Cara Memijat WajahYang Benar (Facial Massage) Untuk Pasien Yang Mengalami Bell's Palsy Syndrome

senam wajah untuk pasien perot di wajah



Senam Wajah Untuk Wajah Miring


Sobat secangkir terapi, senam di wajah sangat dianjurkan untuk seseorang yang terkena wajah merot atau bibir perot (miring), mata susah di tutup dan sudut bibir mengalami kebocoran sewaktu minum air dan gangguan bersiul.

Gejala diatas merupakan indikasi awal pasien yang terkena bell's palsy syndrome, sehingga setelah dilakukan fisioterapi di wajah dengan menggunakan modalitas panas seperti Infra red ray (IRR), terapi electrical stimulation (ES) pasien dapat dilakukan metode latihan dengan benar, dimana senam tersebut akan mengembalikan keelastisan wajah dan kekuatan otot dengan metode facial skin massage.

Persiapan Sebelum Latihan Senam Wajah

  1. Persiapkan lotion atau cream wajah yang lembut
  2. Pastikan pasien dalam keadaan rileks, boleh duduk atau tidur
  3. Usapkan lotion ke tangan Anda dengan diratakan di permukaan wajah
  4. Gerakkan usapan tangan Anda dengan lembut pada wajah dan dilarang menggerakkan dengan kuat karena dapat menyebabkan kelemahan otot - otot wajah.
  5. Lakukan terapi facial skin massage sehari 2x atau pagi- sore, boleh juga sehari 3x.
  6. Gerakan Usapan yang benar adalah gerakan lembut tangan ke wajah diulangi 3x - 8x gerakan untuk satu latihan
  7. Lakukan latihan senam wajah ini selama minimal seminggu dengan kontinue dan sabar
  8. Evaluasi setiap hari wajah Anda, jika ada kemajuan maka catat hasilnya
  9. Terapi bell's palsy ini akan efektif bila sebelum dilatih digunakan terapi modalitas panas dan elektrikal stimulation (ES) untuk inervasi otot - otot wajah yang mengalami kelemahan.
  10. Setelah itu lakukan terapi facial massage dengan lembut dan rutin setiap hari selama seminggu 


10 latihan yang perlu dilakukan Untuk Senam Wajah

Lakukan gerakan latihan senam wajah seperti gambar diatas.
  • Latihan nomer satu: dengan kedua telapak tangan bersatu di atas dahi dan cara melakukan senam dengan menarik kedua jari tangan berjauhan pada dahi Anda, namun jempol tangan Anda tetap menempel di bawah mata, gerakkan secara halus dengan 8x usapan jari .
  • Latihan nomer dua : dengan merubah kedua jempol di dekat telinga Anda dan usapkan kedua telapak tangan Anda pada pelipis dan tarik dengan lembut otot frontalis mengarah ke telinga Anda dan kedua jempol tetap di tempat menjaga gerakan lembut usapan pelipis Anda dengan 8x usapan jari.
  • Latihan momer tiga : posisi jempol tetap sama seperti latihan nomer dua, dimana pandangan mata mengarah keatas dan kedua telunjuk jari Anda diusap pada otot di bawah mata, usap secara halus mengarah ke telinga Anda, gerakkan secara lembut 5x gerakan.
  • Latihan nomer empat : lepas jempol Anda dan usap di bawah mata Anda tepat pada otot bucinator, dengan mulut ekspresi bersiul, gerakkan dengan halus 8x usapan mengarah ke telinga Anda.
  • Latihan nomer lima : jepit hidung Anda dengan jari telunjuk dan jari tengah, sedangkan tangan yang lainnya satu telunjuk berdiri menutup kedua bibir, cara melatih senam dengan menekan kedua bibir dengan telunjuk kearah atas dan bawah dengandiulangi 8x hitungan.
  • Latihan nomer enam : tarik kedua telunjuk tepat pada sudut bibir Anda dengan arah gerakan kesamping bawah secara lembut dan ulangi 10x gerakan.
  • Latihan nomer tujuh : letakkan kedua telunjuk Anda pada bibir atas dengan kedua telunjuk mengusap lembut gerakkan dengan arah saling menjauhi dan mengarah ke telinga Anda, usap secara lembut selama 8x gerakan.
  • Latihan nomer delapan : posisi mulut terbuka atau mirip bersiul dan letakkan telunjuk Anda tepat di sudut bibir Anda dengan gerakan usap yaitu kearah samping bawah, melingkar pada tepi bibir Anda dengan 10x gerakan.
  • Latihan nomer sembilan : Usap kedua pipi dengan telapak tangan Anda dimana posisi bibir setengah tersenyum dari pipi atas kearah bawah dagu Anda dan ulangi 5x gerakan.
  • Latihan nomer sepuluh : miringkan leher Anda / menoleh ke samping kanan dan kiri kepala Anda, dimana telapak jari Anda mengusap leher tepat pada saat otot platysma kontraksi dengan arah gerakan dari leher atas / batas dagu Anda kearah bawah leher / batas bahu Anda. Gerakan usap 8x gerakan.

Semoga informasi latihan senam wajah ini dapat membantu sobat secangkir terapi dalam mengobati pasien bell's palsy di klinik atau tempat kerja Anda.


Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel