Masalah Kehamilan Yang Ditakutkan Oleh Ibu Hamil

Masalah Kehamilan Yang Ditakutkan Oleh Ibu Hamil

masalah ibu hamil takut


Sobat secangkir terapi, masalah kehamilan yang banyak ibu takut katakan adalah masalah yang membuat ibu memilih untuk membicarakannya dengan orang lain, karena merasa malu.

Masalah Kehamilan Yang Ditakutkan

Perubahan hormonal dalam tubuh membuat organ tubuh berubah dan menimbulkan masalah yang sensitif.

Misalnya :
Masalah dengan sistem pencernaan dan kencing membuat sang ibu merasa malu membicarakannya. Periksa apa saja masalahnya dan apa penyebabnya.

Sindrom kencing

Sindrom kencing adalah gejala yang umum terjadi pada wanita hamil, terutama pada beberapa bulan terakhir kehamilan. Ini adalah kasus dimana sejumlah kecil atau lebih urin dilempar keluar dan Anda tidak dapat mengendalikannya. Kencing dapat terjadi saat Anda batuk, bersin atau tertawa, yang biasanya membuat tidak nyaman saat hamil.

Penyebab:

Saat kehamilan berlangsung, rahim mengembang ke dalam kandung kemih dan pada akhir kehamilan, kepala bayi bergerak ke panggul dan menekan kandung kemih sehingga menyebabkan buang air kecil terus-menerus dan sering merasa ingin kencing.

Tips:

Beberapa wanita memilih untuk membatasi asupan air untuk memperbaiki kondisi ini, tapi tidak lah baik jika asupan air dikurangi, karena dapat menyebabkan tubuh kekurangan air dan bayi di perut kurang cairan ketuban. Anda perlu tahu bahwa buang air kecil saat hamil itu normal. Jangan terlalu khawatir karena setelah lahir masalah ini akan hilang.

Anda bisa membatasi air kencing, berikut ini adalah solusinya:
  1. Sering sering buang air kecil, bila Anda merasakan ingin kencing dan bahkan jika Anda tidak merasa ingin kencing, untuk menghindari kandung kemih penuh air.
  2. Latihan kegel membantu melatih otot-otot di sekitar uretra dan vagina dan meningkatkan kemampuan mengendalikan kandung kemih.
  3. Namun, jika sindrom kencing yang berhubungan dengan urtikaria akut, sensasi rasa nyeri atau seperti terbakar, Anda harus segera menemui dokter karena mungkin terdapat gejala infeksi saluran kemih.

Sembelit selama kehamilan

Konstipasi pada wanita hamil biasanya terjadi akibat

  • Karena perubahan hormonal dalam tubuh,
  • Karena diet rendah serat,
  • Karena perkembangan janin
  • Karena berat badan dan kelelahan saat hamil, wanita hamil seringkali memiliki aktivitas fisik yang terbatas.

Tips

  1. Diet selektif namun selektif membantu mengurangi kembung.
  2. Cobalah untuk mempraktikkan kebiasaan buang air besar dan sebaiknya di pagi hari karena selama ini kolik rektum memiliki gerakan terkuat, yang mungkin tidak terbiasa pada awalnya namun akan beradaptasi secara bertahap.
  3. Minum banyak air putih sekitar 7-8 gelas air putih sehari karena air membantu melembutkan dan membuang limbah dengan mudah, sehingga mengatasi risiko sembelit, mengonsumsi serat (melengkapi makanan seperti sayuran, buah-buahan pohon)
  4. Cobalah berolahraga dengan berolahraga yang sesuai dengan kesehatan dan tubuh wanita hamil.
  5. Bersendawa

Ini menyebabkan perasaan malu dan memalukan yang dihadapi wanita hamil saat mereka berada di kerumunan. Bahkan wanita hamil pun bisa bersendawa sekali setiap lima menit tanpa dapat mengendalikan kondisi ini.

Sistem Pencernaan Terganggu

Penyebab

Karena kehamilan, sistem pencernaan ibu akan bekerja lebih lambat dari biasanya, bakteri di usus memiliki lebih banyak waktu untuk dicerna dan enzim juga menciptakan lebih banyak gas di dalam usus. Selain itu, jika diet harian lebih cenderung menyebabkan kembung, mengempis juga bisa dimengerti.

Tips

  • Batasi makan makanan yang bisa menyebabkan Anda sering bersendawa seperti keju, krim, bawang merah, bawang putih, kol, ubi jalar, kacang.
  • Makanlah banyak makanan kecil, saat makan harus dikunyah dengan hati-hati, hindari makan saat berbicara dan tertawa karena Anda bisa menelan lebih banyak udara ke dalam usus.



Gatal saat hamil

Pruritus selama kehamilan juga merupakan gejala umum yang harus dihadapi 14% wanita hamil yang sangat kaya dan bervariasi, kemungkinan karena:
  • Kulit diregangkan, diregangkan karena perkembangan janin, peregangan ini menandai penyebab gatal hamil 20%. Tanda peregangan umum yang disebabkan oleh stretch mark adalah abdomen, dada, dan paha.
  • Karena vasodilatasi selama kehamilan menyebabkan kulit menjadi sensitif dan meningkatkan rasa gatal.
  • Beberapa wanita hamil memiliki folliculitis rambut.
  • Kolesterol di hati bisa menyebabkan kulit wanita hamil mengering dan gatal

Tips

1. Jika Anda banyak mengeluarkan keringat, perlu memakai pakaian katun, pakaian ketat bisa menyebabkan gatal akibat penyumbatan pembuluh darah, sering mandi agar dapat mengangkat sel-sel mati pada kulit untuk membersihkan kulit.
2. Usahakan tidak menggaruk karena goresan semakin banyak, semakin terasa gatal-gatal yang menyebar lebih banyak dan terasa lebih gatal. Cobalah untuk membatasi gatal dengan menerapkan kompres dingin atau panas.
3. Jangan mandi air hangat lama karena setelah mandi, kulit Anda rawan kekeringan dan gatal.
Perhatikan PH lotion yang Anda gunakan, coba ganti gel shower untuk melihat apakah gatal sudah terkoreksi bukan karena PH yang tidak semestinya yang bisa mengiritasi kulit.




Wasir karena kehamilan

Ada banyak kasus dimana wanita hamil terkejut bahwa sebelum hamil tidak ada wasir tapi selama kehamilan mereka menghadapi penyakit yang bisa menyebabkan pembengkakan anus dan pendarahan dari kotoran. Ada kasus wasir yang menonjol keluar dan terasa sakit.

Dokter menyarankan agar wanita hamil dengan wasir selama kehamilan benar-benar normal saat hamil, karena:

Seiring pertumbuhan bayi yang besar, rahim secara bertahap menumpuk dan tekanan terbentuk melawan pembuluh darah pelvis, menyebabkan pembuluh darah di sekitar anus turun dari peredaran dan membentuk wasir.

Sembelit terus-menerus. Saat konstipasi hamil sering dikompres saat buang air besar, tekanan pada tekanan usus menyebabkan urat nadi meregang, durasi berkepanjangan sangat mudah terjadi pada wanita hamil yang menderita wasir.

Tips:

  • Jangan duduk dalam jangka waktu yang lama, sering ganti posisi Anda.
  • Diet banyak minum air putih, serat, untuk hindari sembelit berkepanjangan.
  • Dalam kasus wasir pada wanita hamil perkembangan janin, sebaiknya Anda menemui dokter. Bergantung pada kasus spesifik, dokter akan memberi perawatan yang tepat.

Masalah kehamilan yang banyak ditakuti ibu di atas termasuk penyakit tidak serius, masalah tersebut hanya menyebabkan ibu merasa tidak nyaman, terkadang malu, yang menyebabkan komunikasi lebih sedikit dengan dunia luar.

Semoga informasi kami membantu Anda selama kehamilan.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.