Merawat Wajah Dengan Metode Alami Tanpa Banyak Biaya

Merawat Wajah Dengan Metode Alami Tanpa Banyak Biaya

merawat kulit wajah agar sehat dan mengatasi wajah kusam


Sobat secangkir terapi, kulit wajah merupakan aset yang sangat berharga dalam menjaga kesehatan dan kecantikan Anda.

Merawat Wajah Dengan Benar

Memasuki usaha remaja kulit kita tampak menjadi imut dan cantik, namun ketika kita sudah menjadi dewasa ada perubahan yang terjadi pada kulit wajah Anda, diantaranya tanda kusam, bergaris, mata panda, ada keriput, bekas koreng, dll.

Kulit adalah jendela bagi tubuh, ada beberapa faktor yang menyebabkan perubahan kulit wajah sangat cepat dan mengganggu kesehatan kulit wajah Anda seperti:
  1. Makanan
  2. Minuman
  3. Pencernaan
  4. Liver yang bagus untuk mendetoks
  5. Stres
  6. Pola tidur
  7. Penggunaan bahan kimia kosmetik
  8. Merokok
  9. Kebiasaan jelek yang menjadi kebiasaan, misal: mengerutkan dahi berlebihan
  10. Penyakit bell's palsy

Anda mungkin termasuk orang yang peduli dengan kesehatan dan kecantikan dimana selalu berhati - hati dalam memilih jenis makanan yang masuk kedalam tubuh Anda. Mungkin juga karena kosmetik yang dioleskan ke pipi Anda sehingga membuat kulit wajah menjadi cantik dan lembut.

Jangan dianggap sepele lo, sobat. Kecantikan wajah Anda tergantung dari cara perawatan dan cara menggunakan bahan kimia alami yang cocok untuk membuat Anda tampil sehat dan segar saat dilihat banyak orang.

Sehat, segar dan elastis sampai tua pada kulit wajah sangat di idam - idamkan oleh banyak orang dimana hal tersebut merupakan aset berharga yang Anda miliki, bahkan ada juga sebagian orang yang merogoh kocek hingga puluhan juta demi menjaga kulit wajah agar terawat.

Perawatan kulit wajah menjadi pilihan di saat jerawat dan bekas keriput di wajah menjadi tanda bahwa kekuatan dan elastis wajah mulai menuru, penggunaan kosmetik yang berlebihan dan menjadikan kulit Anda gelap dan tidak manis lagi jika Anda salah dalam menggunakannya.

Sebisa mungkin pakailah kosmetik yang berbahan dasar alami, namun hal tersebut memang memerlukan biaya yang tidak sedikit dalam hal berpenampilan, tapi banyak yang tidak cocok dengan jenis kosmetik berbahan dasar alami sehingga timbul detoks di wajah Anda.

Berikut ini tips untuk merawat wajah Anda secara alami tanpa biaya banyak dan menghilangkan detoks di kulit wajah bekas kosmetik yang tidak cocok.

1. Gunakan Kosmetik Berbahan Dasar Alami yang Tepat

Baca terlebih dahulu pada label bahan tersebut, pada kemasan bahan kosmetik di bawah botol atau di bungkus botol tersebut tertera label komposisi bahan, jika terdapat bahan kimia di kosmetik alami seperti dibawah ini:
  • Paraben
  • Phthalates
  • Propelyene glicol
  • Sodium laural sulfate

Bahan diatas harap di hindari karena dapat menyebabkan kanker di kulit, bahan tersebut disematkan di dalam label kosmetik berbahan dasar alami, sehingga kulit Anda mungkin akan kelihatan segar sesaat, namun jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang akan mengakibatkan kanker kulit dan timbulnya masalah wajah yaitu terkena detoks di kulit.

2. Konsumsi Makanan yang Menyehatkan Kulit Wajah Anda.

Orang banyak berpikir, bahwa perawatan wajah itu cukup fokus diluar tubuh yaitu pada wajah, padahal apa yang di konsumsi ke dalam tubuh Anda berperan dalam menyehatkan kulit wajah Anda.

Makanan yang bagus untuk menjaga dan merawat kulit wajah Anda adalah seperti berikut:
  • Alpukat
  • Tomat
  • Mentimun
  • Teh hijau
  • Blubery
  • Coklat
  • Buah delima
  • Kefir
  • Almond
  • Salmon
  • Bayam
  • Kiwi
  • Kale

Bukan makanan yang bergizi saja yang diperlukan oleh kulit Anda, makanan yang mengandung vitamin C, E dan K sangat bagus dalam merawat kulit wajah agar selalu tampil muda dan cantik.

Kandungan vitamin C, E, K telah terbukti memberikan kulit menjadi segar dan bergairah serasa mengkilap dan terang saat dilihat oleh orang.

3. Jaga Pencernaan Anda

Menjaga pencernaan merupakan aset terbaik dalam menjaga kualitas kulit wajah Anda. Banyak orang berwajah kusam kering disebabkan oleh gangguan pencernaan dan kurangnya asupan air minum yang diperlukan oleh tubuh Anda. Konsumsi air minum 8 gelas perhari atau 2,7 liter bagus untuk menjaga kesehatan wajah Anda. 

Penyebab kulit wajah selain kusam dan kering. Faktor pencernaan berperan penting dalam mendukung seseorang agar tampil sehat dan fit. Selain itu pencernaan memerlukan asupan makanan yang tinggi serat agar kerja dari usus halus menjadi lancar.

Konsumsi bahan makanan yang mengandung rendah serat, seperti mie instan, junk food, kolesterol tinggi dan santan menyebabkan kerja usus halus menjadi berat dalam mencerna sari makanan sehingga menimbulkan efek yaitu perubahan wajah yang tidak elok lagi dan berminyak.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat sangat diperlukan oleh tubuh untuk membuang racun dan mengistirahatkan beberapa organ tubuh yang seharian bekerja, agar tidak terlalu keras dan terforsir dalam melakukan aktifitas harian tubuh, misal mata, paru, jantung, saraf, dan kulit.

Tidur yang terbaik adalah 7 jam cukup dalam menormalkan kerja fungsi organ sepeti kulit wajah, orang yang sering begadang dan memforsir tubuh akan mengalami keausan di kulit wajah ditandai mata menjadi lebam, mata panda, timbul kerutan di dahi, dll 

Kulit dan otot wajah juga memerlukan istirahat yang cukup dalam regenerasi kulit wajah agar tidak mudah terjadi keluhan seperti diatas.

Bernapas dengan benar juga diperlukan oleh tubuh dan kulit wajah dalam menunjang aktivitasnya, seseorang yang bernapas terburu - buru karena emosi dan sering gelisah akan menyebabkan wajah menjadi cepat berkerut. Cobalah untuk berlatih yoga atau meditasi.

5. Manjakan Kulit Wajah Anda

Gunakanlah pelembab wajah dengan slowly dan gentely yaitu usap wajah Anda dengan lembut dan gerakkan memutar wajah dengan pijatan ringan, sebab dapat menurunkan efek kejut kontraksi otot wajah jika di usap terburu - buru dan kuat.

Banyak orang tidak menyadari menggunakan usapan yang kuat pada wajah Anda dapat menurunkan elastisitas wajah dimana otot minor wajah tertarik kuat oleh otot mayor wajah.

Otot minor wajah seperti otot bucinator, platysma dan otot minor pada wajah lainnya tertarik kuat oleh otot zygomaticus saat terjadi usapan keras, sehingga bentuk wajah Anda akan tertarik ke satu sisi yang kuat dan merubah kecantikan Anda.

6. Jaga Wajah Anda Tetap Bersih.

Banyak orang yang salah menggunakan pembersih wajah yang beredar di pasaran, seperti pembersih wajah berbusa atau facial wash.

Efek salah menggunakan pembersih wajah akan menimbulkan efek gatal dan alergi di wajah dengan timbulnya kutil atau jerawat, sebenarnya pembersih wajah digunakan sebagai pembersih kotoran dari debu dan sisa make up namun kebanyakan pembersih wajah digunakan agar kulit tampil bersih dan mengkilap. Pori - pori kulit wajah sangatlah kecil dan bisa tersumbat oleh debu, kotoran sisa make up.

Penggunaan make up yang tidak bersih di wajah juga akan menyebabkan wajah Anda menjadi kusam. Pembersih wajah yang terbaik menurut pakar kecantikan wajah adalah sabun khusus wajah atau dinamakan facial wash gel dimana gel tersebut membersihkan sisa - sisa kotoran di kulit wajah serta debu yang menempel dan berbahan alami, sehingga tidak lekas kering dan pudar.

7. Sering Berwudhu dengan Air Bersih Mengalir

Manfaat sering berwudhu akan menyebabkan wajah menerima asupan air segar dimana pori - pori wajah terbuka dan menerima reseptor air yang dapat mengurangi kekeringan pada wajah.

Kebanyakan orang salah dalam berwudhu. Kualitas air yang digunakan untuk membasuh muka juga bisa menyebabkan orang menjadi kusam dan gelap di wajah.

Penggunaan air wudhu yang bagus adalah digunakan saat air bersih mengalir dan tidak terkena pancaran kuat sinar matahari pada wajah Anda, usap dengan lembut dan terarah.

8. Jauhi Kipas Angin dan AC yang mengenai Wajah Anda

Orang yang mengalami wajah yang perot atau menceng disebabkan karena kelemahan pada nervus facialis (saraf wajah), dimana saraf wajah yang menjaga agar wajah menjadi simetris berubah menjadi asimetris karena pengaruh kipas dan udara dingin yang mengenai wajah.

Pengaruh penggunaan kipas angin dan AC yang terkena wajah dalam jangka panjang akan menyebabkan perubahan pada otot wajah Anda, padahal udara dingin malam atau berkendara pada malam juga merupakan faktor otot wajah menjadi lekas melemah.

Hal demikian jika terjadi kelemahan pada otot wajah juga akan menyebabkan seseorang menjadi tidak cantik lagi, jadi usahakan agar menghindari angin yang kuat dan hembusan dingin AC mengenai wajah secara konstan dan lama, karena berpotensi menderita bell's palsy.

9. Mulailah dengan Latihan Senam wajah

Latihan senam wajah sangat diperukan oleh otot wajah dalam menjaga daya elastis otot tersebut, senam wajah bisa dilatih sehari 2x dimana latihan tersebut sangat mudah dan bisa di aplikasikan dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja.

Mulailah dengan melatih otot di bibir Anda dengan cara mengedutkan otot bibir Anda ke satu sisi wajah selama 8x kedutan kemudian dilanjutkan ke satu sisi wajah yang berbeda 8x hitunga.

Otot dahi juga perlu dilatih dengan cara kerutkan keatas otot dahi Anda 8x dan kebawah 8x, fungsi latihan ini untuk menjaga daya elastis otot wajah Anda pada wajah.

Hidung juga perlu dilatih dan disenamkan dengan cara kembungkan hidung 8x dan tarik mulut ke dagu atau kebawah supaya otot hidung berkontraksi dengan rileks.

Kembungkan mulut 8x dan ciutkan dinding wajah 8x agar terjadi kontraksi otot wajah di bibir dan pipi.

Kerlipkan atau kedipkan mata ke satu sisi dengan cara menutup satu mata Anda dan mata yang lain dibiarkan melihat 8x agar terjadi kontraksi mata Anda dengan normal, dan kemudian mata yang sebelahnya juga dilatih 8x sehingga terjadi efek kontraksi potensial mata Anda.

10. Belajarlah, Tersenyumlah

Menurut ahli kecantikan wajah, dengan tersenyum lebar, maka membangkitkan atau mengaktifkan puluhan otot wajah dan ribuan saraf wajah menjadi normal dan segar.

"Seringlah tersenyum lebar, walau dunia kejam kepadamu". Pepatah itu merupakan cara agar kita menjadi tegar dan kuat dalam menghadapi masalah hidup, namun pepatah itu juga bisa digunakan untuk terapi wajah yang mengalami kelemahan seperti sering tersenyum akan menjaga agar otot - otot wajah sehat dan tidak mudah keriput.

Kebalikan jika kita sering merengut dengan raut muka kecewa, sedih juga akan menidurkan atau menonaktifkan puluhan otot wajah dan ribuan saraf wajah menjadi pasif sehingga Anda kelihatan sakit dan murung, padahal Anda sehat akibatnya kebiasaan tersebut membuat wajah Anda berubah memudar dan berkerut.

Manfaat tersenyum lebar ternyata membuat kerja dari otot wajah, saraf wajah dan kulit wajah menjadi cerah dan cemerlang.

Metode di atas tidak banyak mengeluarkan biaya mahal dan tidak perlu untuk operasi wajah, sebab pengalaman ini diambil oleh beberapa ahli kecantikan wajah secara alami.

Sumber:

Majalah Kecantikan Wajah - Perawatan Wajah Secara Alami
Buku Anatomi Otot Wajah
Kasus Penyakit Bell's Palsy dan penanganan

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel