Senam Untuk Penderita Post Bed Rest dan Tirah Baring Lama di Bed

Senam Untuk Penderita Post Bed Rest dan Tirah Baring Lama di Bed

pasien susah melakukan duduk di ranjang


Sobat secangkir terapi, penderita post tirah baring lama dan bed rest biasanya mengalami kelemahan di leher dan pinggang akibatnya mereka kesulitan untuk duduk tegak dan normal seperti gambar diatas.

Senam ini bertujuan untuk melatih penguatan otot leher dan pinggang dengan bantuan tubuh sebagai media strengthening agar terjadi penguatan balance di area leher dan pinggang.

Teknik Senam Post Bed Rest

  1. Posisi pasien awal adalah tidur terlentang atau posisi lying seperti gambar a.
  2. Penderita harus mencoba untuk tidur miring dengan salah satu siku melipat mengganjal tubuh atau side lying position seperti gambar b.
  3. Pada posisi miring dan siku mengganjal maka pasien harus mampu membalikkan badan ke posisi awal telentang atau posisi lying seperti gambar c. 
  4. Kedua siku membentuk sudut 90 derajat mengganjal seperti gambar d.
  5. Jika sudah duduk sempurna dengan posisi mengganjal kedua siku, dilanjutkan salah satu siku yang melipat diluruskan satu-persatu seperti gambar e.
  6. Pada gambar f pasien sudah duduk mengganjal dengan kedua tangan lurus kebelakang (posisi tangan back distal).
  7. Pada gambar g tangan yang jauh dari tubuh (distal posisi) perlahan di dekatkan tubuh (proksimal posisi) sehingga tercapailah keseimbangan (balance) di area leher dan pinggang.
  8. Namun pada posisi gambar g akan nampak kelemahan di area leher yang drop kebawah dan punggung dengan posisi membungkuk mengakibatkan postur tubuhnya menjadi jelek.
  9. Teknik strengthening untuk leher dan pinggang seperti gambar h dan dan gambar i pasien harus mempertahankan posisi tersebut minimal 1-2 menit atau jika mampu lebih dari 2 menit.
  10. Latihan tersebut mampu menguatkan strengthening balance pada leher dan pinggang jika dilatih teratur dan konstan selama 2 minggu.

Pasien yang mengalami kelemahan di leher dan pinggang pasca bed rest atau tirah baring lama memang perlu diberdayakan kesehatan tubuh mereka dengan latihan senam diatas, agar tidak terjadi kelemahan postur tubuh (bad postur).

Senam diatas memberikan support yang berarti pada keseimbangan (balance) postur tubuh pada area leher dan pinggang serta efek dari senam diatas akan menguatkan pasien untuk duduk normal.

Semoga tips ini membantu sobat secangkir terapi, mohon share untuk membantu pasien yang mengalami kelemahan diatas.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel