan orang akan merasa rileks dan bahagia jauh dari emosi.
  3. Efek musik dapat menenangkan jiwa yang gundah dan membakar emosi.
  4. Tersenyum membuat otot wajah berkontraksi dan menghidupkan rasa bahagia.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.