Senam Untuk Penderita Lumpuh Pada Tungkai dan Punggung

Senam Untuk Penderita Lumpuh Pada Tungkai dan Punggung

senam untuk penderita kelumpuhan kaki



Sobat secangkir terapi, senam dengan menggunakan alat bantu kruk dianjurkan pada tahap pasien sudah kuat menopang tubuhnya saat berdiri dan berjalan.

Senam ini bertujuan untuk melatih ekstremitas bawah dan menguatkan otot - otot punggung bawah, sehingga pasien lebih diberdayakan kesehatan dan menjadikan tubuh mereka lebih bugar (fit).

Kebanyakan pasien hanya dilatih berdiri dan berjalan menggunakan alat bantu kruk namun jarang dilatih dan dilakukan senam seperti contoh diatas maka untuk progress kemajuan menjadi lebih lambat dalam hal membungkuk atau meraih sesuatu benda dibawah (di lantai) karena kelemahan punggung.


Senam Untuk Penderita Lumpuh Pada Tungkai dan Punggung

  1. Pasien harus kuat menopang tubuhnya dengan berdiri dan berjalan menggunakan alat bantu kruk.
  2. Senamkan pasien dengan cara membungkuk seperti gambar b yaitu pasien memegang kruk dan mendorong kebawah.
  3. Jika pasien sudah mampu untuk meletakkan satu tangannya seperti gambar c maka pasien sudah mampu untuk melepas kruk.
  4. Kedua tangan pasien harus mampu menopang tubuhnya dengan latihan seperti gambar d.
  5. Terakhir pasien harus bisa tengkurap (tiarap) seperti gambar f latihan ini berfungsi untuk transfer body dari posisi berdiri ke posisi tidur.
  6. Untuk kembali posisi berdiri maka ulangi step - step dari cara 5 sampai ke 1.

Senam diatas sangat bermanfaat untuk melatih pasien yang mengalami kelemahan pada tungkai dan punggung sehingga jika dilakukan rutin sehari 2 x pagi dan sore, sampai pasien melepas kruk tanpa dibantu lagi maka pasien sudah mampu untuk melepas kruk selamanya serta mampu meraih sesuatu benda dibawah (di lantai).


Semoga senam ini membantui sobat secangkir terapi dalam memberdayakan kesehatan pasien yang mengalami kelemahan pada punggung dan tungkai.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.