Kenali 11 Penyebab dan Tanda Penyakit Ginjal Pada Masa Akut

penyakit ginjal pada tahap awal


Sobat secangkir terapi, penyakit ginjal dapat menyerang siapa saja baik orang tua, anak-anak maupun orang muda.

Faktor Penyebab Penyakit Ginjal Tahap Awal

  1. Kesalahan pada pola makanan yang dikonsumsi, contoh makan tinggi zat purin selain terjadi asam urat juga mengganggu fungsi ginjal.
  2. Penumpukan zat kristal di dalam ginjal seperti tingginya mineral kalsium, amonia, asam urat, atau sistin dalam jumlah banyak di dalam ginjal.
  3. Gangguan peredararan darah metabolik, contoh: penggunaan narkoba yang berbahaya larut kedalam peredaran darah Anda dan merusak fungsi liver dan ginjal.
  4. Penggunaan obat - obatan yang resistensi dengan ginjal.
  5. Penggunaan minuman alkohol yang bisa merusak ginjal.
  6. Terjadi inflamasi pada ginjal karena trauma, contoh tertusuk benda tajam pada organ ginjal.
  7. Kelainan jantung sehingga pasokan darah ke organ - organ vital seperti lever, limpa dan ginjal berkurang.
  8. Sering minum minuman yang mengandung karbonasi tinggi seperti soda dengan jumlah banyak dan rutin tiap hari.
  9. Kurang minum air putih yang cukup setiap hari.
  10. Infeksi pada ginjal, contoh bakteri E. Coli dapat mengakibatkan infeksi pada ginjal.
  11. Penurunan fungsi organ ginjal karena proses penuaan.


Pentingnya memperlajari tanda-tanda terjadinya penyakit ginjal ini dimakasudkan agar Anda tahu kapan Anda harus segera mencari pengobatannya agar penyakit Anda tidak semakin parah.

Kenali tanda-tanda penyakit ginjal pada diri Anda mulai dari sekarang, mengapa? 

Sakit ginjal pada umumnya diketahui dengan kejadian yang mirip seperti kasus nyeri di kedua pinggang bawah atau dirasakan hampir mirip dengan gejala low back pain.

Di bawah ini merupakan 10 tanda penderita penyakit ginjal yang wajib Anda simak untuk mengurangi bertambahnya orang menderita penyakit ginjal tersebut. Berikut penjelasannya :


Tanda Penyakit Ginjal Akut


Tanpa adanya gejala

Sering sekali orang yang terjangkit penyakit ginjal tanpa adanya tanda-tanda yang terjadi pada tubuhnya, tanpa adanya rasa sakit hal ini yang membuat Anda harus berhati-hati dalam mengenali penyakit ginjal tersebut dan bisa melakukan pendekatan dengan dokter untuk menjalani tes pencitraan organ ginjal dimana test tersebut dapat memberikan informasi bentuk fisik organ ginjal Anda.

Terjadinya rasa nyeri

Rasa nyeri di daerah perut sebelah bawah di kanan dan kiri yang timbul karena penyakit ginjal akan terasa ringan hingga dapat menimbulkan nyeri yang hebat, rasa nyeri yang datangnya bergelombang patut Anda waspadai sebab itu tanda-tanda terjadinya penyakit jantung pada diri Anda.

Mual serta muntah-muntah

Rasa sakit yang begitu parah akan mengakibatkan mual serta muntah-muntah, yang harus segera diobati dengan menggunakan obat nyeri dengan dosis yang tinggi serta memerlukan cairan infus dan juga antemetik.

Demam dan menggigil

Jika Anda mengalami demam dan tubuh Anda serta menggigil kedinginan segera hati-hati, sebab hal tersebut merupakan tanda awal dari penyakit ginjal jika tidak segera diobati dapat mengancam nyawa Anda.

Keluarnya darah pada urin

Gejala umum lainnya adalah keluarnya darah pada urin, darah yang keluar merupakan suatu gejala yang cukup serius, yang harus segera diatasi untuk menghindari hal buruk lainnya.

Perubahan pada urin lainnya

Perubahan lainnya adalah terdapat air urin yang keruh dan baunya sangat tidak enak, kerja ginjal sebenarnya sebagai filter atau penyaring dimana jika Anda minum kopi yang berwarna hitam dan diproses oleh tubuh, maka air kencing Anda tidak berwarna hitam sebab air kopi sudah dicerna oleh tubuh dan airnya diarbsorbsi oleh ginjal sehingga warna kencing Anda tidak hitam.


Badan terasa lemah dan kurang gairah

Pada umumnya penderita ginjal akan mengalami keluhan lemas dan lemah karena kerja ginjal sebagai penyaring darah, penyaring air tidak berfungsi sebagaimana mestinya, akibatnya tubuh keracunan zat - zat yang berbahaya yang terlarut dalam peredaran darah Anda dan hal tersebut harus segera di saring / dilakukan pemurnian.

Tubuh menjadi bengkak

Pasien yang mengalami gangguan ginjal akan nampak kelihatan bengkak di seluruh tubuh, disebabkan karena ginjal tidak mampu melakukan kerja yang benar dalam proses pemurnian darah, akibatnya cairan tubuh, darah dan urin tidak dapat diabsorbsi oleh ginjal dan timbulah bengkak.

Di rumah sakit pada umumnya pasien yang terkena gagal ginjal harus dilakukan perawatan hemodalisa agar darah pasien dapat disaring atau di filter sehingga darah Anda tidak mengandung racun yang merusak kerja organ - organ lainnya.

Sakit di pinggang bawah

Biasanya pasien yang menderita ginjal dikaitkan dengan gejala nyeri pada pinggang bawah dimana gejala tersebut memang perlu dilakukan pemeriksaan klinis supaya pasien dapat dikategorikan bahwa pasien benar - benar menderita pada organ ginjal.

Cara melakukan cek secara manual sobat secangkir terapi dapat melakukan perabaan pada kedua sisi perut dibawah kuadran 7 dan 9 dengan menekan dari belakang punggung dan jika nyeri tersebut menjadi bertambah sakit dengan keluhan sakit mendalam di organ dipastikan bahwa sobat positif menderita ginjal, konsultasikan dengan dokter penyakit dalam mengenai perihal nyeri Anda.

Nafsu makan hilang dan tubuh pucat kekuningan

Salah satu tanda yang bisa dilihat pada pasien dengan gangguan ginjal adalah hilangnya nafsu makan dan pasien lebih cenderung untuk istirahat berlebih dan menahan nyeri di organ ginjal tersebut.

Tubuh menjadi pucat kekuningan

Tubuh menjadi pucat semu ditandai dengan kuning di seluruh wajah dan ada kaitannya dengan penyakit kuning dimana fungsi liver juga ada gangguan, konsultasikan dengan dokter mengenai hal tersebut.

Itulah 11 tanda dan penyebab penyakit ginjal akut yang patut Anda waspadai. Semoga informasi kesehatan diatas membantu sobat secangkir terapi untuk lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan ginjal Anda. 

Jaga ginjal Anda mulai dari sekarang dan jika ginjal Anda bermasalah segera konsultasikan dengan dokter yang ahli penyakit dalam. Semoga informasi kesehatan kami membantu Anda mengenali gejala dan penyebab penyakit ginjal.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel