Tips Mengajari Pasien Yang Cacat dan Lumpuh Untuk Mengendarai Mobil

Tips Mengajari Pasien Yang Cacat dan Lumpuh Untuk Mengendarai Mobil

cara mengajari pasien yang lumpuh untuk mengendarai mobil


Sobat secangkir terapi, pasien yang duduk di kursi roda perlu diajari cara mengemudikan kendaraan bermotor atau mobil dengan aman dan nyaman.

Syarat untuk mengendarai kendaraan bermotor adalah pasien harus mempunyai kekuatan pada otot ankle, otot leher, otot paha dan otot tangan minimal kekuatan ototnya adalah 4 plus dalam skala MMT (manual muscle testing) dan  mempunyai kecakapan dalam mengemudikan kendaraan bermotor.

Kekuatan otot diatas dapat menunjang pasien dalam melakukan pijakan pada gas, rem dan kopling, untuk tangan pasien harus bisa mengendalikan setir dan memasukkan kopling tanpa hambatan.

Namun pasien yang mengalami gangguan gerak atau keterbatasan ROM pada ankle, paha, leher dan tangan tidak diperbolehkan dalam mengemudikan kendaraan bermotor sebab dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas karena sakit yang diderita.

Untuk mengetahui kekuatan otot diatas (4 plus) harus dilakukan manual muscle testing (MMT) pada ekstremitas tersebut dengan cara konsultasi kepada ahli fisioterapi untuk mengukur kekuatan otot Anda.


Tips Mengajari Pasien Yang Lumpuh Untuk Mengendarai Kendaraan Bermotor

  1. Pasien harus mempunyai kecakapan dalam mengemudikan kendaraan bermotor.
  2. Pastikan pasien mempunyai SIM A yang masih berlaku.
  3. Pasien harus mempunyai kekuatan otot 4 plus (MMT diatas 4+) pada ankle, leher, paha dan otot tangan.
  4. Pasien harus dibantu asisten yang berpengalaman dalam menjalankan mobil dengan duduk disamping mengajari pasien dalam mengemudikan mobil.
  5. Gunakan papan kayu untuk menggeser bokong dari kursi roda kedalam ruang kemudi mobil.
  6. Transfer posisi dari kursi roda ke dalam ruang kemudi mobil dahulukan kedua kaki masuk kedalam ruang kemudi mobil (lihat gambar).
  7. Bokong Anda digeser sedikit-sedikit sampai masuk sempurna kedalam ruang kemudi dengan bantuan papan kayu (lihat gambar).
  8. Setelah sempurna duduk di ruang kemudi mobil, usahakan kedua kaki bisa menekan gas, kopling secara perlahan dan aman.
  9. Cari posisi duduk yang nyaman dan aman sambil tangan belajar memasukkan tuas kopling dan kaki menekan pedal kopling dan gas dengan perasaan (secara smothly dan slowly).
  10. Jalankan mobil secara perlahan ditempat yang aman dan jauh dari kemungkinan kecelakaan lalu lintas.



Catatan Mengendarai Kendaraan Bermotor

  • Pasien harus didampingi asisten atau keluarga yang mempunyai kecakapan dalam mengendarai kendaraan bermotor.
  • ROM adalah Range Of Movenment (luas gerak sendi) untuk persendian pasien.
  • MMT adalah Manual Muscle Testing (Test untuk kekuatan otot pasien.
  • Jika dirasa pasien tidak ada hambatan atau kendala dalam MMT dan ROM-nya maka kencangkan sabuk pengaman, turunkan handbrake dan hidupkan mesin mobil.

Semoga tips ini membantu pasien yang mengalami kelumpuhan atau kecacatan dalam mengendarai mobil dengan aman, nyaman dan terkendali.


Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel