Tips Melatih Punggung dan Tangan dengan Katrol



Sobat secangkir terapi, pasien yang mengalami kelemahan punggung dan tangan bisa dilatih dengan menggunakan alat bantu katrol untuk menguatkan otot-otot punggung dan meminimalisir stifness joint (kekakuan sendi).

Penggunaan alat katrol ini cocok untuk membantu pasien yang mengalami:

  • Hemiparese (kelemahan separuh badan).
  • Post injury pada tangan.
  • Stifness elbow (kekakuan siku).
  • Stifness shoulder (kekakuan bahu). 
  • Post fraktur tulang tangan.
  • Kelemahan otot punggung
  • dll

Cara melatih tangan dan punggung post injury dengan katrol adalah:
  1. Pasien posisi tidur terlentang dengan tangan yang mengalami weaknes (kelemahan) memegang katrol seperti gambar a dan b ditarik dan diulur supaya terjadi peregangan tangan.
  2. Untuk cidera pada shoulder (bahu) dan siku (elbow) maka peletakan alat bantu seperti gambar c,d,e ditarik dan diulur supaya terjadi gerakan aktif resisted.
  3. Pasien harus dilatih secara kontinus dengan katrol 3x sehari yaitu pagi, siang sore selama minimal 8x tarikan.
  4. Jenis latihan ini cocok untuk menguatkan otot punggung, tangan, bahu, siku dan leher.
  5. Kekuatan pasien akan kembali normal seperti gambar f pasien bisa duduk sendiri tanpa dibantu dan kekuatan mereka pulih setelah melakukan latihan continus ini selama 2-3 minggu.

Dalam latihan katrol ini perlu di waspadai jika pasien over stretching (peregangan yang berlebihan) dan over strengthening (penguatan yang berlebihan) pada otot jika dilakukan terlalu kuat dan tidak terkontrol dalam tarikan.

Jenis latihan tarikan yang normal adalah slow dan smothly motion (pelan dan terararah), contoh gerakan flexi-extensi (atas -bawah) atau abduksi-adduksi (kanan-kiri) dan sedikit rotasi (diputar sedikit pada sendi).

Posisi bucket katrol yang benar haruslah sejajar dengan tangan, bahu dan siku seperti gambar b,c,d sehingga mengurangi cidera atau nyeri akibat pasien memaksakan postur tubuhnya meraih bucket katrol yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Demikian latihan dengan katrol ini semoga bisa diaplikasikan di rumah atau tempat kerja untuk membantu keluarga atau pasien yang mengalami weakness pada tangan dan punggung.


Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel