Tahukah Makanan Berbahaya Bagi Penderita Asam Lambung -->

Tahukah Makanan Berbahaya Bagi Penderita Asam Lambung

makanan berbahaya untuk asam lambung

Sobat secangkir terapi, sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami gejala asam lambung tinggi atau dalam istilah medis dikenal dengan penyakit maag.

Salah satu tanda meningkatnya asam lambung adalah meningkatnya jumlah volume asam yang terjadi di daerah lambung Anda dengan gejala perasaan mual-mual, muntah-muntah dan terkadang pusing.

Tidak semua penyakit maag disebabkan oleh faktor makanan saja namun pada sebagian orang ditemui dengan gejala gangguan psikis atau lebih dikenal dengan gangguan emosional.

Gangguan emosional tersebut lebih cenderung pasien mengalami pusing dan kaku di bahu sampai leher Anda dengan gejala lebih sensitif dengan kondisi lingkungan sosial disekitar Anda.

Apabila tidak ditangani dengan serius, maka hal tersebut bisa memicu sakit di lambung Anda dengan naiknya kadar asam dan menghambat aktifitas Anda.

Dalam urain disini kami akan membahas penyebab maag. karena pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur.

Membiasakan pola makan yang menyehatkan dan teratur secara garis besar akan memicu lambung agar lebih aktif dengan memproduksi cairan lambung dalam mencerna makanan.

Lalu, makanan apa yang bagus untuk penderita maag ?


Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Maag



Makanan Yang Dianjurkan Untuk Maag

Makanan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Buah - buahan yang tinggi mengandung serat dan lunak, seperti pisang, alpukat, dan pepaya.
2. Sayuran hijau yang tinggi kadar antioksidan.
3. Karbohidrat yang encer, seperti bubur, gandum yang diencerkan.
4. Protein yang lunak dan mudah dicerna, seperti telur, tempe, ikan salmon, dll

Namun untuk penderita maag yang kronis perlu Anda perhatikan dalam konsumsi makanan yang menyebabkan meningkatnya kadar lambung, seperti:

Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Maag

1. Buah Nangka
2. Kacang-kacangan
3. Pisang ambon
4. Buah kedondong
5. Sayur Kol
6. Sayur Kubis

Sedangkan untuk soda juga perlu dihindari sebab minuman berkarbonasi ini memicu meningkatnya kadar lambung dan meningkatkan gas dalam lambung Anda, sehingga Anda akan sering kentut tidak teratur disertai nyeri di ulu hati.

Selain itu makanan yang pedas juga perlu dihindari karena akan menimbulkan peningkatan kadar gas di lambung Anda dan jenis makanan pedas menimbulkan rasa terbakar dan bisa terindikasi iritasi pada lambung Anda.

Dalam beberapa kasus penderita maag dengan konsumsi pedas menimbulkan efek menyembuhkan namun pada beberapa orang yang mempunyai gejala kronis pada maag hal tersebut merupakan larangan.

Untuk konsumsi makanan yang rutin setiap hari merupakan kewajiban bagi setiap orang agar tubuh Anda terbiasa dengan makan yang bergizi dan lambung Anda tidak tersiksa.

Manajemen Maag dengan Makan yang teratur dan Bergizi

Pada tipe orang yang setiap pagi susah untuk sarapan pagi (breakfast) pada jam yang tepat juga lebih cenderung dengan memiliki gejala maag ringan dengan kebiasaan tersebut merupakan kebiasaan yang kurang baik.

Waktu pagi untuk makan adalah jam 7.00 - 8.00 pada kondisi ini lambung Anda kosong dan membutuhkan asupan makanan yang ringan dan mudah dicerna dengan cepat seperti roti selai atau roti keju dengan minum susu itu lebih baik daripada perut kosong.

Membiarkan perut kosong dalam pagi hari memang bukan pilihan terbaik, sebab membuat tenaga dan pikiran Anda mudah mengalami kelelahan karena energi tubuh Anda yang tersisa dalam bentuk cadangan lemak terbakar habis dalam metabolisme pagi hari.

Lalu pada sebagian orang akan mengambil makan pagi dan siang sebagai pilihan itu juga kurang baik sebab, pada siang hari perut juga perlu menampung makanan yang cukup agar kerja Anda tidak terganggu.

Dalam mencerna makanan lambung membutuhkan 8 menit dalam melumat makanan, namun untuk makanan yang mempunyai kadar serat rendah akan semakin lama.

Sebaiknya rutin makan pagi bagus merupakan kebiasaan yang bagus untuk menjaga lambung Anda, sehingga sewaktu Anda melakukan aktifitas sampai siang hari tubuh tetap fit.

Jangan kuatirkan dengan maag Anda jika Anda bisa menjaga pola makan yang benar dan mengurangi makanan yang tidak sehat, seperti mie instan juga kurang bagus untuk dikonsumsi pada pagi hari.

Sebab mie instan mengandung zat tepung terlalu sedikit dan komposisi karbohidrat juga tidak seimbang dengan aktivitas Anda, sebab itu hindari kopi dan mie instan pada pagi hari.

Keep spirit mari coba biasakan makan pagi agar penyakit maag tidak menghantuimu.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.