Terapi Untuk Penderita Osteoartritis (OA) dan Rematoid Artritis (RA)

tempat terapi penderita osteoartritis



Terapi Osteoartritis



Cara Penyembuhan Osteoartritis Sendi

Sobat secangkir terapi, ada 5 cara untuk menyembuhkan penyakit osteoartritis sendi dan rematoid artritis pada persendian Anda seperti berikut:
  1. Proteksi sendi
  2. Diet
  3. Medikamentosa
  4. Rehabilitasi Medik
  5. Operasi Pembedahan

Pasien yang mengalami gangguan pada persendian karena artitis lebih condong ke pemeriksaan awal dengan cara dilihat dulu gejala awal dan riwayat perjalanan penyakit tersebut.

Jika diketahui gejala dengan keluhan ringan namun dengan intensitas yang rendah, maka pasien bisa dirujuk ke poli Fisioterapi untuk dilakukan rehabilitasi medis dengan metode CPM atau menggunakan modalitas terapi.

Pasien yang mengalami artritis pada persendian pada umumnya dirujuk ke dokter spesialis ortopedi dan dokter syaraf mengenai perihal keluhan diatas, sehingga pemberian medikamentosa dengan pengobatan NSAID (Non Steroid Anti Inflamasi Drug) dimana jenis pengobatan tersebut dapat menurunkan gejala sakit yang menyerang pada persendian pasien.

Pada beberapa kasus artritis, dokter lebih menyarankan untuk melakukan pengobatan terapi pada pasien yang mengalami riwayat kasus artritis dengan 2 metode pengobatan yaitu dengan metode konvensional dan metode operatif.

Dokter spesialis bedah dan ortopedi selalu mengedepankan metode pengobatan pada penyakit OA dan RA dengan menggunakan metode konvensional terlebih dahulu dengan pertimbangan aspek kuratif dan rehabilitatif dimana metode tersebut bersifat non operatif dengan tindakan pemberian obat, injeksi dan terapi dengan melaksanakan program rehabilitasi medis.


Rekomendasi Rujukan Medis

Dalam program rehabilitasi medis beberapa ahli kesehatan yang berkaitan dalam bidang rehabilitasi medis ikut membantu pasien OA dan RA dalam pemulihan fisik pre maupun post injury dimana ahli rehabilitasi medis tersebut dikelompokkan seperti berikut:
  1. Dokter SPRM (Dokter Spesialis Rehabilitasi Medis)
  2. Perawat Anestesi
  3. Fisioterapi
  4. Okupasi Terapi
  5. Ortetik Prostetik

Pengobatan pada pasien artritis sendi dengan pemrograman rehab medis, pasien akan diberikan layanan kesehatan dengan program terapi seminggu 1-3 X terapi tergantung derajat sakit dan keluhan yang diderita oleh pasien.

Keluhan yang diderita oleh pasien pada umumnya terlokalisir dan bersifat dull pain atau sharp pain dengan indikasi terdapat inflamasi di daerah yang meradang dan perlakuan terapi khusus artritis akan dibuatkan jadwal kontrol seminggu selama beberapa kali terapi.

Setiap kali terapi pasien di evaluasi mengenai riwayat kasus tersebut dan dijadwalkan untuk datang dengan melakukan terapi di rumah sakit atau klinik khusus pada poli rehabilitasi medis.


Pasien Yang Mengeluhkan Bengkak Di Persendian

Pasien yang mengeluhkan nyeri dan bengkak pada persendiannya akan dilakukan metode konvensional sehingga pasien tidak perlu dilanjutkan untuk dilakukan operasi selama keluhan tersebut menurunkan gejala dan mengalami perubahan penyembuhan.

Namun pada beberapa kasus pasien yang tidak mengalami perubahan yang signifikan dan terus bersifat progresif ke arah destruktif pada pengobatan remathoid artritis, maka tindakan operatif lebih direkomendasikan oleh dokter ortopedi untuk menanggulangi gejala yang lebih parah pada persendian pasien.

Kebanyakan yang ditemui di lapangan pasien yang mengalami kasus artitis dengan pemrograman rehabilitasi medis dengan metode konvensional lebih banyak memberikan hasil untuk kesembuhan selama standar operasional prosedur (SOP) pasien artitis pada OA dan RA dijalankan dengan benar.

Pasien yang mengalami gejala OA dan RA seharusnya segera dilakukan pengobatan di rumah sakit atau Puskesmas khusus yang menangani kasus artitis sendi, supaya pasien dapat diberikan terapi yang tepat yang berguna untuk kesembuhan pasien.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel