Latihan Peregangan Otot Hamstring

Sobat secangkir terapi, ketegangan di daerah paha atau disebut hamstring thigtness terkadang menyebabkan nyeri yang tidak tertahankan.

Ketegangan tersebut di saat kita berdiri dan berjalan, posisi duduk dan jongkok.

Peregangan Otot Hamstring

Salah satu penyebab ketegangan otot hamstring karena terjadinya over aktivitas dari kerja otot tersebut seperti : cedera pelari saat salah melangkahkan kaki, cedera pemain bola karena high pressure dan trauma di area paha yang mengakibatkan otot tersebut menjadi tegang dan ketat.

Nah saya akan membagikan tutorial latihan untuk otot hamstring untuk merelease dan mereleksasikan otot dari ketegangan dan kekencangan.

Dikutip dari buku latihan William Flexi. Berikut tutorial latihan yang saya berikan :


Latihan ketegangan untuk otot hamstring

Latihan Pertama

Pertama latihan dengan peregangan otot fleksor hip, ekstensor hip. endorotasi hip dan eksorotasi hip. 

Latihan untuk ketegangan otot hamstring kedua


Latihan Kedua

Kedua latihan peregangan dengan memakai handuk dan tarikan tangan ke tungkai untuk merelease otot yang tegang dan kencang.

Latihan ini cocok untuk melepas ketegangan dan kencang otot paha di saat Anda mengalami hamstring thigtness. 

Metode penguluran aktif ROM (Range Of Motion) yaitu Anda menggerakan dan mengulur otot tungkai dengan tahanan tangan dan dorongan badan dalam mencapai penguluran yang maksimal.

Dalam sesi latihan ini di wajibkan sebelum melakukan exercise atau latihan, Anda harus melakukan gerakan semaksimal mungkin sampai terasa titik end feel atau disebut titik batas ambang nyeri bukan sekedar menarik asal - asalan. 

Tekniknya harus slow motion atau pelan secara berkesinambungan dan tahan sampai kurang lebih 8 x hitungan. Setelah itu lepas dan ulangi sampai minimal 4x latihan untuk mendapatkan penguluran secara konstan.

Demikian tutorial latihan yang saya berikan semoga bermanfaat bagi sobat, dalam mengatasi masalah ketegangan otot paha atau hamstring thigness.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel