Trik Mika-Miki di Bed Yang Benar Tanpa Bantuan Asisten

Trik Mika-Miki di Bed Yang Benar Tanpa Bantuan Asisten

miring kanan dan kiri pasien yang lumpuh



Manfaat Latihan Miring Kanan dan Kiri Pada Pasien Lumpuh


Sobat secangkir terapi, pasien yang mengalami tirah baring lama dan bed rest susah untuk dilakukan mobilisasi mika-miki (miring kanan dan kiri) di bed.

Kebanyakan pasien harus dibantu asisten agar peredaran darah menjadi normal dan untuk mengurangi penekanan continus di ekstremitas punggung yang berakibat terjadinya ulkus dekubitus.

Pada umumnya pasien yang mengalami tirah baring lama dan bed rest di kamar tidur enggan dan sulit untuk dimiringkan karena faktor sakit dan takut bergerak.

Jadi saya akan memberikan trik untuk proper positioning di bed yang benar tanpa bantuan asisten.

Proper Positioning di Bed Mika - Miki Yang Benar

  1. Pasien dapat miring ke-kanan dan ke-kiri di bed sendiri dengan menggunakan bantal untuk mobilisasi sendiri, seperti gambar g.
  2. Cara melakukan proper positionong yang benar adalah kaki satu di tekuk atau dilipat dan diletakkan diatas bantal yang diapit dengan kedua paha pasien.
  3. Kemudian tangan yang berlawanan atau bersilangan harus dimasukkan dibawah lutut pasien.
  4. Tarik kaki yang dilipat atau ditekuk kearah kanan sehingga terjadi gerakan force mekanik tubuh.
  5. Pada gambar h pasien dapat miring ke kanan sendiri dengan sempurna dengan bantuan bantal.
  6. Pada gambar i pasien harus dibantu oleh asisten yang kebanyakan dilakukan di bed sehingga pasien jadi malas bergerak sendiri.
  7. Pada gambar j pasien yang sudah sempurna miring ke kanan harus memundurkan punggungnya ke belakang agar permukaan tungkai dan punggung menjadi rata sehingga tercapailah apa yang dinamakan proper positioning yang benar.

Teknik proper positioning dengan bantal ini jarang dilakukan yaitu dari posisi terlentang pasien yang mengalami bed rest ke posisi miring kanan atau kiri hanya menggunakan teknik biomekanika tubuh sehingga tercapai proper positioning yang benar.

Demikian trik menggunakan bantal sebagai alat transfer body, sehingga membantu pasien atau keluarga dalam merawat pasien dirumah.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel