Latihan Untuk Pergeseran Tulang Belakang (Back Bone Exercise)

Latihan Untuk Pergeseran Tulang Belakang (Back Bone Exercise)

 senam untuk pergeseran tulang belakang





Sobat secangkir terapi, pasien yang mengalami pergeseran tulang belakang atau vertebra, kebanyakan mengeluh pada otot paravertebral dan keluhan pada saat gerakan mobile tubuh.

Nyeri Punggung Bawah

Pasien yang mengeluhkan nyeri pada otot paravertebral dipicu oleh sakit sewaktu menggerakkan anggota gerak tubuh mengikuti ritme gerakan punggung, pinggang dan leher.

Ritme gerakan leher, pinggang dan punggung merupakan gerakan paling mobile di seluruh tubuh sehingga pasien sering mengalami cedera berulang atau disebut whirplas injury.

Pergeseran Tulang Belakang

Cedera berulang tersebut salah satunya ditandai dengan pergeseran tulang atau dalam bahasa medisnya disebut spondilosis vertebralis dimana ruas antar tulang vertebra yang normal telah berubah derajat arkus nya sehingga mengalami perubahan formasi vertebra.

Kebanyakan setelah di anamnesa, pasien hanya mengeluhkan gejala tegang dan nyeri di otot-otot paravertebral. Perubahan ini terjadi disaat tulang belakang melakukan aktivitas normal seperti menundukkan leher, membungkukkan pinggang, memiringkan badan dan mengangkat suatu benda berat.

Salah satu indikasi nyeri di pinggang adalah gejala sakit di otot quadratus lumbrorum, di punggung biasanya otot belikat seperti otot trapezius, otot pectoralis mayor dan minor, di leher otot sternocleidomastoideus dan otot scalenius medianus, scalenus posterior.

Disini kami akan memberikan latihan untuk meredakan keluhan pada tulang belakang.

 cara melatih pasien yang bergeser tulang belakang

Petunjuk latihan senam Punggung

1. Menggerakkan panggul

Pasien harus meregangkan otot- otot punggung dan memperkuat otot perut, kedua lutut di tekuk dan diluruskan. kencangkan perut bersamaan dengan mengencangkan bokong, tekan pinggang bawah ke lantai.

2. Satu Lutut ke Dada

Pasien harus meregangkan pinggang ke bawah, bokong dam panggul tarik ke salah satu lutut ke dada, lutut lainnya tetap lurus di bawah, lakukanlah secara bergantian.

3. Dua Lutut Ke dada

Pasien meregangkan pinggang bawah, bokong, dan pinggul, tarik kedua lutut ke dada, lalu turunkan kedua kaki kebawah dan luruskan kedua lutut.

4. Memutar Pinggang Bawah

Pasien mengangkat pinggang bawah, pinggul dan otot lintang perut, telapak kaki di lantai. Kedua lutut ditekuk dan di jatuhkan ke salah satu sisi tubuh bagian atas tetap lurus, miringkan kepala ke arah yang berlawanan, lakukan pada sisi yang berlainan.

5. Meluruskan Kaki Ke Atas

Pasien meregangkan otot-otot paha dan panggul, angkat satu kaki ke atas, pertahankan lutut agar tetap lurus, jari kaki menunjuk ke arah kepala lutut lainnya di tekuk dan lirus.

6. Sit Up Parsial

Pasien memperkuat otot perut, kedua lutut ditekuk, kedua tangan diletakkan di dada kedua lengan di letakkan di belakang kepala.

Tekuk dagu ke dalam, kencangkan perut, angkat kepala dan tubuh bagian atas, angkat kedua tulang belikat dari lantai. Jangan mengencangkan leher, jangan menarik dengan kedua lengan.

7. Mengangkat Panggul

Pasien memperkuat bokong, tekuk kedua lutut dan kencangkan perut serta bokong, angkat pinggul dari lantai. Jangan mendorong terutama dengan kaki.

8. Isometris Tubuh Bagian Atas

Pasien memperkuat punggung atas dan tengah, kedua luitut di tekuk dan diluruskan. Dorong kedua siku yang ditekuk pada lantai, secara bersamaan kencangkan kedua tulang belikat, lengkungkan punggung atas.

9. Isometris Punggung Bagian Bawah

Pasien memperkuat bokong dan tungkai, kedua lutut diluruskan, kencangkan bokong secara bersamaan, kencangkan otot - otot paha, dorong kedua lutut kebawah dan tarik jari-jari kaki ke atas ke arah muka atau kepala.

Demikian 9 latihan dalam mengembalikan tulang yang belakang yang sudah mengalami pergeseran, semoga latihan di atas membantu sobat dalam mengurangi ketegangan otot vertebral dan reposisi tulang punggung yang bergeser.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.