7 Macam Gejala Demam Berdarah Yang Wajib Anda Ketahui

7 Macam Gejala Demam Berdarah Yang Wajib Anda Ketahui

nyamuk penyebab demam berdarah



Penyakit Demam Berdarah

Sobat secangkir terapi, memasuki musim hujan kita dihadapkan dengan musim penyakit demam berdarah atau yang biasanya dikenal dengan singkatan DBD.

Nyamuk Penyebab Demam Berdarah

Kehadirannya wabah tersebut diakibatkan oleh virus dengue yang ditularkan dari nyamuk yang cukup berbahaya seperti nyamuk Aedes aegypti yang berkelamin betina. 

Nyamuk yang kemunculannya hanya pada siang hari, akan memberikan sebuah gigitan yang nantinya akan mengakibatkan suatu penyakit yang cukup berbahaya. 

Virus yang disebabkan dari nyamuk Aedes aegypti tersebut yang dapat menyebabkan gangguan-gangguan pada pembuluh darah kapiler serta dapat menyebabkan pembekuan dalam darah.

Sehingga dapat menimbulkan pendarahan kemudian jika sudah memasuki masa kronis pasien bisa berujung pada kematian.

Musim Demam Berdarah

Demam berdarah yang sering menyerang semua orang biasanya mewabah ketika adanya pergantian musim hujan kemusim kemarau atau juga sebaliknya diantara musim kemarau kemudian masuk ke musim penghujan.

Untuk mengantisipasi demam berdarah Anda harus lebih waspada dalam mengenali gejala demam berdarah. Ingin tau apa saja tanda-tanda terkena penyakit demam berdarah?

Gejala dan Tanda Demam Berdarah

Inilah 7 macam gejala demam berdarah yang wajib Anda simak, yakni :
  1. Penyakit demam berdarah biasanya dapat dikenali mulai dari tubuh yang mendadak mengalami panas yang tinggi selama 2 hingga 7 hari.
  2. Munculnya bintik-bintik merah pada kulit Anda, bintik-bintik tersebut susah dihilangkan hal ini patut Anda waspadai, sebab yang begini merupakan tanda-tanda terkena penyakit demam berdarah.
  3. Demam berdarah biasanya juga terdapat tanda-tanda seperti keluarnya darah melalui lubang hidung yang biasanya disebut dengan mimisan.
  4. Penderita demam berdarah juga sering mengalami muntah darah ataupun berak darah.
  5. Munculnya pendarahan yang petekie, purpura, atau ekimosis bisa menjadi penyebab awal terjadinya demam berdarah yang menyerang tubuh Anda.
  6. Terjadinya peradangan di lambung Anda dapat mengakibatkan rasa nyeri pada ulu hati Anda, hal ini juga pertanda dari penyakit demam berdarah.
  7. Bila penyakit demam berdarah Anda sudah parah, maka penderita akan sering gelisah, dan pada ujung tangan serta kakinya akan menjadi dingin dan juga berkeringat. Selain itu juga dapat menyebabkan perdarahan pada selaput lendir mukosa, dan alat cerna gastrointestinal, dan juga tempat suntikan.


Pentingnya mengenali gejala terkena demam berdarah ditujukan agar Anda lebih waspada terhadap penyakit yang akan menyerang kesehatan Anda. 

Uraian singkat 5 macam gejala demam berdarah penulis semoga bermanfaat untuk Anda. Jagalah kebersihan rumah dan lingkungan Anda yang dapat mengundang datangnya nyamuk Aedes aegypti yang menyebabkan demam berdarah.

Semoga informasi kesehatan di atas membantu Anda untuk mengenali gejala yang ditimbulkan oleh nyamuk pembawa demam berdarah.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel