Jumlah Penduduk Dunia Yang Mengalami Diabetes Militus

Jumlah Penduduk Dunia Yang Mengalami Diabetes Militus



Sobat secangkir terapi, adakah yang mau tahu tentang berapa sih jumlah penduduk dunia yang mengalami diabetes militus?

Studi Kasus Diabetes


Kasus diabetes menurut WHO (World Health Organization) atau lembaga kesehatan dunia pada tahun 2016 tercatat bahwa terdapat 422 juta orang berpotensi menderita gejala diabetes. Perhitungan tersebut naik 4 kali dalam satu tahun.

Gaya hidup sekarang membuat seseorang menjadi cepat gemuk dan malas untuk bergerak, hal tersebut bisa menyebabkan gejala kencing manis atau dalam medis disebut dengan diabetes, sebagian orang yang terkena diabetes salah satu faktor disebabkan oleh keturunan (genetik).

Pada tahun 1980 gejala diabetes tercatat 314 juta orang positif menderita dan pada tahun 2014 penderita diabetes menduduki 314 juta orang dengan perhitungan  8,5% orang di dunia menderita diabetes.

Sejumlah  1,5 juta orang meninggal akibat diabetes tanpa perawatan dan 2,2 juta orang meninggal dengan tambahan akibat tidak mampu bertahan selama perawatan diabetes.

Dalam studi yang dilakukan oleh WHO diabetes tipe 1 dan 2 sebanyak 43% dari 3,7 juta orang meninggal sebelum seseorang menginjak umur 70 tahun. (WHO).

Kebanyakan pasien dengan diabetes tipe 2 lebih banyak terjadi peningkatan karena faktor gaya hidup sehingga pasien yang menderita diabetes cenderung diakibatkan oleh faktor perubahan gaya hidup dan kurangnya perawatan yang dilakukan oleh pasien sendiri.

Nilai perbandingan untuk orang diabetes menurut WHO (World Health Organization) adalah 1 dari 11 orang di dunia menderita diabetes.

Hal tersebut dipicu oleh banyaknya orang dengan kasus diabetes kurang mengerti dengan perawatan dan gaya hidup yang cenderung orang malas bergerak dan selalu konsumsi makanan yang tinggi kadar glukosa.

Normalnya untuk konsumsi gula harian pasien diabetes adalah 50 gram gula yang didapatkan dari buah, gula tambahan, karbohidrat dan makanan pemanis lainnya.

Jumlah Total Penderita Diabetes di Seluruh Dunia


Dalam studi tersebut WHO mengingatkan bahwa seseorang yang menderita diabetes memang harus dilakukan perawatan dan pencegahan agar penderita diabetes dapat di minimalisir jumlahnya, sehingga kasus diabetes tidak meningkat setiap tahun.

Dalam setiap tahun kasus diabetes meningkat 4 kali lipat akibat pola hidup yang salah dan kurangnya pemahaman seseorang dengan kasus diabetes yang menimpa dirinya.

Dalam perhitungan kasus diabetes diatas total pasien diabetes selama tahun 2016 menurut WHO adalah meningkat menjadi 422 juta orang, dan kenaikan tersebut meningkat 4 kali lipat tiap tahun yaitu sekitar 14,8 juta orang.

Pada tahun 2017 ini penderita diabetes militus di dunia sekitar 422 juta penderita ditambah penderita baru 14,8 juta orang menjadi 436,8 dengan kronis diabetes.

Ada tambahan penderita diabetes akut 268 juta orang dengan total keseluruhan yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 ditambah indikasi akut diabetes atau dikenal dengan kasus pre-symptome diabetes.

Jumlah total penderita diabetes sekarang ini adalah sekitar 690 juta orang penderita diabetes melitus dari 7,6 miliar penduduk dunia.




Kategori Diabetes Berdasarkan Sebab

Jumlah penderita kencing manis di seluruh dunia dapat dikategorikan berdasarkan penyebab, memang cukup besar dimana jumlah tersebut disebabkan oleh:
  1. gaya hidup
  2. pendidikan
  3. pola makan
  4. faktor keturunan 
  5. malas bergerak

Faktor diatas menyumbang sebagian besar kasus diabetes dimana seseorang yang menderita diabetes memang wajib untuk melakukan terapi dengan diet dan mengubah gaya hidup yang salah.

Satu dari sebelas orang di dunia berpotensi menderita diabetes, sehingga Anda wajib untuk menjaga diri dari pola makan yang benar dan mengubah gaya hidup yang lebih sehat.

Semoga informasi kami diatas membantu sobat secangkir terapi dalam mengenal dan mengetahui jumlah penderita diabetes di seluruh dunia, sehingga Anda harus tetap waspada dalam menjaga kesehatan.

Sumber:
WHO (World Health Organization).


Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel