Teknik Proper Positioning Pasien Yang Mengalami Kesulitan Tengkurap di Bed

Teknik Proper Positioning Pasien Yang Mengalami Kesulitan Tengkurap di Bed


Sobat secangkir terapi, pemberdayaan kesehatan pasien yang kesulitan untuk tidur tengkurap di bed bisa dibantu dengan menggunakan teknik proper positioning sederhana ini.

Mettode ini menggunakan teknik biomekanika tubuh sebagai ala transfer body dari posisi telentang ke posisi miring kemudian tengkurap.

Teknik ini memudahkan pasien yang mengalami kelemahan upper back (punggung) sewaktu bed rest dan tirah baring lama, sehingga membantu mereka dalam memposisikan tubuh yang benar agar tidak terjadi penat dan nyeri di punggung.

Teknik Proper Positioning Pasien Yang Mengalami Kesulitan Tengkurap di Bed:
  1. Posisi awal pasien adalah tidur telentang seperti gambar a.
  2. Posisi dilanjutkan setengah miring dengan posisi tangan satu lurus kedepan dan tangan yang lain mengapit telinga serta untuk ekstremitas kaki tetap terjaga lurus seperti gambar b.
  3. Masukkan tangan yang mengapit telinga dan dorong kebawah tepat di bawah dada dengan sentakan kuat seperti gambar c.
  4. Efek force atau sentakan kuat tangan yang mengapit telinga tersebut menggerakkan biomekanika tubuh secara simultan akibatnya pasien berubah posisi dari miring ke tengkurap seperti gambar d.

Mudah bukan cara transfer body sederhana ini dan teknik ini sangat cocok diaplikasikan kepada pasien yang mengalami upper back weakness (kelamahan punggung) sehingga membantu pasien dalam mengatasi keluhannya, sekian dan terimakasih.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel