Albumin Apa Ditanggung Oleh BPJS Kesehatan -->

Albumin Apa Ditanggung Oleh BPJS Kesehatan

Sobat secangkir terapi, obat albumin dibutuhkan oleh pasien yang mengalami gangguan ginjal dan hati dimana dalam pengobatan pasti pasien memerlukan obat itu, namun apakah albumin dijamin oleh BPJS?


Mengenal Albumin

Albumin adalah protein hati dan terkandung dalam darah manusia mempunyai fungsi yang sangat penting dalam mengatur tekanan darah manusia dan kegunaan lainnya untuk menjaga agar darah tidak bocor ke seluruh jaringan tubuh.

Pada penderita yang mengalami gangguan fungsi hati dan ginjal, penderita mengalami gangguan fungsi tekanan darah dimana kadar darah dalam albumin menjadi rendah sehingga dokter penyakit dalam meresepkan obat albumin untuk memberikan nutrisi dari luar ketika albumin darah menjadi rendah.

Hal ini berguna untuk pasien agar tidak terjadi kebocoran darah ke jaringan sekitar tubuh yang berakibat tubuh menjadi bengkak dan pada umumnya.

Artikel Terkait: Primary Care atau P-Care BPJS Terbaru


Gambar Obat Albumin

Ciri-Ciri Kekurangan Albumin

Pasien yang kekurangan albumin akan kelihatan seperti ciri-ciri berikut ini yaitu:
  1. Bengkak pada seluruh jaringan tubuh
  2. Perut menjadi buncit
  3. Tubuh menjadi cepat kering
  4. Kelihatan tulang pada bagian kulit
  5. Penderita menjadi lemas
  6. Kehilangan kesadaran
  7. Jalan dan berdiri tidak tahan
  8. Komunikasi menjadi tidak terarah
  9. Abdomen menjadi besar
  10. Hilang sensasi sensoris kulit

Pasien memerlukan albumin untuk nutrisi dari luar sebab tubuh penderita tidak mampu untuk menghasilkan albumin dalam jumlah yang cukup yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam perawatan kesehatan seseorang yang menderita gangguan fungsi hati dan ginjal memang harus diberikan nutrisi sesuai anjuran dokter untuk menjaga organ tersebut tetap terjaga atau berfungsi dengan baik dan darah tidak mengalami gangguan fungsi yang berakibat pada kebocoran jaringan darah di dalam tubuh.

Nah, pertanyaannya apakah dijamin BPJS obat albumin itu?

Artikel Lain: P-Care Puskesmas Terbaru


Apa Albumin Ditanggung Oleh Pihak BPJS Kesehatan


Banyak dari kita tidak mengetahui bahwa obat albumin itu ditanggung oleh BPJS, soalnya perawatan kesehatan dengan obat albumin untuk kategori keluarga tidak mampu tentu sangat membebani keuangan dan hal itu harus kita bantu dalam memberikan informasi yang benar agar penderita mengetahui pembiayaan obat tersebut dijamin atau tidak.

Sesuai PERMENKES No. 71 tahun 2014 pasal 24 ayat 1 menjelaskan bahwa: Pelayanan Medis, peralatan medis dan bahan habis pakai di fasilitas kesehatan rujukan adalah salah satu komponen yang harus dibayar selama 59 tahun. 

Jadi sesuai peraturan menteri kesehatan no. 71 tahun 2014 bahwa obat albumin dijamin oleh BPJS Kesehatan dan gratis tidak dipungut biaya selama ada indikasi medis adanya gangguan fungsi hati dan ginjal yang memerlukan obat albumin untuk perawatan kesehatan di fasilitas kesehatan rujukan dan bukan permintaan sendiri.

Sehingga sobat secangkir terapi terbantu jika ada keluarga yang menderita fungsi organ diatas dan pada umumnya dikombinasi dengan terapi hemodalisa atau terapi cuci darah rutin.

Kasus Albumin Tidak Dijamin BPJS

Dulu ayah saya berobat di rumah sakit Petrokimia Gresik dan beliau ada gangguan fungsi hati dan ginjal sehingga dokter rumah sakit tersebut menyarankan untuk cuci darah rutin dan harus menggunakan obat albumin untuk perawatan kesehatan.

Tapi karena rumah sakit itu rumah sakit swasta bukan rumah sakit rujukan dan umur beliau pada waktu itu 61 tahun, rumah sakit menolak untuk memberikan obat albumin dengan alasan tidak ditanggung BPJS Kesehatan dan harus membeli obat albumin di luar rumah sakit dengan harga yang lumayan mahal bagi kami.

Ayah kami sering melakukan terapi cuci darah atau hemodalisa dan perawatan cuci darah ditanggung sepenuhnya oleh BPJS namun untuk obat albumin tidak ditanggung BPJS, kenapa kok ga ditanggung oleh BPJS?

Rumah sakit itu bekerjasama dengan asuransi kesehatan BPJS, kami komplain kepada pihak manajemen rumah sakit, kenapa obat albumin tidak dijamin oleh BPJS padahal jelas tertera sesuai peraturan menteri kesehatan no.71 tahun 2014 obat albumin ditanggung oleh BPJS.

Pihak manajemen pelayanan kesehatan rumah sakit Petrokimia Gresik menanggapi keluhan kami dan memberikan informasi bahwa rumah sakit tersebut bukan rumah sakit rujukan dan usia ayah kami sudah lewat 58 tahun jadi tidak dijamin obat albumin oleh rumah sakit walaupun bekerjasama dengan BPJS..

Sehingga pihak rumah sakit menyarankan kami untuk membeli obat albumin di luar rumah sakit dengan resep dari dokter penyakit dalam dan harus kami bayar tunai, penggunaan obat itu digunakan selama terapi hemodalisa atau cuci darah.

Artikel Lain: Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Nah, sekedar informasi untuk sobat secangkir terapi bahwa obat albumin bisa ditanggung pembiayaan BPJS kesehatan jika kita berobat di rumah sakit rujukan bukan rumah sakit swasta yang tidak mempunyai tempat rujukan dan umur penderita juga harus dipertimbangkan mengingat peraturan Menteri Kesehatan diatas memang banyak yang salah paham dengan pembiayaan obat albumin.

Semoga informasi ini membantu Anda.
DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.