Senam Karet Untuk Pasien Tirah Baring Lama di Bed

Senam Karet Untuk Pasien Tirah Baring Lama di Bed

pasien lumpuh di kamar tidur




Latihan pasien lumpuh di kamar tidur


Sobat secangkir terapi, latihan dengan menggunakan stretch karet berguna untuk pasien yang mengalami paralisis (kelumpuhan) akibat tirah baring lama di bed.

Definisi Tirah Baring Lama

Tirah baring lama adalah aktivitas berbaring di bed dalam waktu yang sangat lama dengan tidur di ranjang tanpa bisa bergerak bebas, berdiri, berjalan dan melakukan aktivitas normal sehari-hari.

Pasien yang mengalami tirah baring lama selalu mengalami tekanan batin, stres, kebosanan dan mengeluh dengan penderitaan ini, sehingga kami akan membantu memberdayakan pasien agar bisa bergerak lebih bebas dari biasanya dengan menggunakan alat bantu stretch karet.

Cara melatih pasien tirah baring lama di bed dengan karet

  1. Sediakan karet stretch panjang seperti gambar a, bisa menggunakan karet elastis (ucus tebal) yang didesain untuk tarikan dan peregangan.
  2. Pasien harus melakukan tarikan karet seperti gambar a,b,c dengan posisi tidur telentang, miring dan setengah duduk.
  3. Jika pasien belum bisa duduk maka dapat melakukan senam sendiri dengan posisi tidur telentang dan tidur miring di bed.
  4. Pastikan tekanan karet dapat terjangkau oleh tarikan atau handle pasien sehingga memudahkan pasien dalam melakukan peregangan tubuh.
  5. Pada gambar d,e,f pasien sudah mampu bergerak lebih bebas karena melakukan senam karet secara rutin dan continue
  6. Senam ini harus dilakukan pasien sendiri di ranjang dengan intensitas dalam sehari minimal 3x latihan selama 2 minggu.
  7. Review progress report pasien yaitu membuat buku catatan kemajuan latihan senam ini. Adakah perkembangan? Kemunduran? Rasa sakit? dll.
  8. Jika pasien lambat dalam progress kesembuhan untuk duduk maka latihan bisa ditingkatkan sampai sebulan minimal 3x sehari yaitu pagi, siang sore.

Senam ini sangat berguna untuk memberdayakan pasien di ranjang akibat tirah baring lama sehingga pasien mampu untuk bergerak bebas, duduk dan melakukan aktifitas secara normal. 

Untuk latihan berikutnya pasien dapat dilatih dari posisi duduk ke berdiri dengan bantuan kursi roda dan kruk yang telah kami tulis di artikel sebelumnya. 

Semoga latihan sederhana ini membantu Anda dalam memberdayakan kesehatan pasien dirumah atau di rumah sakit.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel