Tahukah Bayi Yang Lemas, Lemah dan Kurang Ceria Akibat Kurang Darah

bayi lemah dan sakit karena kekurangan darah


Sobat secangkir terapi, bayi mengalami gangguan kekurangan darah (anemia) pada umumnya disebabkan karena bayi sudah mengalami gangguan hemoglobin dalam tubuhnya, salah satu tanda yang kelihatan adalah bayi menjadi lemas, lemah, kurang ceria dan tidak bergairah seperti biasanya.


Anemia Pada Bayi



Anemia merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat indonesia. Bahkan segala usia juga bisa mengalami anemia, salah satunya yaitu anemia yang diderita bayi.

Memang orang tua harus bisa mengatasinya dengan segera atau bisa saja bayi mengalami anemia disebabkan karena asupan nutrisi yang diberikan juga tidak baik untuk pertumbuhan dan mendukung produksi sel darah merah dalam tubuh.

Sehingga bayi akan mengalami anemia seperti gejala diatas dimana Anda memang harus mengetahui lebih lanjut mengenai anemia pada bayi, selengkapnya simak ulasan singkat di bawah ini!

Di bawah ini ada beberapa penjelasan mengenai anemia pada bayi yang wajib Anda ketahui. adapun beberapa penjelasan tersebut diantaranya: 

Penyebab Anemia Pada Bayi

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa anemia bisa menyerang segala usia. Tak terkecuali oleh bayi. Sehingga bagi para orang tua harus selalu waspada untuk menjaga kesehatan bayi.

Perihal anemia pada bayi bisa sangat membahayakan kesehatan bayi bahkan bisa membuat kondisi bayi juga akan semakin melemah. Sehingga Anda memang harus mengetahui penyebab dari bayi mengalami anemia.

Adapun beberapa penyebab anemia pada bayi diantaranya:

Asupan nutrisi yang kurang tepat, penyebab anemia pada bayi yaitu asupan nutrisi pada bayi yang kurang tepat. Bayi merupakan salah satu seseorang yang masih sangat membutuhkan asupan nutrisi yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuhnya. 

Akan tetapi, jika asupan yang diberikan juga sudah tidak baik maka tentunya akan berakibat pada kesehatan bayi dengan menderita anemia. Sehingga Anda memang harus bisa memberikan asupan nutrisi yang tepat seperti makanan yang mengandung vitamin C dan juga zat besi yang cukup untuk tubuh bayi. 

Kelainan pada hemoglobin, penyebab yang selanjutnya yaitu diakibatkan karena kelainan pada hemoglobin (Hb). Kelainan ini biasanya termasuk penyakit turunan. 

Dimana penyakit ini juga berpengaruh terhadap kelainan darah yang akan membuat bayi juga akan mengalami kondisi yang mengkhawatirkan. Sehingga Anda memang harus bisa melakukan pencegahan dengan cepat.

Abnormalnya bentuk sel darah merah, penyebab yang terakhir yaitu diakibatkan karena abnormalnya bentuk sel darah merah. Sel darah merah mengalami pembentukan abnormal juga bisa disebabkan karena keturunan. 

Dengan bentuk yang melebihi batas, tentunya jalan untuk mengalirkan sel darah merah juga bisa mengalami hambatan. Sehingga tentunya akan membuat bayi akan mengalami gangguan fisik yang lainnya. 

Mengenai makanan yang tepat untuk nutrisi bayi Anda, sekiranya Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi di Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat dengan tempat tinggal Anda.


Gejala Anemia Pada Bayi

Setelah Anda mengetahui, beberapa penyebab dari anemia pada bayi. Tentunya Anda juga ingin mengetahui gejala apa saja yang ditimbulkan jika bayi Anda mengalami gangguan anemia. Sebab sebagai orang tua, Anda harus selalu waspada dengan kesehatan anaknya.

Adapun beberapa gejala Anemia Pada Bayi biasanya bayi akan mengalami gangguan pernafasan, rewel akibat dari tubuh yang mengalami gangguan pada penyebaran hemoglobin, serta bayi juga akan membuat bayi akan memiliki kondisi tubuh yang lemah, lemas dan pucat.

Dengan begitu, Anda memang harus segera memeriksakan diri ke dokter jika bayi Anda mengalami gejala tersebut. 

Cara Mengobati Anemia Pada Bayi


Rekomendasi terbaru dari American Academy of Pediatrics (AAP) di tahun 2010 dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengenai anjuran pemberian suplemen zat besi pada bayi usia 4 bulan, termasuk bayi yang masih diberikan ASI eksklusif.

Pada umumnya bayi yang mengalami anemia akut dimana zat besi dan hemoglobin bermanfaat untuk mikronutrisi esensial yang memiliki fungsi penting dalam tubuh dalam meningkatkan jumlah darah diamana 70% zat besi di tubuh ditemukan dalam sel darah merah (hemoglobin) dan sel otot (myoglobin). 

Definisi kasus anemia bayi:

Hemoglobin (Hb) pada bayi juga berfungsi sebagai alat transportasi oksigen dari paru - paru ke seluruh jaringan tubuh dan jaringan organ penting tubuh.
Myoglobin pada bayi memiliki fungsi kritis dan fungsi perbaikan komponen darah dalam proses pengangkutan, penerimaan, penyimpanan, transportasi, serta pelepasan oksigen. 

Sehingga penggunaan ASI ekslusif dapat membantu bayi dalam pemenuhan gizi termasuk memperbaki nutrisi disaat bayi kekurangan zat besi dan hemoglobin dalam tubuhnya. 

Dengan gejala yang sangat mengkhawatirkan anemia pada bayi jika terjadi masa kronis, maka pengobatan atau cara mengatasinya yang tepat yaitu dengan memeriksakan diri bayi Anda ke dokter anak secepatnya.

Akan tetapi, Anda juga bisa melakukan cara-cara sederhana dengan memberikan asupan makanan ASI Ekslusif dan makanan tinggi zat besi dan vitamin dimana bisa memperbaiki dan menambah sel darah merah.

Biasanya makanan yang bisa digunakan yaitu makanan yang banyak mengandung vitamin, zat besi, dan juga gizi yang lainnya. Untuk suplemen zat besi dan vitamin yang bagus untuk bayi, Anda dapat menggunakan 

Nah, itulah penjelasan mengenai anemia pada bayi yang bisa Anda ketahui dan Anda lakukan, dengan mengetahuinya, tentunya saja Anda juga akan mengetahui cara yang tepat dan bijaksana yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi anemia pada bayi Anda.

Semoga informasi kesehatan kami membantu bayi Anda dalam mengobati keluhan selama ini.


Sumber:
Urban Mama
Konten W.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel