Manfaat Tanaman Gamal Untuk Kesehatan Kulit dan Mata

khasiat tanaman gamal untuk kulit dan mata


Sobat secangkir terapi, sudahkah Anda tahu tanaman Gamal ?

Satu lagi tanaman yang mungkin kita pandang sebelah mata namun  ternyata  kaya akan manfaat dan multi guna untuk kehidupan manusia yang akan saya bagikan kali ini yaitu tanaman gamal.

Di daerah pedesaan biasanya tanaman ini dijadikan pagar hidup di pekarangan ataupun pagar pembatas kebun.daunya biasa digunakan untuk pakan ternak seperti kambing, domba,sapi ataupun kerbau.

Tentang Tanaman Gamal

Nama lain tanaman Gamal adalah Sliridia, liriksidia, sirida,sirindia (Jawa.); cebreng, kalikiria, kiria (Sunda.); kh’è: no:yz, kh’è: fàlangx (Laos (Sino-Tibetan) bunga Jepun (Malaysia.); kakawate (Filipina); madre de cacao (Portugis); mata raton (Honduras); dan gliricidia, Nicaraguan coffee shade (Inggris).Nama Gamal sendiri merupakan singkatan atau akronim dari ganyang mati alang-alang

Gamal berasal dari daerah Amerika Tengah dan Brazil. Di daerah asalnya digunakan sebagai pelindung tanaman kakao/coklat dan dikenal dengan nama madre cacao. Oleh penjajah Eropa tanaman ini dibawa ke benua Asia dan ditanam di India dan Srilanka sebagai tanaman pelindung teh sejak tahun 1870-an.

Gamal masuk ke Indonesia melalui perusahaan perkebunan Belanda yang tertarik untuk menggunakannya sebagai tanaman pelindung di perkebunan teh di Medan pada tahun 1900-an. Namun, gamal hanya belum menyebar dan hanya ditemukan di daerah Medan saja. Pada tahun 1958 gamal ditemukan oleh Bapak R. Soetarjo Martoatmodjo.

Beliaulah yang memberinya nama Gamal yang diambil dari nama cucunya dan sama seperti nama presiden Mesir Gamal Abdul Nasser. Gamal atau Kemal atau jamal artinya halus.

Bapak Soetarjo menafsirkan galam sebagai unta yang sanggup menundukkan sahara di Indonesia, yaitu padang alang-alang. Menteri pertanian Indonesia waktu itu Bapak Frans Seda mengartikan galam sebagai Ganyang Mati Alang-alang, karena gamal digunakan untuk membasmi alang-alang.

Bapak Soetarjo mempopulerkan tanaman gamal ini ke seluruh Indonesia. Sekarang tanaman gamal bisa temui hampir di seluruh Indonesia. Gamal merupakan tanaman

Perdu atau pohon kecil, biasanya bercabang banyak, tinggi 2–15m dan gemang (besar batang) bisa mencapai 15–30 cm. Pepagan coklat keabu-abuan hingga keputih-putihan, kadang kala beralur dalam pada batang yang tua. Menggugurkan daun di musim kemarau.

Daun majemuk menyirip ganjil, panjang 15–30 cm; ketika muda dengan rambut-rambut halus seperti beledu. Anak daun 7–17 (-25) pasang yang terletak berhadapan atau hampir berhadapan, bentuk jorong atau lanset, dengan ujung runcing dan pangkal membulat. Helaian anak daun gundul, tipis, hijau di atas dan keputih-putihan di sisi bawahnya.

Gamal mempunyai bunga, sehingga sebagian orang menanamnya sebagai tumbuhan yang eksotik. Bunga gamal sering Nampak di seluruh pohon, meskipun dalam kondisi daun yang sangat sedikit.Karangan bunga, muncul ketika daun berguguran.

Karangan bunga berupa malai berisi 25-50 kuntum, 5–12 cm panjangnya. Bunga berkelopak 5, hijau terang, dengan mahkota bunga putih ungu dan 10 helai benangsari yang berwarna putih. Umumnya bunga muncul di akhir musim kemarau, tatkala pohon tak berdaun.

Buah polong berbiji 3-8 butir, pipih memanjang, hijau kuning dan akhirnya coklat kehitaman, memecah ketika masak dan kering, melontarkan biji-bijinya hingga cukup jauh dari pohon induknya.

Habitat asli tanaman gamal adalah hutan gugur daun tropika, di lembah dan lereng-lereng bukit, sering di daerah bekas tebangan dan belukar. Pada elevasi 0–1600 m dpl.

Tumbuh pada berbagai habitat dan jenis tanah, mulai pasir sampai endapan aluvial di tepi danau, pada curah hujan 600–3500 mm/tahun.

Gamal bisa diperbanyak dengan vegetatif dan generatif(dengan biji), khususnya yang segar (baru), dapat ditanam tanpa perlakuan pendahuluan, langsung di lahan atau di persemaian.

Cara lain ialah dengan menanam stek batangnya, panjang maupun pendek. Stek panjang sepanjang 1–2,5 m dan dengan diameter 6–10 cm, diruncingkan kedua ujungnya dan digores-gores potongan sebelah bawahnya untuk merangsang tumbuhnya akar. Stek panjang ditanam sedalam lk 50 cm agar kuat.

Stek pendek 30 – 50 cm panjangnya dan diperlakukan serupa dengan stek panjang. Stek pendek ditanam lebih kurang sepertiganya dalam tanah.

Kandungan Kimia Gamal


Daun-daun gamal mengandung banyak protein dan mudah dicernakan, sehingga cocok untuk pakan ternak, khususnya ruminansia(hewan memamah biak).

 Daun-daun dan rantingnya yang hijau juga dimanfaatkan sebagai mulsa atau pupuk hijau untuk memperbaiki kesuburan tanah.

Daun-daun, biji dan kulit batang gamal mengandung zat yang bersifat racun bagi manusia dan ternak, kecuali ruminansia (hewan pemamah biak).

Dalam jumlah kecil, ekstrak bahan-bahan itu digunakan sebagai obat bagi berbagai penyakit kulit, rematik, sakit kepala, batuk, dan luka-luka tertentu.

Ramuan bahan-bahan itu digunakan pula sebagai pestisida dan rodentisida alami (gliricidia berasal dari bahasa Latin yang berarti kurang lebih racun tikus)

Manfaat Gamal Untuk Kesehatan


Gamal Untuk mengobati Sakit Kuning (liver)

Daun gamal bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan fungsi normal hati. Caranya daun gamal secukupnya ditumbuk halus kemudian tambahkan air kelapa hijau secukupnya.

Saring airnya, dan tambahkan dengan madu secukupnya. Air seduhan diminumkan ke penderita sakit kuning, setidaknya 2 kali sehari setiap pagi dan sore. lakukan hal ini secara teratur dan buktikan manfaatnya.

Rebusan Akar dan daun gamal untuk mengobati Berbagai penyakit

Rebusan daun & akar Gamal bisa dipakai sebagai obat penyakit reumatik, epilepsi, diuretikum, dan gonorrhoea.Air rebusan ini juga bisa sebagai peluruh dahak atau riak, penyakit batuk, peluru haid, pelancar ASI.

Cara membuatnya ambil akar dan daun gamal secukupnya lalu cuci bersih,kemudian rebus akar dan daun gamal tersebut dengan 4 gelas air,sisakan hingga 2 gelas.saring dan dinginkan air rebusan akar dan daun gamal.Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari satu gelas.agar rasanya tidak terlau pahit bisa ditambahkan madu saat meminumnya.

Daun gamal untuk Menghilangkan Flek Wajah.

Daun Gamal bisa digunakan untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan flek hitam di wajah. Daun Gamal dicuci bersih dan ditumbuk sampai halus.

Penggunaanya dioleskan sebagaimana masker ke wajah 10 menit sebelum mandi.

Daun gamal Untuk mengatasi defisiensi vitamin dan mineral

Daun gamal juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan yang diakibatkan karena kekurangan vitamin dan mineral seperti kekurangan vitamin A (gangguan penglihatan).

Kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan vitamin B1 (beri-beri), kekurangan vitamin B2 (kulit kering dan pecah-pecah), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin C (pendarahan gusi), kekurangan kalsium (osteoporosis), kekurangan zat besi (anemia), kekurangan protein (rambut pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan pada anak).

Manfaat rebusan/seduhan bunga dan daun gamal untuk mengobati berbagai penyakit.

Ekstrak (daun dan bunga) Gamal bisa dimanfaatkan untuk mengobati radang tenggorokan, flu, dan cacingan. Caranya dengan minum air rebusan/seduhan bunga dan daun Gamal secara teratur

Gamal Untuk Mengobati Penyakit Kulit

Sejak Dahulu gamal dipercaya bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit,menghilangkan kutu kulit ataupun jamur kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini anda bisa menggunakan akar, kulit batang dan daunya.namun yang lebih sering dimanfaatkan biasanya daunya.

Caranya daun ditumbuk atau dihaluskan dan diberi air secukupnya balurkan pada bagian yang sakit diamkan kurang lebih sepuluh menit,kemudian bersihkan

Manfaat gamal Untuk mengobati sakit mata(belekan)

Untuk mengobati sakit mata/belekan bisa dengan menggunakan air yang ada pada batang atau akarnya.

Caranya pada pagi hari potonglah batang atau akar gamal, buatlah meruncing pada salah satu ujungnya.tunggu sampai keluar airnya dan bubuhkan pada mata yang sakit.tidak hanya untuk yang sakit air dari batang dan akar gamal ini juga baik untuk membersihkan atau kompres mata alami.

Itulah beberapa manfaat tanaman gamal untuk kesehatan dan pengobatan tradisional. Semoga informasi kami bermanfaat untuk Anda.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel