Tahukah Narkoba Flakka Merubah Korban Menjadi Zombie dan Sangat Berbahaya



Sobat secangkir terapi, waspadalah terhadap jenis narkoba terbaru bernama flakka. Peredaran flakka jenis narkoba baru ini telah meresahkan masyarakat dunia dan di kategorikan sebagai obat narkoba golongan 1, dimana obat jenis flakka masuk kedalam obat perusak saraf dan di kategorikan sebagai narkotika dan obat - obatan terlarang yang membahayakan kesehatan.

Kabar Korban Penyalahgunaan Obat Flakka

Kabar terbaru terjadi di Kendari, Sulawesi Selatan, dimana banyak korban berjatuhan setelah meminum obat dewa dimana ternyata obat itu PPC dan mengundang perhatian warga setempat. Banyak orang yang tidak mengetahui apa penyebab banyak korban menjadi gila, kemudian ada isu yang mengatakan bahwa terjadi masalah dengan konsumsi obat berbahaya itu dan merujuk kepada pil flakka.

Seorang wanita asal Kendari yaitu Lily, melihat dengan jelas kejadian gila bersama - sama setelah para pemuda disana meminum obat itu, kata Lily korban menjadi gila setelah meminum obat itu, dimana anak - anak kecil juga ikut menjadi korban dan menjadi gila semua, sehingga dia ketakutan.

Sejarah Singkat Flakka

Apa itu Flakka ?

Flakka atau pil zombie merupakan obat yang dibuat dengan senyawa MDPV (Methylene Diox Pyro Valerone) dan pertama di kembangkan oleh sebuah tim di Boehringer Ingelheim, Jerman pada tahun 1960.

MDPV sebenarnya digunakan untuk obat perangsang atau stimulasi otot dan saraf, namun penggunaan obat tersebut tidak jelas sampai sekitar tahun 2004, Pada tahun 2012 ketika dilaporkan dan dimodifikasi obat tersebut oleh tim desainer obat.

Pada awalnya obat flakka digunakan oleh tim medis untuk obat kelelahan kronis dan aneroktik, namun obat tersebut belakangan ini di salahgunakan untuk obat penguat seperti superhero.

Obat tersebut terbentuk seperti garam mandi (bath salt) dimana produk yang diberi label sebagai garam mandi yang mengandung MDPV, sebelumnya dijual sebagai obat rekreasi saja di pom pengisian bahan bakar kendaraan atau SPBU dan toko serba ada di Amerika Serikat.

Struktur Kimia Flakka

Namun belakangan ini obat tersebut disalahgunakan para pengedar obat gelap dan memodifikasinya dimana mereka menargetkan anak - anak muda, pekerja tambang, kuli bangunan dan para tunawisma yang notabene ingin kuat dan perkasa harus mengkonsumsi obat flakka.

Target Penyalahgunaan Flakka

Anak - anak muda dan tunawisma dijadikan sebagai obyek penjualan karena mereka lebih mudah dan cepat untuk dipengaruhi.

Flakka di kategorikan sebagai obat penguat untuk orang miskin atau kalangan bawah agar mereka menjadi superhero, seperti tokoh Hulk yang berwarna hijau, yang menjadi kuat karena sintesis bioteknologi.

Harga Obat dan Tempat Penjualan Flakka

Harga obat flakka dijual seharga $3- $5 atau Rp. 39.000 - Rp. 65.000 untuk satu pil flakka, namun di beberapa daerah obat tersebut bisa dijual lebih mahal karena cara mendapatkan dan pengolahan flakka tergolong sangat rumit dengan mencampur garam mandi dan beberapa senyawa lainnya menjadi pil gila.

Pil gila tersebut di jual bebas di tempat - tempat keramaian dan kumpulnya anak - anak muda yang suka ikut klub, seperti klub balap liar, klub memancing, klub ajeb - ajeb atau diskotik, dll

Beberapa waktu yang lalu datang narkoba Flakka dari China yang di impor langsung oleh pengedar obat gelap dari negara Tiongkok dan polisi berhasil menggagalkan Flakka seberat 1,5 ton yang diselundupkan lewat kapal di pelabuhan.

Bentuk dan Jenis Flakka

Bentuk narkoba flakka seperti bubuk garam kristal yang sangat halus dan higroskopis dan mereka menggumpal menyerupai gula bubuk.

Gambar obat flakka

Warna flakka terbentuk putih murni sampai coklat kekuning-kuningan dan memiliki sedikit bau yang menguat dengan ciri khas seperti bau bromin saat bersentuhan dengan udara, uap air dan basa kuat.

Ciri dan Bau Khas Flakka

Bau bromin adalah bau pesing seperti bau kencing dan bersifat kimiawi yang dihasilkan oleh reaksi senyawa MMDV dimana bersinggungan dengan udara bebas yang terdapat uap air yang tinggi dalam ruangan dan kadar basa kuat yang terlalu pekat dalam ruangan.

Penggunaan dan Cara Menggunakan Flakka

Para korban penyalahgunaan flakka biasa menggunakan obat tersebut dengan cara di hisap lewat hidung seperti menggunakan kokain, bisa juga diminum, disuntik ke peredaran darah, seperti tangan.


Daya Rusak Jenis Narkotika Baru dan Lama

Daya Rusak Flakka lebih berbahaya daripada kokain, morfin, dan heroin. Menurut dokter saraf yang pernah saya tanyai, daya rusak satu pil Flakka setara dengan 100x lipat konsumsi pil morfin atau 10 kali lipat heroin dan 15 kali lipat kokain.




Efek Flakka Menurut Ahli Psikologis

Penggunaan dosis tinggi flakka mengancam korban dimana terjadi serangan panik yang intens dan berkepanjangan sehingga korban menjadi gila dan tidak bertoleransi seperti zombie.

Korban yang telah menjadi zombie oleh pengaruh obat tersebut mengamuk dan menjadi gila dengan menghancurkan apa yang dilihat dan dirasa tidak enak di hati korbannya dan dilakukan diluar kesadarannya.

Sebab dorongan hasrat yang tak tertahankan menjadikan korban meluapkan semua emosi dan membuat apa yang dilihat, apa yang membuat dia kecewa, apa yang membuat dia takut menjadi berani diluar kesadarannya dan dilakukan tanpa sadar.

Efek Flakka Menurut Dokter

Efek psikologis utama memiliki durasi kira-kira 3 sampai 4 jam, dengan efek samping seperti takikardia, hipertensi, dan rangsangan ringan yang berlangsung dari 6 sampai 8 jam.
  1. Korban akan mengalami sakau
  2. Korban akan mengalami kejang sesaat dengan temperatur tubuh naik dan panas.
  3. Korban akan menjadi sekarat.
  4. Korban terkena ilusi akut
  5. Jantung berdebar sangat kencang
  6. Korban menjadi gila dan mengamuk
  7. Otot menjadi hancur dan lumpuh setelah mengkonsumsi itu
  8. Saraf pusat dan perifer terbakar
  9. Korban lumpuh
  10. Korban meninggal

Bahaya yang ditimbulkan oleh Flakka dengan penggunaan over adalah :
  1. Kerusakan saraf pusat dan saraf tepi.
  2. Kerusakan hati dan ginjal akibat keracunan obat.
  3. Kerusakan otak akibat tetekan saraf simpatis.
  4. Pernapasan dan jantung berdetak tidak menentu akibat terjadi kejang otot pernapasan dan jantung berhenti berdetak.
  5. Otot - otot motorik pada ekstremitas tubuh menjadi hancur dan kolaps.
  6. Mengakibatkan kematian dalam waktu dekat.

Bahaya Yang ditimbulkan Oleh Flakka Menurut Polisi
  1. Banyak anak - anak dan korban tunawisma maupun para kuli bangunan yang mengamuk dan menjadi gila sehingga mereka merusak dan menghancurkan apa yang dilihat.
  2. Kecemasan dan keresehan masyarakat dengan banyaknya telepon masuk ke kantor polisi perihal aktivitas tak lazim diluar kesadaran.
  3. Kecelakaan lalu lintas di jalan raya meningkat karena kontrol kesadaran korban hilang.
  4. Hilangnya kontrol imajinasi dan intoleransi dimana korban tidak lagi mengenal keluarga, sahabat dan teman sehingga korban dikategorikan gila dan dilepas dari pasal pidana maupun perdata.
  5. Dan perbuatan negatif lainnya.

Beberapa waktu yang lalu tim dari berbagai instansi pemerintah dan perguruan tinggi negara mulai dari:
  1. BNN ( Badan Narkotika Nasional).
  2. Labfor Polri (Laboratorium Forensik Polri).
  3. UI (Universitas Indonesia).
  4. ITB (Institut Teknologi Bandung).
  5. BPPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan).

Melakukan riset dan meneliti efek dari flakka dan mengajuakan temuan tersebut ke Kementerian Kesehatan agar di syahkan Undang - Undang mengenai larangan penggunaan obat terlarang jenis baru yang dinamakan flakka yang akan meresehkan masyarakat.

Sumber:

  • Wikipedia
  • Detik
  • Liputan6
  • Kompas
  • Food and Drug Administration ( FDA)


Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel