Gambaran Klinis Penderita Osteoartritis dan Rematoid Artitis

nyeri dan sakit di jari - jari tangan dan lutut dan persendian pada tubuh



Osteoartritis dan Reumatoid Artritis

Sobat secangkir terapi, pasien osteoartritis (OA) biasanya menyerang usia 50 tahun keatas, namun pada beberapa kasus osteoartritis menyerang pada usia yang; lebih muda.

Pada pasien rematoid artitis (RA) umumnya terserang penyakit pada usia 30 - 50 tahun, namun jarang dijumpai pada usia lebih tua.

Perbandingan Gender Penderita OA dan RA

  • Jumlah penderita osteoartritis antara pria dan wanita adalah seimbang
  • Jumlah penderita rematoid artritis antara pria dan wanita adalah 3 berbanding 1.


Onset penyakit pada rematoid artritis lebih cepat dan bersifat progresif sedangkan pada osteoartritis lebih lambat.

Keluhan Penderita Rematik Sendi


Keluhan OA RA
Nyeri dull pain

sharp pain

Sifat nyeri tumpul nyeri tajam
Waktu malam hari pagi hari
Kaku sedi <30 menit 1 jam
Bengak inflamasi soft tissue swelling
Perubahan Sendi deformitas sinovitas
Sistemik demam
lemah otot
kelelahan
kaku
demam
otot lemah
kaku
Lokasi nyeri pesendian besar persendian kecil
Organ terkena lutut, bahu jari tangan, kaki
Created by sterno pena



Gambaran klinis pasien osteoartritis

Pada beberapa kasus penderita Osteoartitis akan mengalami gejala seperti bengkak dan nyeri terlokalisir seperti di lutut dengan keluhan nyeri tumpul namun sangat mengganggu aktifitas, seperti sujud dan rukuk bagi umat muslim, kegiatan buang air besar dan buang air kecil di toilet juga ikut terganggu dimana onset tersebut meningkat dengan faktor sekunder yang mempengaruhi seperti jatuh dari kamar mandi, posisi naik turun tangga, dll.

Penderita biasanya mengalami pucak nyeri disaat malam hari atau tepat disaat waktu istirahat malam dengan gejala nyeri selama  kurang lebih 30 menit dengan perubahan lutut menjadi bengkak dan susah untuk beridiri maupun berjalan.

Kelemahan tersebut jika tidak dilakukan terapi dengan benar, maka pasien bisa berlanjut kearah deformitas pada persendian, dimana bentuk sendi seperti lutut lebih besar pangkal daripada ujungnya dengan pasien merasa sakit sewaktu hendak berjalan.

Sehingga pasien osteortritis perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter syaraf dan dokter ortopedi mengenai perihal nyeri yang dirasakan dan onset yang terjadi. Dokter akan memeriksa secara detail dan dilakukan pengobatan dengan menggunakan obat pereda nyeri dan jenis NSAID lainnya, dimana dokter spesialis syaraf dan ortopedi akan mengarahkan pasien ke poli Fisioterapi untuk dilakukan terapi mengenai gejala pasien.

Gambaran klinis pasien reumatoid artritis

Untuk kasus Reumatoid Artritis akan mengalami gejala bengkak di persendian tangan dimana nyeri tersebut bisa menyebar di sekitar jari - jari tangan atau kaki dengan keluhan nyeri tajam menusuk jari Anda diikuti dengan gejala soft tissue swelling dimana jari menjadi memar karena ada robekan pada jaringan lunak atau sinovitis.

Penderita pada umumnya mengalami puncak nyeri disaat pagi hari atau tepat disaat waktu bangun tidur atau gejala nyeri ini disebut juga dengan morning sickness dimana pasien mengeluh kram dan kaku di persendian dan nyeri tajam sehingga aktifitas yang menggunakan jari - jari tangan terpaksa tidak bisa dilanjutkan karena pasien lebih cenderung untuk mempertahankan nyeri tersebut.

Pada pasien artitis apabila tidak dilakukan terapi yang benar, maka pasien akan berlanjut dengan gejala kelemahan pada jari - jari tangan dan hal tersebut ditandai dengan kaku pada jari sehingga kegiatan yang biasanya mengetik, memasak, menulis, menggunting dan lain -lain akan terhenti dengan keluhan tersebut.

Dokter syaraf dan dokter ortopedi pada umumnya memberikan obat anti NSAID dimana gejala nyeri dapat turun namun tidak dapat menyembuhkan secara fisik, sehingga dokter pada umumnya merujuk pasien dengan keluhan artitis sendi ke poli Fisioterapi untuk pengobatan lebih lanjut mengenai gejala yang diderita oleh pasien itu.

Demikian informasi gambaran klinis pasien osteoartritis dan rematoid artritis semoga membantu sobat secangkir terapi dalam mengelola nyeri dan keluhan yang Anda derita.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel