Ada Masalah Dengan BPJS

Ada Masalah Dengan BPJS menangani keluhan dan komplain dengan BPJS

Sobat secangkir terapi, keluhan dengan pelayanan asuransi BPJS sering membuat seseorang merasa kecewa dengan prosedur pelayanan dimana setiap orang mempunyai hak untuk melakukan komplain.

Layanan Masalah BPJS Kesehatan


Jika Anda mengalami pelayanan kesehatan BPJS yang tidak memuaskan yang disediakan oleh fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan asuransi BPJS kesehatan, maka keluhan Anda bisa dilayani oleh BPJS kesehatan yang terdekat di tempat Anda.

Bisa Juga Anda menghubungi kantor BPJS kesehatan terdekat di kota dan di desa yang dekat rumah Anda.

Layanan umum untuk permasalahan BPJS Kesehatan adalah dengan menghubungi nomer kontak BPJS Pengaduan masalah di nomor: 1500-400.

Artikel Terkait: Call Center BPJS Ketenaga Kerjaan

Contoh Kasus Pengaduan BPJS

PPPIP BPJS atau disingkat dengan Petugas Penanganan Pengaduan Informasi Pelayanan BPJS yang berkantor di rumah sakit menerima pengaduan mengenai masalah rujukan online yang salah tempat, misalnya rujukan dari Poli Umum ke Poli Penyakit Dalam, salah dalam menginput data menuju ke Poli Syaraf dan hal itu bisa dilakukan pengaduan secepat mungkin.

Coba Anda datang ke kantor BPJS Kesehatan yang berada di rumah sakit tersebut untuk melakukan pengaduan masalah ke bagian PPPIP BPJS agar masalah rujukan online tersebut bisa diselesaikan dnegan cepat.

Jika Anda lambat dan membiarkan masalah itu, maka Anda akan rugi dalam pembiayaan Asuransi kesehatan Anda dan kasus penyakit tidak akan diselesaikan.

Fungsi Petugas Penanganan Pengaduan Informasi BPJS

Setiap rumah sakit mempunyai petugas yang siap membantu Anda dalam menjalankan pelayanan mengenai pengaduan masalah asuransi kesehatan BPJS.

Tidak sekedar memberikan informasi dan melayani keluhan peserta JKN KIS tapi petugas PPPIP juga memberikan saran kepada setiap rumah sakit yang tergabung dalam fasilitas kesehatan BPJS agar setiap peserta tidak kecewa dengan pelayanan kesehatan yang salah input data, salah dalam melakukan koding penyakit, perubahan faskes dari kelas II ke kelas I, dll

Artikel terkait: Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Bagian manajemen pelayanan rumah sakit pada umumnya dibawah naungan bagian manajemen rumah sakit juga bekerja sama dengan PPPIP dalam melakukan kroscek setiap ada masalah dengan pelayanan asuransi BPJS.

Sehingga keluhan masyarakat dapat dilayani dengan sepenuh hati dan peserta yang tergabung dalam JKN KIS juga tidak mengalami masalah dalam menerima pelayanan di rumah sakit setempat.


Pengaduan Masalah BPJS Yang Tidak Dapat Diselesaikan

Petugas penanganan pengaduan informasi BPJS pada umumnya memberikan informasi dan evaluasi mengenai permasalahan yang dihadapi peserta BPJS.

Jika masalah tersebut tidak dapat diselesaikan, maka petugas tersebut membawa permasalahan tersebut ke bidang terkait.

Contoh Permasalahan Yang Tidak Dapat Diselesaikan Dengan Peserta BPJS

Peserta yang mengalami komplain dalam pelayanan BPJS akan mendatangi kantor BPJS di rumah sakit dimana ruangan Faskes yang diambil adalah kelas III sedangkan untuk kelas itu ruangan pelayanan kesehatan sudah penuh dan petugas pelayanan BPJS memberikan saran untuk pindah ke kelas II yang kosong, agar perawatan pasien dapat ditingkatkan.

Namun karena pasien yang tergabung dalam JKN KIS tidak mau mengambil kelas itu, maka petugas pengaduan masalah BPJS akan membawa kasus itu ke bagian pelayanan rumah sakit agar bisa dibicarakan mengenai masalah pengaduan kelas dalam perawatan pasien.

Dalam hal ini petugas PPPIP dan bagian manajemen pelayanan rumah sakit bisa mengambil jalan keluar agar pasien terlayani dan tidak kecewa, sehingga masalah ini tidak membebani pelayanan di rumah sakit.

Manfaat Petugas Pengaduan BPJS Di Rumah Sakit

Beberapa pasien yang belum tahu mengenai informasi BPJS bisa bertanya pada bagian PPPIP agar masalah mengenai pelayanan Asuransi BPJS bisa dirasakan oleh pasien dimana hal ini memberikan manfaat agar pasien tidak bingung dan kecewa mengenai peraturan BPJS.

Seperti seorang ibu yang bertanya mengenai perawatan anak di rumah sakit dan bertanya mengenai prosedur mengenai informasi perawatan anak di BPJS, sehingga petugas pengaduan masalah BPJS itu memberikan wawasan dan informasi yang lengkap dan ibu itu bersyukur dengan masalah kesehatan yang dihadapi.

Program JKN KIS memberikan perawatan kesehatan kepada perawatan anak di rumah sakit dan hal itu memberikan masukan yang positif dimana ibu itu terbantu dengan pelayanan dengan rumah sakit dan asuransi BPJS.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel