Kenali Jenis - Jenis Nyeri Kepala Dan Penyebabnya -->

Kenali Jenis - Jenis Nyeri Kepala Dan Penyebabnya

penyebab sakit dan nyeri di kepala tergantung jenis, penyebab, tempat, efek, pengaruh, lokasi, sifat



Sakit Kepala dan Jenisnya


Sobat secangkir terapi, nyeri di daerah kepala atau disebut headache merupakan nyeri yang disebabkan oleh banyak faktor. Letak nyeri di kepala pada beberapa kasus sakit kepala juga berbeda dalam penanganan terapinya.

Definisi

Sakit kepala (headache) adalah suatu gejala yang terjadi di daerah kepala yang menyebabkan pasien merasa sakit dan nyeri, sifat nyeri kepala ini, ada yang terus-terusan dan bisa juga sembuh dalam beberapa menit.

Nyeri Kepala dibedakan dalam Beberapa Jenis

  1. Migrain
  2. Muscle tension headache
  3. Vaskular headache
  4. Post traumatik headache
  5. Psikogenik headache

Penyebab Sakit Kepala

1. Migrain

Migrain merupakan sakit kepala yang disebabkan oleh vasomotor headache.

Migrain adalah sakit kepala pada satu sisi kepala yang disebabkan oleh dilatasi arteri cerebri atau akumulasi serotonin pada salah satu dinding pembuluh darah otak.

Contoh migrain

  1. Sebagian wanita mengeluh sakit kepala sewaktu terjadi datang bulan (menstruasi)
  2. Pada masa menopouse kebanyakan wanita sering terjadi migrain

2. Muscle tension headache

Muscle tension headache adalah sakit kepala yang disebabkan oleh kaku dan kejang otot kepala sampai menjalar ke otot leher. 

Ciri-ciri Sakit Kepala Tension


  • Kaku dan menegang jika kita pijat atau raba daerah di leher pasien.
  • Pasien akan merasa nyeri di daerah oksipitalis kepala.

Muscle Head Tension Dibedakan menjadi 2 jenis

a. Penyakit intracranial:
  1. Tumor otak
  2. Abses otak
  3. Pendarahan otak
  4. Pendarahan subarachnoid

b. Penyakit ekstra cranial
  1. Penyakit mata
  2. Gangguan telinga
  3. Gangguan hidung
  4. Gangguan mulut
  5. Gangguan gigi

Contoh kasus tension headache

a. Sakit kepala intracranial:

Pasien merasa pusing dan nyeri hebat yang berlangsung selama beberapa menit, disebut juga nyeri stroke ringan.

Nyeri ini dalam medis dikenal dengan TIA ( Trans Iskemik Attack) atau serangan stroke mini. Jika tidak diobati, maka pasien bisa menderita stroke yang serius atau stroke iskemik maupun stoke hemoragik

b. Sakit kepala ekstracranial:

Pasien merasa pusing dan sakit kepala karena telinganya berdarah, sehabis mengorek kotoran telinga saat kemasukkan serangga.

Pasien merasa nyeri kepala setelah dicabut giginya di tempat praktek dokter spesialis gigi.


3. Vascular headache (non migrainous)

 Vascular Headache adalah sakit kepala yang disebabkan bukan pada vasomotor.

Sakit kepala jenis ini berbeda letaknya, namun hampir mirip keluhannya, yang membedakan nyeri di kepala ini adalah letaknya di luar vasomotor dan lebih terjadi karena masalah alergi maupun perubahan tekanan tensi tubuh yang meningkat secara drastis.

Contoh sakit kepala vascular

  1. Cereberal arteriosclerosis
  2. Cereberal aneurisma
  3. Hipertensi
  4. Alergi
  5. Pilek


4. Post traumatic headache

Post Traumatic Headache adalah sakit kepala yang disebabkan oleh benturan dari luar.

Pada sakit kepala traumatik, kebanyakan disebabkan oleh benturan dari luar kepala, sehingga menyebabkan pendarahan di dalam kepala dan salah satu faktor terjadinya nyeri kepala ini adalah adanya inflamasi karena faktor trauma.

Contoh trauma kepala

  1. Jatuh yang mengenai kepala sewaktu kecelakaan lalu lintas
  2. Kepala terbentur dinding tembok

Contoh kasus sakit kepala traumatik

  1. Neuralgia, contoh neuralgia nervous oksipitalis
  2. Neuritis, contoh neuritis nervous frontalis


5. Psychogenic headache

Psychogenic adalah nyeri kepala yang disebabkan oleh masalah psikologi seseorang.

Jenis nyeri kepala ini disebabkan karena perubahan kondisi piskis seseorang, dimana menimbulkan nyeri dan sakit kepala karena pasien tidak mampu mengontrol psikologis atau kejiwaan.

Salah satu faktor terbesarnya adalah pasien tidak mampu menerima kenyataan yang ada, sehingga nyeri ini lebih ke psikologis seseorang, bisa juga dikenal dengan keluhan psikosomatis.

Contoh Sakit Kepala psikogenik

  1. Depresi
  2. Cemas berkepanjangan
  3. Sedih ditinggal mati orang yang paling dicintai
  4. Sakit kepala karena tidak mempunyai uang lagi
  5. Sakit kepala karena bisnis bangkrut, dll



Jenis Nyeri dan Sakit Kepala


1. Nyeri Psikogenik

Penyebab nyeri ini tidak dapat ditemukan kelainan organik, tetapi penderita mengeluh nyeri kepala hebat yang berlangsung. 

Umumnya nyeri kepala ini karena pengaruh tekanan dari luar yang berhubungan dengan psikologis seseorang, dimana nyeri tersebut seolah - olah menjadi berat dan menjadi - jadi sakit, serta sifat nyeri sering berpindah- pindah di daerah kepala.

Apabila diperiksa keluhan pasien itu,  didapatkan hasil yaitu pasien ternyata normal dan tidak ada keluhan sama sekali yang membuat dia sakit, sehingga nyeri ini disebut juga nyeri kepala psikis  karena pengaruh psikologis.

2. Peripheral Superficial pain

Nyeri ini terletak pada daerah superficialis kulit kepala, sehingga pasien mengeluhkan nyeri hebat saat terjadi trauma, seperti jatuh, terbentur, dll. Efek dari nyeri kepala ini, pasien mengeluh sakit dan nyeri karena peradangan di kulit kepala.

Akibat dari peradangan itu, maka nyeri timbul di daerah kepala dan sakit maupun nyeri terlokalisir atau di tempat itu disertai rasa nyut-nyut.

3. Peripheral deep pain

Nyeri ini terjadi karena rangsangan dari dalam tubuh, sehingga mengakibatkan nyeri di kepala. Pada umumnya nyeri kepala ini berhubungan dengan perubahan hormonal, gangguan visera, pleura, dll

Nyeri ini juga terkait dengan nyeri referred pain, dimana jenis nyeri ini timbul jika terjadi nyeri reffered dulu kemudian menjadi lebih nyeri kearah deep peripheral, namun nyeri deep peripheral ini, sifatnya terlokalisir atau terjadi di tempat itu dan tidak pindah-pindah.

Contoh: Migrain, sifat nyeri hanya di satu sisi kepala.

4. Referred pain

Nyeri kepala jenis ini, disebabkan salah satunya karena kejang dan kaku pada otot, sehingga nyeri tersebut bisa menjalar dari dalam ke arah yang lebih jauh.

Nyeri tersebut menjadi hebat, bila tidak diobati atau dibuat rest (istirahat) sehingga otot menjadi kaku dan kram. Seperti otot leher yang kaku bisa mengakibatkan nyeri di daerah kepala.

5. Central pain

Nyeri kepala ini disebut nyeri dalam (deep pain), bisa juga disebabkan karena nyeri referred yang tidak diobati, maka nyeri tersebut menjaid hebat di daerah kepala dan berlangsung lama, seperti keluhan di daerah thalamus atau korteks.

Nyeri terjadi di daerah sentral, dimana berhungungan dengan medula spinalis, brain stem dan thalamus, sehingga jenis nyeri ini disebut juga nyeri kepala yang sangat hebat.


DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.