Anatomi Pembuluh Darah Manusia Lengkap

Anatomi Pembuluh Darah Manusia Lengkap

pembuluh darah manusia lengkap: arteri, vena, aorta, arteriol, dll




Pembuluh Darah Manusia


Sobat secangkir terapi, manusia mempunyai pembuluh darah yang elastis dan berbentuk pipa-pipa panjang dan berserabut, bagian dari pipa-pipa itu berukuran besar sampai kecil atau disebut pembuluh darah mini berukuran milimikron.

Pembuluh darah adalah bagian dari sistem sirkulasi darah yang menggerakan nutrisi yang diperlukan ke seluruh tubuh.

Fungsi utama pembuluh darah

Pembuluh darah berfungsi mengangkut darah ke seluruh tubuh, membawa nutrisi, darah, hormon, dan zat penting lainnya ke dan dari sel-sel tubuh untuk mempertahankan homeostasis.

Pembuluh darah juga digunakan untuk mengukur diagnostik, tekanan darah dan denyut nadi.

Pembuluh darah menyebar dan mengisi ruang di seluruh tubuh manusia. Orang dewasa memiliki panjang pembuluh darah sekitar 100.000 mil atau setara 160.934 km ketika disambung dari ujung ke ujung.

Panjang Perkiraan Pembuluh Darah Manusia

Sungguh hebat dan luar biasa panjangnya. Jarak Jakarta, Indonesia ke New york, Amerika Serikat kurang lebih 10.050 mil.

Jadi perkiraan rata - rata pembuluh darah orang dewasa adalah terbang dari Jakarta ke New york selama 5 x PP ( Pulang-Pergi).


pembuluh darah arteri dan jantung manusia
Pembuluh darah Aorta Manusia




Jenis Pembuluh Darah Utama Manusia




Arteri

Arteri adalah pipa berukuran besar atau pembuluh darah besar yang membawa oksigen dan nutrisi yang paling penting dibawa oleh darah.

Fungsi Pembuluh darah arteri

Fungsi pembuluh arteri adalah untuk mengangkut darah beroksigen dari jantung. Arteri membawa darah beroksigen dari jantung ke seluruh struktur tubuh. Pembuluh darah membawa darah terdeoksigenasi dari belakang kapiler ke jantung.

Kesamaan Arteri dan Vena

Kesamaan ciri Arteri dan vena memiliki struktur yang sama. Terdiri dari tiga lapisan: tunika intima, tunika media, dan adventitia tunika.
  • Tunika intima pada lapisan terdalam, serta tertipis. Ini terdiri dari lapisan endotelium skuamosa sederhana, dengan lapisan bawah jaringan ikat.
  • Tunika media menengah adalah lapisan paling tebal dari pembuluh darah. Ini berisi serat elastis, jaringan ikat, dan dalam beberapa pembuluh, otot polos.
  • Tunika adventitia adalah lapisan terluar dari pembuluh darah dan artieries. Ini terdiri dari jaringan ikat, dengan tidak ada epitel. Dalam pembuluh darah yang lebih besar, juga mengandung saraf dan pembuluh kapiler, disebut vaso vasorum.

Pembuluh darah arteri terdiri dari otot polos di bagian dalam dan lapisan keras di luar. Lapisan pembuluh arteri merupakan lapisan jaringan luar, lapisan otot di tengah dan lapisan sel epitel di dalam.

Arteri berjalan paralel melalui tubuh dengan kapiler yang melekat dalam struktur seperti jaring. Arteri akan relex dan berkontraksi berdasarkan sinyal dari sistem saraf. 

Aorta

Aorta adalah cabang besar dari pembuluh darah arteri yang terhubung dengan kapiler, pembuluh darah ini mempunyai bentuk besar (arteri terbesar pada manusia).

Fungsi dan Lokasi Aorta

Lokasi Aorta ada di bilik kiri Jantung sebagai penyuplai darah selain itu aorta berfungsi dalam transportasi oksigen ke seluruh tubuh manusia.

Arteriol

Arteriol adalah cabang kecil dari pembuluh darah arteri yang terhubung ke kapiler. Pembuluh ini adalah mempunyai bentuk lebih kecil dari arteri.

Fungsi Arteriol

Fungsi Arteriol adalah sama dengan arteri dapat rileks dan berkontraksi dengan sinyal dari sistem saraf. Arteriol mengambil darah dari arteri dan mentransportasi ke kapiler dalam tubuh.

Arteriol merupakan regulator utama tekanan darah dan aliran.


Vena

Vena adalah pembuluh darah tebal terstruktur yang terdiri dari tiga lapisan yang sama sebagai jaringan arteri. Sebuah vena kurang elastis dan lebih tipis dari arteri, sehingga tidak kuat.

Ciri dan bentuk khas Vena

  • Vena memiliki katup yang membantu kembalinya darah ke jantung. 
  • Katup mencegah darah tidak bergerak ke arah yang salah atau sebaliknya. 
  • Sebuah vena berjalan paralel melalui tubuh dengan kapiler yang melekat pada masing-masing.


Venula

Venula adalah pembuluh darah yang sangat kecil yang bekerja untuk mengalirkan darah ke dalam vena dari kapiler. Beberapa kelompok venula bersama-sama dan membentuk pembuluh darah vena.


Kapiler

Kapiler adalah pembuluh darah kecil, sangat sempit dalam ukuran, dan rapuh. Kapiler dikelompokkan dalam jaringan dan ditemukan di sebagian besar organ dan jaringan tubuh.

Dinding kapiler terdiri dari satu lapisan sel epitel yang memungkinkan untuk memudahkan pertukaran darah ke jaringan di sekitarnya. 

Fungsi Kapiler

Jaringan seperti jaring kapiler menempel pada arteri dan vena. Kapiler juga tempat bertukar air, oksigen dan karbon dioksida ke jaringan.

Kapiler yang lebih sederhana dalam struktur tubuh daripada arteri dan vena. Mereka biasanya terdiri dari lapisan epitel skuamosa sederhana, meskipun beberapa memiliki jaringan ikat. 

Kapiler harus sangat kecil untuk memungkinkan untuk pertukaran nutrisi antara darah dan jaringan tubuh.

serabut pembuluh tangan pada tangan manusia
Serabut Pembuluh Darah


Resume Singkat

Otot polos mengontrol ukuran pembuluh darah, Contoh: berubahnya ukuran pembuluh darah tertentu yang lebih luas jika area spesifik membutuhkan peningkatan suplai darah.

Pelebaran pembuluh darah disebut vasodilatasi, sementara penyempitan pembuluh disebut vasokonstriksi. Kedua proses yang dikendalikan oleh sistem saraf otonom, dan tidak berada di bawah kendali kesadaran.

Di paru - paru arteri dan vena mempunyai peran besar dan merupakan pembuluh darah yang membawa darah terdeoksigenasi dalam tubuh.
  • Arteri kecil yang mengarah ke kapiler disebut arteriol
  • Pembuluh darah kecil yang mengarah dari kapiler disebut venula
  • Arteri terbesar yang mengarah dari jantung adalah aorta
  • Vena terbesar yang membawa darah ke jantung adalah vena cava

serabut arteriol pada kaki manusia
Arteriol Pada Kaki Manusia


Sumber:
* Dikutip dari Buku Pelajaran Anatomi Fisiologi.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.