Sembuhkan Spasmofilia dengan Pisang Kepok

Sembuhkan Spasmofilia dengan Pisang Kepok

 Pisang Kepok untuk menurunkan pusing dan gejala otot


Kasus Spasmofilia


Definisi Sapsmofilia

Spasmofilia adalah keadaan kaku di otot leher, otot bahu dan otot belikat yang menjalar ke area kepala dengan indikasi pusing dan sakit kepala secara spontan.

Contoh Kasus Spasmofilia

Sobat secangkir terapi, beberapa waktu yang lalu ada pasien yang berobat ke dokter spesialis penyakit saraf ternama, beliau menderita kekakuan di leher, bahu, belikat dan sering pusing.

Pasien tersebut berprofesi sebagai guru dan mengajar jauh dari tempat tinggalnya. Yang sering dikeluhkan pasien adalah sewaktu mengendarai sepeda motor, beliau mengeluhkan pusing dan kaku di leher dan pusing terjadi secara tiba -tiba, sehingga beliau sering jatuh di jalan karena keluhan tersebut.

Sudah beberapa kali dipijat dan di minumi obat sakit kepala namun tidak ada hasil, kemudian beliau datang ke dokter spesialis saraf dan menanyakan keluhannya itu. Dokter saraf memeriksa dengan seksama mengenai riwayat perjalanan penyakit, keadaan psikis dan check up lengkap.

Didapatkan diagnosa bahwa pasien tersebut menderita spasmofilia, kemudian dokter saraf memberikan resep obat dan disuruh kontrol lagi seminggu yang akan datang. Tidak lupa dokter saraf memberikan resep herbal yang mujarab dengan mengkonsumsi pisang kepok.

Kandungan Pisang Kepok

Amalan pisang kepok tersebut dilakukan pasien dengan mengkonsumsi sehari 2x pagi dan sore sebanyak 2 buah pisang kepok dan setelah seminggu kontrol ke dokter saraf ternyata pasien tersebut mulai membaik.

Pasien tersebut bertanya: "Apa khasiat dari pisang kepok dok, sehingga keluhan saya bisa berkurang ?" Lalu dokter itu menjelaskan bahwa kandungan pisang kepok dapat menurunkan gejala spasmofilia seperti kaku di leher, bahu, belikat dan pusing yang terjadi secara mendadak.

  1. Pisang kepok mengandung 105 kalori per pisang. 
  2. Pisang kepok mengandung 14 gram gula.
  3. Pisang kepok mengandung 3 gram serat.
  4. Pisang kepok mengandung 1 gram protein per buah. 
  5. Pisang kepok mengandung vitamin B6 dan C
  6. Pisang kepok mengandung mineral seperti:  potasium, magenesium, mangan dan kalium.  

Dokter saraf menjelaskan bahwa, ibu itu kekurangan zat mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalium atau dalam rumus kimia zat kalium ditandai dengan huruf K.

Manfaat Kalium

Manfaat Kalium (K) adalah untuk keseimbangan tubuh, stabilisator otot jantung, membantu kerja dinding pencernaan, menurunkan ketegangan otot, mengatur ritme kontraksi otot manusia dan untuk keseimbangan tubuh.

Di dalam ilmu medis, kasus spasmofilia banyak dikeluhkan oleh pasien yang kekurangan kalium dalam tubuhnya,  pasien yang mengalami kekurangan kalium akan mengakibatkan otot - otot tubuh mudah menjadi kram dan ritme dari kontraksi otot menjadi terganggu.

Akibatnya ketegangan otot di leher, belikat, dan bahu menjalar sampai ke kepala jika kita buat aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi dan membutuhkan keseimbangan, seperti : naik sepeda motor jarak jauh. 

Seseorang yang aktivitasnya membutuhkan keseimbangan, konsentrasi tinggi dan dalam tempo yang lama dengan daya tahan tinggi, maka harus terpenuhi asupan kalium yang cukup tiap harinya.

Asupan Mineral Harian Kalium (K) yang Dibutuhkan Orang Menurut Pakar Gizi

  1. Umur 1 sampai 3 tahun, memerlukan Kalium sebanyak 3 gram per hari.
  2. Umur 4-8 tahun, memerlukan Kalium sebanyak 3,8 gram per hari.
  3. Umur 9-13 tahun, memerlukan Kalium sebanyak 4,5 gram per hari.
  4. Umur 14+ tahun, memerlukan Kalium sebanyak  4,7 gram per hari.
  5. Wanita sedang hamil: 4,7 gram per hari.
  6. Wanita menyusui: 5,1 gram per hari.
  7. Orang yang aktivitas tinggi memerlukan keseimbangan tubuh dan konsentrasi prima, memerlukan kalsium sebanyak 5,1 gram per hari.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa dengan tingginya aktivitas, dimana memerlukan keseimbangan dan konsentrasi prima, maka tubuh memerlukan asupan mineral kalium yang cukup untuk menggerakkan metabolisme tubuh.

Jika seseorang kekurangan asupan kalium setiap harinya, maka akan terindikasi ke arah spasmofilia.

Kenapa Harus Konsumsi Pisang Kepok Bukan Pisang Lain ?

Kandungan pisang kepok beda dengan kandungan pisang ambon atau jenis pisang lainnya. Menurut dokter saraf, dari beberapa jenis pisang, yang tertinggi kandungan kalium adalah jenis pisang kepok, dimana kadar kalium rata-rata pisang kepok adalah sekitar 5 gram per buah.

Anjuran dokter saraf untuk makan pisang kepok yang terbaik adalah pagi dan sore, dimana pagi cukup 1 atau 2 buah pisang kepok dan sore 1 atau 2 buah, selama 2 minggu. Bagus lagi jika diamalkan konsumsi pisang setiap hari dalam jangka panjang.

Maka dokter menyuruh pasien mengamalkan makan pisang kepok setiap hari, karena berdasarkan riwayat check up yang ada,  pasien terjadi hipokalemia, dimana pasien itu kekurangan kalium dan mengakibatkan gangguan metabolisme, seperti timbul gejala yang disebut spasmofilia.


DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.