Otot Dan Pergerakan Sendi

menambahkan gambar otot dan lokasi nyeri




Sobat secangkir terapi, terkadang masalah otot hanya dirasakan nyeri, tegang di area tubuh tertentu, ada yang terlokalisir ada juga yang menjalar.

 Sedangkan derajat nyeri dan sakit tergantung ukuran besar dan kecil.

Beberapa orang mengeluhkan sakit di Otot dengan beberapa penyebab mulai dari aktivitas, trauma, gangguan gerak, penyebab workholik / gila kerja dan penyakit otot bawaan dan lain sebagainya.

Pengukuran Skala VAS

Pengukuran bisa menggunakan skala nyeri VAS ( Verbal Analog Skala) diukur 1 – 10 skala / indeks nyeri yang lainnya:


cara mengukur VAS dengan skala nyeri

  • 1-3        : nyeri ringan
  • 4-6        : nyeri sedang
  • 7-10      : nyeri berat

Sepanjang rentang nyeri diketahui dengan pengukuran VAS yaitu pasien disuruh menaksir di urutan nomor berapa dirasakan nyeri maka disitulah kita mengetahui seberapa sakit yang dirasakan oleh pasien tersebut.

Umumnya pengukuran VAS mempunyai kelebihan dan kekurangan, jika yang kita ukur pasien berumur muda di bawah 35 tahun kebanyakan berkata sebenarnya dan pasien berumur 35 tahun ada sebagian yang menutupi dengan tidak merasakan nyeri yang dideritanya. Karena pengalaman terhadap nyeri yang diderita.

Otot mempunyai peranan penting untuk mobilitas tubuh seseorang atau bergerak. Bayangkan apa yang terjadi jika tubuh seseorang tidak ada satupun otot yang melekat. Tentu kelihatan lucu orang yang bergerak hanya tulang belulang dan kulit yang melekat.



nyeri otot dan sendi



Kasus Muskuloskeletal dan Sendi diklasifikasikan menurut Fisioterapi

  1. Myalgia
  2. Myospasme
  3. Spasmofilia
  4. Hamstring Thigness
  5. Low Back pain
  6. Osteoartritis
  7. Artritis dan Reumatoid joint
  8. Cervicalgia
  9. Bursitis
  10. Dll
Sendi mempunyai peranan penting menjaga fleksibilitas tulang untuk mobilitas, coba bayangkan lagi apa jadinya jika tulang tidak ada persendiannya. Bisa jadi tubuh kaku dan tidak bisa bergerak.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel