Kesalahan Saat Hamil Yang Harus Dihindari Demi Menjaga Kesehatan Ibu dan Bayi Anda



Sobat secangkir terapi, di saat ibu sedang mengandung biasanya akan mengalami sindrome kekuatiran dimana kesalahan atau tindakan yang tidak seharusnya dilakukan saat hamil, terkadang dilakukan dan hal tersebut memang perlu dihindari untuk menjaga kesehatan anak yang ada di dalam kandungan.

Untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi perlu respon yang cepat dan juga harus mengetahui tentang kesehatan apa yang harus dilakukan dan kekurangan apa yang harus dihindari demi menjaga bayi dan ibu hamil tetap sehat dan tidak mengalami gangguan pasca melahirkan yang dikuatirkan banyak orang.

Banyak ibu hamil yang berpikir bahwa mereka melakukan yang terbaik untuk orang yang mereka cintai tapi sebenarnya tindakan mereka adalah salah. 

Artikel ini akan menunjukan kesalahan ibu hamil agar terhindar dari kesehatan yang buruk. Ibu hamil bisa belajar dan memeriksa apakah ada kesalahan pada diri sendiri dan bagaimana untuk memperbaikinya. 

Demi kesehatan ibu dan bayi tercinta, silakan baca artikel di bawah ini.

1. Makan untuk dua orang memudahkan ibu memiliki kelebihan berat badan dan beresiko keguguran

Sayang sekali mengatakannya kepada Anda, ketika tes kehamilan memberi tahu Anda kabar baik, itu tidak berarti Anda bisa makan dengan nyaman. Sebenarnya, untuk memberi nutrisi yang cukup bagi bayi Anda.

 Anda hanya perlu menambahkan 300 kalori sehari dalam makanan untuk wanita hamil. Bahkan pasokan energi ekstra ini pun tidak diperlukan hingga awal trimester ketiga.

Anda perlu tahu bahwa kelebihan berat badan dapat menyebabkan komplikasi seperti diabetes gestasional dan preeklampsia, jadi penting untuk menjaga berat badan yang disarankan. 

Sebaiknya tanyakan kepada dokter Anda untuk mengetahui berapa banyak yang Anda butuhkan untuk meningkatkan berat badan selama kehamilan.

Menurut American Maternity Association, wanita yang memiliki berat badan sedang sebelum kehamilan harus meningkatkan berat badan sebesar 11-16 kg, orang yang kurang gizi sebelum hamil harus meningkatkan berat badan sebesar 12-18 kg.

Wanita yang kelebihan berat badan (obesitas) sebelum hamil harus menurunkan berat badan sebesar 7-11 kg, Pada ibu hamil yang gemuk harus mengikuti instruksi dokter kandungan, pada umumnya ibu hamil seharusnya dapat meningkatkan berat badan sebesar 6 - 9 kg, pada kehamilan bayi kembar kebanyakan berat badan ibu hamil meningkat lebih dari 16-20 kg.

2. Menerapkan diet bisa menyebabkan janin menjadi kurus


Pada beberapa kasus wanita hamil selalu memanfaatkan kesempatan untuk menjadi manja karena adanya perilaku memanjakan diri sendiri. Sementara ibu hamil yang lain melakukan hal yang sebaliknya dan menghasilkan "penambahan berat badan" yang tidak mencukupi selama kehamilan.

 Jangan lupa bahwa tubuh Anda juga perlu digemukkan supaya bayi yang ada di dalam kandungan menjadi sehat dan lahir normal, jadi Anda terpaksa harus berusaha menambah berat badan sendiri. 

Sobat secangkir terapi, Anda mungkin belum puas dengan tubuh Anda sebelumnya, tapi sebenarnya bukan saatnya diet untuk menurunkan berat badan. Sebagai gantinya, Anda perlu makan makanan seimbang antara makanan utama dan makanan ringan, ambil bagian dalam latihan olahraga yang telah diizinkan oleh dokter kandungan Anda.

Jangan khawatir untuk tetap fit karena Anda akan memiliki banyak waktu untuk melakukannya setelah bayi Anda lahir.

Studi tentang diet pada ibu hamil telah menunjukkan tanda bahwa wanita yang memiliki berat badan kurang cenderung berisiko memiliki anak dengan berat badan kurang. Bayi yang lahir dengan berat badan kurang berisiko mengalami kematian atau kurang berkembang secara fisik dan intelektual.

3. Abaikan masalah pra-kehamilan yang membuat morning sickness menjadi lebih buruk

Banyak ibu hamil yang sakit atau sering mual dan mengeluh bahwa vitamin prenatal hanya membuat gejala menjadi lebih buruk, namun Anda harus tahu bahwa suplemen tersebut penting yang harus Anda minum setiap hari.

Bayi Anda membutuhkan nutrisi yang seimbang dan termasuk vitamin untuk pertumbuhan dan perkembangannya, jadi jika dosis harian tidak cocok bagi Anda, maka jangan ragu untuk berbicara dengan dokter kandungan Anda mengenai vitamin yang cocok untuk di konsumsi selama kehamilan Anda.

Dalam kasus ini, dokter kandungan mungkin meresepkan nama merek lain atau merekomendasikan alternatif, seperti obat cair dimana obat tersebut lebih nyaman untuk perut Anda. 

Anda juga bisa minum vitamin pada waktu lain, atau tanyakan kepada dokter kandungan Anda apakah Anda bisa menghentikan minum vitamin tersebut.

4. Beritahu dokter kandungan Anda tentang masalah selama kehamilan


Anda mungkin ingin menikmati banyak alkohol sebelum menyadari bahwa Anda sedang hamil. Anda mungkin berada dalam hubungan yang tidak terjamin atau mungkin Anda tidak bisa menahan godaan untuk menikmati hidangan sashimi segar dan sushi yang lezat dimana terkandung alkohol dalam menu makanan itu. 

Ingat, tidak ada manusia yang sempurna, dan dokter kandungan tidak mampu mengharapkan dari Anda untuk tidak mengkonsumsi makanan tersebut karena di kuatirkan mengganggu kehamilan Anda. 

Sebagai gantinya dan sangatlah penting untuk bersikap jujur ​​kepada dokter kandungan Anda mengenai kehidupan Anda dan kesalahan yang mungkin Anda buat saat mempersiapkan bayi Anda. 

Dokter Anda pasti memerlukan data yang Anda berikan untuk membantu Anda memiliki bayi yang sehat, jadi Anda harus jujur ​​dengan dokter kandungan Anda. 

Bahkan jika Anda merasa malu untuk membicarakan apa yang Anda lakukan, ungkapkanlah karena semuanya adalah untuk anak didalam kandungan Anda.

5. Istirahat yang tidak memadai membuat tubuh ibu kekurangan energi dan lelah


Hidup ini bisa menjadi stres pada setiap waktu, dan Anda bisa menjadi tipe orang yang emosian pada tengah malam disaat Anda melakukan suatu pekerjaan yang membuat tensi Anda naik. Tapi saat Anda memiliki sedikit semangat, Anda perlu memastikan tubuh Anda beristirahat. 

Sobat secangkir terapi, terlalu banyak kerja pada wanita hamil dapat membakar energi Anda, dan tubuh Anda, pikiran juga memerlukan waktu untuk menumbuhkan energi baru dan semnagat baru. 

Studi menunjukkan bahwa wanita yang tidak cukup tidur atau terkena insomnia lebih cenderung memiliki masalah selama persalinan.

Salah satu faktor ibu yang mengalami persalinan dengan operasi caesar, biasanya terkena penyakit insomnia atau gejala susah tidur, karena kurangnya istirahat yang cukup dan menyebabkan tubuh menjadi lemah serta harus diambil tindakan operasi caesar saat melahirkan. Karena itu usahakanlah tubuh Anda untuk istirahat dengan cukup.

Dalam mengurangi insomnia seharusnya konsultasikan dengan psikiatris Anda supaya Anda dapat tidur nyenyak dan cukup istirahat agar terhindar dari operasi caesar saat persalinan Anda.

6. Terlalu fokus pada janin dan melupakan diri sendiri membuat kehamilan lebih buruk


Kehamilan pasti akan mengubah gaya hidup Anda, tapi itu tidak mempengaruhi semua aspek. Karena itu, jagalah gaya hidup Anda sehari-hari dan terus lakukan apa yang Anda sukai. 

Jika Anda ingin berlari, tubuh Anda mungkin bisa dan mengijinkan dimana menyalakan lampu hijau menjadi tanda untuk Anda melakukannya, namun agar Anda dapat terus berlari, seharusnya Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu.

Mampu bertemu teman, berkencan dan jangan buang waktu Anda selama 40 minggu dengan sia - sia, agar Anda tidak kuatir apa yang seharusnya tidak boleh dilakukan.

Kesalahan yang harus dihindari oleh ibu hamil agar kesehatan ibu dan janin terjaga telah dirangkum di sini, artikel diatas merupakan masalah yang harus ibu hamil perhatikan untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan.

Semoga informasi kesehatan ini berguna untuk ibu hamil dan keluarga di rumah.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel