4 Penyembuhan Penyakit Dengan Gerak Tubuh Dan Makanan Sehat Yang Direkomendasikan Untuk Kesehatan Anda

4 Penyembuhan Penyakit Dengan Gerak Tubuh Dan Makanan Sehat Yang Direkomendasikan Untuk Kesehatan Anda

manfaat olahraga untuk kesehatan


Sobat secangkir terapi, menurut forum IDI (Ikatan Dokter Indonesia) yang kami baca beberapa waktu yang lalu bahwa penyembuhan penyakit dengan metode gerak tubuh manusia dan pola makanan yang sehat dan seimbang ternyata mampu memberikan kesehatan bagi tubuh kita.

Ada cara dalam penyembuhan penyakit lewat konsumsi buah dan sayuran yang ada disekitar kita bahwa makanan tersebut memberikan efek yang menyehatkan dan mampu mengobati penyakit tertentu.

Lalu dengan olah gerak tubuh kita yang benar tentu dapat memelihara sistem metabolisme tubuh agar aktif bekerja dimana memberikan manfaat kepada keselarasan dan organ penting tubuh Anda, terutama untuk jantung, hati, lambung, paru dan ginjal.

Selama olahraga itu dilakukan dengan tepat dan rutin serta tidak memforsir tubuh dengan latihan berat, maka kesehatan dapat kita pelihara dengan baik.

Nah, kali ini kami berbagi penyembuhan penyakit dengan gerak tubuh dan makanan sehat.

Penyembuhan Penyakit Dengan Gerak Tubuh, Konsumsi Buah, Dan Sayuran




1. Cobalah Untuk Jalan 50 Langkah

Jalan kaki memberikan manfaat untuk kesehatan dimana dalam jalan kaki kita mampu memperbaiki fungsi tubuh yang mengalami cedera.

Apa sih manfaat jalan cepat bagi kesehatan

Salah satu manfaat jalan kaki menurut rekomendasi IDI adalah:
  • Jalan 50 langkah dengan ritme yang cepat (jalan cepat, bukan lari) setiap hari dapat memperbaiki tulang yang mengalami cedera
  • Jalan kaki juga mampu mempercepat proses penyembuhan tulang yang mengalami fraktur
  • Manfaat jalan kaki bagi lansia dapat mencegah pengeroposan tulang dimana dimulai dengan berjalan 50 langkah dengan jalan cepat
  • Untuk penderita osteoartritis lutut (OA Knee Joint) dianjurkan untuk jalan cepat 50 langkah, dimana pada masa akut ternyata memberikan perbaikan pada sendi lutut yang sudah mengalami pengeroposan
  • Untuk penderita osteoartritis lutut yang kronis diwajibkan untuk mengganti jalan kaki yang cepat dengan latihan naik turun tangga sebanyak 10x setiap hari atau 20 anak tangga untuk memperbaiki tulang lutut yang keropos

*Catatan:

Jalan cepat adalah jalan yang dibuat lebih cepat dengan memperhatikan langkah dan ritme jalan dengan melakukan gerak yang stabil dan bukan lari.

Bagaimana dengan penderita yang mempunyai asam urat yang mengalami nyeri di persendian apa boleh jalan cepat ?

Khusus untuk penderita asam urat pada persendian kaki untuk pengobatan terapi non farmakologi malah dianjurkan untuk jalan cepat 50 langkah setiap hari dan teratur karena dapat membuat sistem metabolisme tubuh menjadi aktif.


Hindari Penggunaan Kopi 

Kopi memang mempunyai kenikmatan tersendiri jika kita minum dalam keadaan panas dan sedikit pahit terasa di lidah, hal tersebut ternyata untuk sebagian orang memang harus dihindari.

Penggunaan kopi yang perlu dihindari

  • Khusus wanita, minum kopi tidak disarankan diminum secara teratur, karena dapat mempercepat masa menopause
  • Untuk penderita yang mengalami pengeroposan tulang disarankan untuk tidak minum kopi
  • Minum kopi yang sehat adalah 2 sampai 3 cangkir setiap hari
  • Penggunaan kopi yang berlebih dalam takaran sehat harian dapat membuat efek bagi tubuh yaitu ketegangan saraf dan resiko susah untuk tidur


Terus apakah semua wanita tidak boleh minum kopi ?

Minum kopi yang dianjurkan oleh IDI adalah 2-3 cangkir dalam harian diet kopi yang sehat.


Rebus Daun Salam

Pada kasus penyakit kolesterol dan darah tinggi, minum rebusan daun salam selama 12 hari mampu menurunkan kadar kolesterol dan darah tinggi.

Faktor yang menyebabkan penurunan darah tinggi dan kolesterol dengan minum daun salam adalah kandungan senyawa tanin, saponin dan flavonoid dalam sehelai daun salam.

Riset yang dilakukan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, dengan uji 12 tikus yang mempunyai kolesterol dan darah tinggi dengan perlakuan diberikan tes dengan senyawa yang terkandung dalam daun salam memberikan efek menurunkan kadar kolesterol dan darah tinggi dalam beberapa uji coba.

As'ari Nawawi, PhD, yang merupakan salah seorang peneliti dan praktisi dari sekolah Farmasi ITB (Institut Teknologi Bandung) membenarkan bahwa daun salam ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol jahat karena terdapat zat saponin, tanin dan flavonoid yang menurunkan kolesterol yang mengendap dalam sistem kardiovaskuler tubuh.

Zat aktif tersebut mampu merangsang sistem kardiovaskuler tubuh manusia dengan mengalirkan cairan empedu yang sudah terangsang oleh senyawa diatas dimana kolesterol jahat akan keluar bersama menuju usus dan selanjutnya dikeluarkan lewat sistem pengeluaran tubuh lewat feses dan urin.


Kenapa ya kolesterol kita menjadi tinggi?

Penyebab kolesterol tinggi menurut IDI adalah kebiasaan kita (pola makan yang tidak sehat) yang senang dan suka dengan makanan yang mengandung lemak tinggi.


Makanan yang mengandung lemak tinggi

  • Daging yang tinggi lemak
  • Gorengan
  • Santan
  • Minyak goreng curah
  • Konsumsi gula berlebih


Kenapa gorengan mengandung lemak tinggi ?

Gorengan dalam istilah kedokteran disebut dengan Junk Food dimana makanan tersebut mengandung kolesterol jahat yang cara penggorengan menggunakan minyak goreng curah dimana minyak goreng yang lebih dari 3x penggorengan harus dibuang, namun dalam prakteknya menggoreng makanan gorengan lebih dari 3x penggorengan akan mengakibatkan minyak goreng menjadi jenuh dan berubah struktur kimia sehingga dilarang penggunaan dalam kesehatan sebab menimbulkan kolesterol.


Penyebab awal kolesterol itu seperti apa sih?

Indikasi awal sobat secangkir terapi mengalami gejala kolesterol tinggi, beberapa pasien yang menderita kolesterol tinggi akan menyebabkan gejala seperti :
  • Punggung menjadi pegal dan linu
  • Rasa kebas dan kesemutan sepanjang tangan dan tungkai
  • Berat badan menjadi naik dengan cepat
  • Tensi cepat naik


Cara pengobatan dengan daun salam

  • Rebus 10 daun salam
  • Air rebusan dengan 2 gelas kecil
  • Masukan kedalam kuali
  • Minum sehari 2x pagi dan sore
  • Lakukan terapi daun salam selama 12 hari dan lihat hasilnya dengan cek laboratorium klinis untuk cek LDL, HDL dan Trigliserida (Tg)

*Catatan:
  1. Rebus dengan kuali dan jangan menggunakan panci alumunium karena dapat membuat senyawa daun salam mengalami perubahan struktur kimia
  2. Bahan kuali terbuat dari tanah liat dan banyak dijual di pasar, jika sobat secangkir terapi tidak menemukan kuali tanah liat bisa pesan di toko online, seperti bukalapak, tokopedia atau lainnya yang Anda suka

kuali untuk merebus daun salam
Kuali Tanah Liat Untuk Merebus Daun Salam



Konsumsi Buah Yang Tinggi Kalium

Buah memberikan manfaat yang luar biasa dalam menurunkan masalah penyakit tekanan darah tinggi atau disebut dengan penyakit hipertensi atau penyakit budreg.

Pada beberapa orang yang mempunyai tekanan darah tinggi, direkomendasikan untuk konsumsi buah yang mengandung tinggi kalium.

Lalu buah apa yang tinggi Kalium?

Buah yang tinggi kalium untuk diet penderita tekanan darah tinggi
  • Pisang mengandung 400 mg kalium dalam satu buah pisang
  • Alpukat mengandung 900 mg kalium per buah
  • Timun (direkomendasikan konsumsi timun kuning)
  • Ubi mengandung 700 mg kalium per buah


Manfaat dan Fungsi Mineral Kalium (K) untuk tubuh

Manfaat kalium dalam memperbaiki sirkulasi dan tekanan yang tinggi dalam sistem kardiovaskuler tubuh sehingga baik untuk sobat konsumsi.

Fungsi kalium adalah mengatur keseimbangan elektrolit atau cairan tubuh menjadi normal dimana akan mempengaruhi kerja dari saraf, otak, otot, dan jantung Anda kembali bekerja normal dan seimbang.


Apa sih penyebab kekurangan kalium itu ?

Kekurangan Kalium dapat mengakibatkan keluhan kehilangan keseimbangan namun pada beberapa kasus penderita yang kekurangan kalium akan mengakibatkan gejala seperti:
  • Depresi dan stres
  • Susah tidur (insomnia)
  • Mudah ngantuk dan capek
  • Terganggunya sistem kardiovaskuler terutama jantung Anda


Jadi bagaimana agar kita tidak kekurangan kalium?

Konsumsi harian Kalium yang direkomendasikan IDI adalah 4700 mg per hari dimana bisa Anda dapatkan dari buah yang kami sebutkan diatas dan jika kekurangan Kalium harian sobat secangkir terapi bisa membeli suplemen kalium di apotik terdekat di tempat Anda.

Apa Kalium dan Kalsium beda?

Kalium merupakan golongan mineral dengan simbol huruf K.
Kalsium merupakan golongan mineral dengan simbol huruf Ca.

Jadi kalium dan kalsium adalah beda, jadi jangan salah beli ya.

Kami harap informasi kesehatan di atas bisa membantu Anda, terimakasih.

Sumber:

Forum IDI (Ikatan Dokter Indonesia)

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel