Jalur Saraf Terpenting di daerah Jari dan Telapak Tangan Manusia

saraf di jari dan telapak tangan manusia ada 3 jenis


Sobat secangkir terapi, tangan manusia mempunyai persarafan yang kompleks dimana fungsi jari tangan berfungsi untuk kegiatan yang membutuhkan aktivitas motorik kasar dan motorik halus.

Jalur Persarafan Terpenting di daerah Jari dan Telapak Tangan Manusia

Motorik kasar hanya terdapat pada jalur saraf di kaki, hasil dari gerakan tersebut adalah gerakan kasar dan sinergi.

Gerakan sinergi dan kasar dibutuhkan oleh kaki dalam melangkah dan mengayunkan tungkai, sehingga kaki bisa berdiri kokoh. Gerakan tersebut disebut lokomotor, pada orang stroke gerakan tungkai menjadi lebih kasar lagi karena kehilangan reflek berjalan normal dan timbul reflek patologis sehingga gerakan tersebut menjadi asosiasi.

Motorik halus dan motorik kasar berpadu dalam gerakan di tangan manusia sehingga jari dan telapak tangan manusia bergerak dinamis dan lentik, seperti: gerakan tari, gerakan mengetik di keyboard komputer, gerakan menulis di buku, gerakan halus dalam menyentuh layar handphone android, dll

Jalur saraf tersebut ternyata sangat rumit dan komplek dimana fungsi motorik kasar dan halus mempunyai peranan terpenting dalam menjaga ritme gerakan yang dinamis, dan setiap jari di tangan manusia mempunyai jalur persarafan yang berbeda.

Jalur persarafan utama manusia di jari dan telapak tangan ada 3 buah

Yaitu saraf ulnaris, saraf radialis, saraf medianus.

Jalur tersebut Terbagi Menjadi 3 Jalur Utama:

1. Jalur Saraf Ulnar
2. Jalur Saraf Radius
3. Jalur Saraf Median

Saraf medianus, ulnaris dan radialis pada tangan dan jari manusia
Gambar Jalur Saraf Terpenting Manusia

Pada jalur saraf ulnaris berfungsi untuk menggerakkan gerakan anggota gerak tangan menjadi gerakan jari tangan membuka dan ekstensi keatas. Gerakan tersebut gerakan halus sehingga kita dapat menggerakkan jari tangan dengan lentik, seperti menulis, mengetik.

Jalur saraf radialis berfungsi dalam menggerakkan anggota gerak tangan dan jari tangan menjadi ekstensi, adduksi dan semi rotasi. Gerakkan tersebut gerakan halus sehingga kita dapat menggerakkan jari tangan dengan leluasa, contoh menjumput, mengapit, mencubit.

Pada jalur saraf medianus berfungsi dalam menjaga kestabilan saraf ulnaris dan radialis tangan sehingga gerakkan yang timbul kasar, contoh mengulir, memutar dan mencengkram dengan kuat.

Kelemahan Saraf Tangan dan Jari

Jika terjadi kelemahan pada saraf medianus dan ulnaris, maka akan menghasilkan gerakan drop hand atau tangan drop tidak kuat mengangkat keatas, contoh seperti memegang gas pada sepeda motor tidak mampu.

Kelemahan saraf tersebut jika tidak diketahui jalur mana yang mengalami drop, maka untuk mengobati pasien tersebut sangat sulit, diupayakan agar jalur saraf di area tangan tersebut mempunyai dermatome dan myotome sehingga tangan yang drop ketahuan kelemahanannya yaitu pada jalur medianus dan ulnaris.

Gambar diatas ditunjukkan bahwa saraf ulnaris pada posisi palmar mensarafi jari 2,3,4,5 untuk area posterior telapak tangan, area metapalang.

Sedangkan untuk saraf radialis posisi palmar mensarafi jari 1,2,3,4,5 untuk area interpahalang, deep interphalang dan metapalang.

Saraf medianus posisi palmar mensarafi jari 1,2,3 untuk area interpahalang, deep interphalang dan metapalang.

Drop Pada Saraf Tangan

Apabila terjadi drop di area medianus, maka gerakan kasar tangan juga ikut menghilang atau hanya gerakan halus aja dan didapatkan gerakan untuk memutar tutup botol menjadi berat karena gerakan kasarnya telah hilang.

Apabila terjadi drop di area ulnaris, maka gerakan halus tangan juga ikut menghilang didapatkan hasil gerakan untuk mengetik, menulis pasien tidak mampu lagi.

Apabila terjadi drop di area radialis, maka gerakan halus jari tangan untuk mencubit, menjumput akan hilang, sehingga gerakkan menjadi tidak mampu lagi.

Jalur saraf sangat penting dalam menjaga gerakan halus dan gerakan kasar sehingga jika terjadi drop perbaikan otot cukup di area saraf tersebut saja.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel