Kiat Terbaik Hadapi Asam Urat

Kiat Terbaik Hadapi Asam Urat

asam urat menyerang persendian lutut


Asam Urat

Sobat secangkir terapi, konsumsi makanan yang tinggi zat purin akan menyebabkan penumpukan sampah sisa pembuangan organik di dalam tubuh Anda, sehingga terjadinya peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh Anda.

Pada umumnya laki - laki sangat rentan terkena asam urat daripada perempuan, sebab pada perempuan sampah organik tersebut larut dan ikut keluar di saat wanita mengalami datang bulan (menstruasi), namun pada perempuan yang menopouse juga bisa terkena gejala asam urat.

Disamping itu, pasien yang tinggi asam urat lebih ke masalah pada metabolisme tubuh yang kurang lancar, sehingga pengeluaran sampah organik tersebut tidak bisa dibuang lewat keringat, feses, urin. Akhirnya mengendap di persendian tubuh Anda, dengan gejala sakit waktu diangkat atau digerakkan.


Contoh gejala asam urat tinggi

Pasien tidak mampu dan merasa kesakitan sewaktu bangkit dari kamar tidur karena tingginya asam urat di persendian lutut.

Konsumsi obat - obatan penurun asam urat sebenarnya bagus, bila asam urat sudah naik, namun jika di konsumsi berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan gangguan pada ginjal Anda.

Penyebab tinggi asam urat adalah kita kurang waspada dengan makanan yang kita makan dan lupa dengan takaran yang aman dalam menjaga kadar zat purin agar aman.

Selain penumpukan zat purin yang menyebabkan asam urat.

Faktor pemicu tingginya asam urat

  1. Obesitas (berat badan berlebih).
  2. Konsumsi makanan rendah energi.
  3. Penyakit ginjal.
  4. Leukimia.
  5. Psoriasis.
  6. Obat - obatan yang mengandung diuretic thiazide.

Kiat menghadapi asam urat sebenarnya cukup mudah dilakukan yaitu cukup diet anti purin, namun juga sulit untuk dihindari karena makanan yang lezat dan efek samping obat diuretic thiazide serta penyakit yang memicu asam urat, seperti leukimia, ginjal dan psoriasis tidak bisa dihindari dengan diet sehat.

Tapi kami akan memberikan solusi praktis dimana tidak membebani makanan dan juga tidak menghindari penyakit seperti diatas dengan cara melakukan diet pilihan.

Kiat yang kami pilih ini mempertimbangkan segi kesehatan yang terbaik digunakan oleh pasien agar tidak terjadi penumpukan zat purin yang berlebih di dalam tubuh. Untuk penyakit seperti contoh di atas memang tidak bisa dihindari namun perlu dikelola agar tidak membebani hidup Anda karena sakit yang diderita.

Cara Mengobati dan Mengelola Asam Urat


1. Diet Rendah Purin

Pasien wajib mengkonsumsi makanan rendah purin seperti: roti putih, sereal, keju, coklat, telur batasi sampai 1 butir/hari, buah, susu, es krim, minyak zaitun, mie, pasta, puding, beras dan sayuran seperti sayur sop.

2. Hindari Makanan yang Tinggi Purin

Pasien wajib menghindari makanan yang mengandung zat purin tinggi seperti jeroan, hati, sayuran bayam, kacang - kacangan, sarden, ikan teri, ekstrak daging, otak sapi, jantung.

Beberapa makanan yang mengandung 100 - 1.000 mg atau 0,1 - 1 gram zat purin dalam satu porsi makanan adalah hati, ginjal, sarden, ekstrak daging, otak dan usus.

Pada sayuran juga ada yang tinggi zat purin seperti bayam, kol, dll. Untuk konsumsi tempe dan tahu aman asal jangan di konsumsi berlebih, batasi tidak lebih dari 90 gr per hari.

Batasi juga makanan yang mengandung 100 gram purin dalam 100 gram makanan, seperti: satu porsi daging 90 gr ikan atau unggas dan satu porsi sayuran.

Takaran Makanan Untuk Asam Urat

Untuk takaran gram bisa menggunakan sendok makan atau lebih akurat menggunakan timbangan elektronik, untuk ukuran sendok makan yaitu:

  • 1 sendok makan air = 15 gram
  • 1 sendok makan gula merah = 15 gram
  • 1 sendok makan garam = 10 gram
  • 1 sendok makan gula pasir = 20 gram
  • 1 sendok makan minyak goreng, margarin = 10 gram


Aturan makan aman tinggi zat purin

  • Tempe boleh dimakan dalam 4x takaran sendok makan perhari dengan berat 20 gram
  • Daging ayam dan daging sapi juga boleh dikonsumsi dengan berat 90 gram saja atau 2x makan pagi sore dengan berat takaran 45 gram atau satu sendok makan per hari.
  • Ikan sungai, ikan laut juga boleh dimakan, namun jangan sampai makan lebih dari 90 gram atau takaran 1 sendok makan per hari.
  • Ikan sarden dan ikan yang diawetkan atau ikan asin hendaknya di hindari karena tiap 1 sendok makan mengandung tinggi zat purin. Jika makan batasi 1/2 sendok makan per hari.
  • Sayuran yang kehijauan mengandung zat purin yang tinggi, seperti bayam, kangkung, dll. Untuk konsumsi sayur bayam sebenarnya boleh asal makan 1/2 sendok makan 2x perhari atau konsumsi pagi 1/2 sendok makan dan sore 1/2 sendok makan cukup.
  • Kacang - kancangan tinggi zat purin juga, seperti kacang tanah, kacang polong, kacang hijau. Batasi 1/2 sendok makan per hari cukup.
  • Burung dara, ayam kampung, unggas juga boleh di konsumsi asal makan 1/2 sendok makan per hari cukup.
  • Telur ayam batasi 1 butir per hari, atau jika konsumsi pagi sore cukup setengah telur untuk pagi dan setengah telur untuk siang.
  • Susu kedelai sebaiknya di konsumsi kurang dari 1 sendok makan per hari.
  • Untuk jerohan seperti usus, hati, otak, limpa, paru sebaiknya dihindari makan dan jangan di takar.

Catatan

Kebanyakan dokter melarang pasien mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin seperti contoh di atas, namun jika makan dibatasi dan hanya makan sedikit tidak membuat asam urat naik dengan tinggi.

Dokter melarang makanan yang tinggi zat purin sebab terkadang kita keasikan dan keenakan memakan makanan yang lezat, sehingga lupa dengan takaran makan yang aman dan akibatnya naiklah asam urat itu.

3. Aktifkan Metabolisme Tubuh

Pada pasien yang jarang bergerak dan obesitas (gendut) beresiko tinggi terkena asam urat, karena metabolisme tubuh tidak sempurna. Metabolisme merupakan aktifitas pembakaran kalori tubuh dan sampah - sampah organik yang mengganggu peredaran darah, sehingga zat beracun tersebut dapat dikeluarkan.

Cara mengaktifkan metabolisme tubuh agar sempurna yaitu lewat olahraga, dimana adrenalin terpacu dan keringat keluar, sehingga zat purin yang mengendap dalam tubuh dapat dikeluarkan lewat keringat sehabis olahraga.

Namun pada beberapa orang walaupun berolahraga aktif dan sering berkeringat tetap saja asam urat masih tinggi, karena adanya gangguan sistem pembakaran tubuh dan gangguan ginjal.


4. Jaga batas Aman Asam Urat dengan Cek Laborat Mini

Menurut WHO (World Health Organization) atau organisasi kesehatan dunia, batas minimum asam urat yang aman adalah 2,1 mg/dl untuk pria dan wanita dan batas tertinggi asam urat pria dan wanita adalah 7,5 mg/dl, dengan rincian tabel seperti berikut:


Jenis Kelamin
dan Usia
Nilai Terendah
Asam Urat
Nilai Tertinggi
Asam Urat
Pria dewasa
usia 18 - 40
2 mg/dl 7,5 mg/dl
Wanita dewasa
usia 18 - 40
2 mg/dl 6,5 mg/dl
Pria usia 40+ 2 mg/dl 8,5 mg/dl
Wanita usia 40+ 2 mg/dl 8 mg/dl
Anak laki - laki
usia 10 -18
3,6 mg/dl 5,5 mg/dl
Anak perempuan
usia 10 - 18
3,6 mg/dl 4 mg/dl
Sterno - Pena

Nilai diatas adalah nilai terendah dan tertinggi untuk asam urat, sehingga sobat secangkir terapi, bisa menjaga nilai normal asam urat tersebut diantara 2,1 - 7,5 mg/dl.

Jika Anda tidak sempat cek ke laboratorium klinis, alangkah baiknya sobat bisa cek laborat mudah dengan menggunakan mesin :"Cek darah lengkap" yang banyak dijual di pasaran, seperti Nesco, Easy touch, dll dengan harga produk Rp. 255.000 - Rp. 350.000.


5. Minum Obat Penurun Asam Urat

Obat penurun asam urat yang bagus, saya dapat resep dari dokter spesialis penyakit dalam adalah obat ponuric 300 mg diminum 2x per hari. Pagi dan sore. Harga Rp. 55.000 dan HET (harga eceran tertinggi) = Rp. 59.000.

Pengalaman Ayahku biasa mengkonsumsi obat alopurinol untuk asam urat, namun kurang bagus bila asam urat sudah kronis, untuk obat diatas lumayan manjur dalam menurunkan asam urat kronis.

6. Terapi Hemodialisa Bila Asam Urat Susah dikendalikan

Pasien yang mempunyai asam urat tinggi dan tidak kunjung turun selama 2 bulan, biasanya terdapat gangguan pada ginjal, sehingga timbunan asam urat tidak bisa diabsorbsi oleh ginjal dan perlu dicek dulu kesehatan ginjal Anda.

Bila ginjal ada gangguan dan terjadi kerusakan kronis, maka pilihan terbaik dalam mengatasi asam urat yang tinggi dan penyakit ginjal dengan cuci darah rutin di Unit Hemodialisa rumah sakit yang terdekat dengan Anda.

Cuci darah yang terbaik kami anjurkan seminggu 2x agar darah Anda bersih dari racun dan sisa sampah organik tubuh, seperti asam urat bisa diturunkan dengan cepat.

Untuk jenis penyakit psoriasis, menurut dokter setempat bisa diobati dengan foto terapi, salep oles, suntikan dan obat - obatan.
Untuk leukimia atau kanker darah putih bisa diobati dengan kemoterapi dan radioterapi.
Untuk obat - obatan diuretic thiazide, mohon konsultasikan dengan dokter di tempat Anda.

Mungkin itu pengalaman kami dalam mengatasi asam urat, semoga artikel kami bermanfaat untuk kesembuhan Anda dan kami ucapkan terimakasih atas atensi Anda dalam membaca kiat terbaik dalam menghadapi asam urat.


DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.